Suara Burung Perkutut, Cara Merawat Dan Budidaya

95

Pet Lovers, Rakyatnesia – Suara Burung Perkutut Dan cara merawatnya memang sejak dulu sudah banyak yang mencari, karena burung ini memiliki populeritas yang cukup stabil tidak terlalu menanjak ataupun menurun. SEhingga banyak sekali memang khusus mereka yang memelihar burung Satu ini.

Burung perkutut Sendiri dipercaya memiliki berbagai macam mitos terutama di kebudayaan orang jawa, Suara Burung Perkutut dipercaya memiliki derajat lebih tinggi dibandingkan dengan burung yang lain.

Selain suaranya burung perkutut dipelihara dan dirawata karena memiliki beberapa mitos didalamnya, mungkin kalian juga sudah pernah mendengarnya bukan.

Berikut beberapa mitos burung perkutut yang sering ada di dalam masyarakat.

Jenis BUrung Perkutut Dan Mitos – Mitosnya

  1. Burung Perkutut Hitam
    Perkutut hitam adalah jenis yang paling umum sekaligus paling banyak dipelihara masyarakat.

Orang-orang Jawa menyebut burung ini “Kol Buntet” karena pamornya yang dianggap sebagai rajanya perkutut. Konon, jika memelihara perkutut hitam maka pemiliknya akan mendapatkan aura keberuntungan yang sangat kuat.

  1. Burung Perkutut Lurah
Perkutut Lurah

Berbeda dengan perkutut hitam yang berkesan “gelap”, burung perkutut lurah justru terlihat sangat cantik dengan corak bulu yang indah.

Motif loreng-loreng pada bulu perkutut lurah menjadi sumber kekuatan dan juga kelebihannya.

Mitosnya, orang yang memelihara burung ini akan dianugerahi kewibawaan dan penghormatan yang tinggi dari sekitarnya.

  1. Burung Perkutut Daringan
    Elok dan memesona. Begitulah kesan yang ditangkap ketika melihat jenis burung perkutut daringan.

Jenis perkutut yang satu ini dicirikan dengan bulu-bulu berpola di seluruh tubuh serta sebentuk jambul di atas kepalanya.

Konon, bulu burung perkutut ini melambangkan rezeki yang tak putus hingga tujuh turunan bagi pemiliknya.

  1. Burung Perkutut Songgo Ratu
    Nama burung perkutut ini sangat mencirikan karakternya yang persis seperti seekor ratu, apalagi dengan adanya mahkota di atas kepalanya.

Ukurannya memang sedikit lebih kecil, namun burung perkutut ini memiliki pamor yang sangat kuat. Konon, jika Anda memelihara burung perkutut songgo ratu maka Anda bisa terhindar dari santet dan malapetaka gaib lainnya.

  1. Burung Perkutut Putih
    Layaknya merpati, kuntul, atau jalak putih, burung perkutut putih juga punya kharisma yang sangat kuat di dunia perkutut.

Konon, jenis perkutut paling langka ini sekujur tubuhnya berbulu putih karena mengidap albino.

Nah, mitosnya, memelihara burung perkutut putih bisa mendatangkan kekayaan yang sangat melimpah bagi pemiliknya!

Nah ITu Tadi Jenis burung perkutut yang sering kita jumpai di peternakan ataupun masyarakat. Apakah Sekarang kalian ingin memelihara atau mungkin budidaya burung perkutut. Berikut Caranya akan saya bagikan di Part berikutnya.

Cara Budidaya Ternak Burung Perkutut

  1. Pemilihan Bibit Burung Perkutut
    Bibit Burung Perkutut yang direkomendasikan untuk dibudidayakan dalam cara ternak Burung Perkutut yakni bibit yang telah lulus seleksi ataupun penyortiran. Pemilihan bibit tidak boleh dianggap sebelah mata, hal tersebut karena bibit merupakan salah satu kunci utama selain perawatan yang baik dalam budidaya agar meraih kesuksesan.

Bibit berpengaruh terhadap cara budidaya Burung Perkutut secara koloni di kandang minimalis sederhana karena semakin banyak bibit yang dibudidayakan, maka hal tersebut juga akan memengaruhi luas kandang yang digunakan.

Adapun kriteria bibit yang lulus seleksi yaitu bibit memiliki usia yang produktif, kondisi tubuh sehat atau tidak cacat, kondisi bulunya baik dan tidak rontok. Selain itu, indukkan juga berpengaruh terhadap bibit yang dihasilkan. Jadi usahakan memilih indukkan Burung Perkutut yang berkualitas.

  1. Tempat Budidaya Burung Perkutut
    Ada beberapa tempat budidaya yang dapat digunakan untuk membudidayakan Burung Perkutut, yaitu di dalam kandang atau di sangkar. Tempat budidaya tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Ukuran tempat budidaya kandang yang cocok untuk membudidayakan burung perkutut yaitu kurang lebih 3 m x 2,5 m x 2 m dapat diisi 4 sampai 6 Burung Perkutut (tergantung dari ukuran burung).

Pada prinsipnya cara budidaya Burung Perkutut secara koloni di kandang minimalis sederhana tidak membutuhkan biaya yang cukup banyak, bahkan kamu dapat membuatnya sendiri. Untuk prosedur pembuatan kandang minimalis sederhana yaitu:

  • Buat rancangan kandang yang akan dibuat. Lalu siapkan alat dan bahan yang digunakan.
  • Selanjutnya buat kandang dengan mengikuti desain dan ukuran yang telah ditentukan.
  • Pasang kawat sebagai dinding kandang.
  • Jika sudah maka kamu dapat memasang atap kandang. Selanjutnya pasang wadah minum dan pakan. Tempat tersebut berguna sebagai wadah pakan Burung Perkutut lokal agar cepat bertelur.
  • Langkah terakhir yakni melakukan pengecatan agar kandang terlihat bagus.

Pakan Burung Perkutut
Burung Perkutut adalah burung yang makanan dominannya berasal dari tumbuhan. Dosis pakan Burung Perkutut dapat diberikan dua sampai empat kali sehari tergantung dari nafsu makannya. Setiap Burung Perkutut memiliki pakan yang berbeda tergantung untuk apa burung tersebut dibudidayakan (untuk bisnis, diternakkan, atau mengikuti ajang lomba).

Pakan Burung Perkutut lokal agar cepat bertelur yaitu yang banyak mengandung kalsium, seperti sontong atau ketan hitam. Jika Burung Perkutut diperuntukkan untuk mengikuti ajang lomba, maka kamu dapat memberi pakan godem dan pakan yang mengandung banyak serat. Selain pakan, hal yang harus diperhatikan adalah pemberian vitamin Burung Perkutut cepat bertelur.

  1. Cara Ternak Burung Perkutut
    Dalam melakukan budidaya Burung Perkutut harus mempertimbangkan aspek ketekunan, kedisiplinan, dan kesabaran serta aspek ekonomi. Proses budidaya tersebut harus ditekuni sejak awal seleksi bibit hingga tahap pemanenan agar berjalan dengan sukses proses budidaya yang kamu lakukan. Gunakan bibit yang telah lulus seleksi, jaga selalu kebersihan kandang agar burung nyaman, dan pakan yang diberikan harus tepat dan memenuhi gizi dalam tubuhnya.

Kamu dapat menambahkan vitamin Burung Perkutut cepat bertelur dan suplemen lainnya seperti obat atau vaksin agar kesehatan tubuh si burung tetap terjaga. Jika ada Burung Perkutut yang sakit, maka berikan obat atau vaksin agar cepat sembuh. Obat yang dapat kamu gunakan yaitu terasi (meningkatkan suhu burung), daun saga (mengobati luka tenggorokan dan paruh), bawang merah (sebagai penghangat tubuh burung) dan masih banyak lagi.

Nah Bagaimana cara Ternak burung Perkutut cukup mudah bukan, tidak terlalu rumit menurut saya , tinggalbagaimana nanti ketelatenan anda dalam membudidayakan burung tersebut. Sekarang Kita Lanjut Untuk Para Pecinta Burung Perkutut ini agar Suara Burung Perkutut tetap indah anda bisa melakukan perawatan burung perkutut seperti yang saya sebutkan dibawah ini.

Cara Merawat Burung Perkutut Agar Suara nya Merdu Dan Indah

Carilah Suasana yang Nyaman

merawat Suara Burung perkutut Bangkok

Kenapa saya pilih suasana yang nyaman untuk peliharaan Anda si burung perkutut ini? Karena pada dasarnya bukan hanya burung saja yang menginginkan tempat yang nyaman.

Kita sebagai manusia saja sangat dan berharap menginginkan tepat ternyaman mungkin.

Begitu juga untuk perkembangan burung perkutut ini, carilah tempat yang sekiranya nyaman dan aman untuk habitat atau tempat untuk perkutut agar kita menjaga jangan sampai perkutut ini merasakan stress dan perkembangan perkutut semakin baik dan berkualitas.

Membersihkan Kandang / Sangkar Burung Perkutut

Kandang Perkutut

Bicara soal kenyaman, kita sebagai pemelihara harus lebih ekstra untuk mengecek dan membersihkan kandang/sangkar burung, kenapa demikian?

Karena hal ini sebenarnya sangatlah penting bagi si burung perkutut ini, karena kebersihan dan kenyamanan sangkar adalah hal yang harus wajib kita lakukan.

Contoh dalam hal ini adalah membersihkan alas bawah sangkar yang untuk menampung kotoran kotoran burung perkutut, bukan hanya itu saja tetapi kita juga harus mengganti pakan dan minum yang sudah lama disediakan agar tetap steril ketika di makan si burung perkutut ini. Inilah yang harus kita lakukan minimal 2 hari sekali.

Rutin Memberikan Pakan/Minum

Pakan burung perkutut

Inilah hal yang perlu kalian ingat sebagai pemelihara burung perkutut. Karena hal yang paling penting adalah rutin memberikan pakan dan minum selama tiga kali sehari pagi,siang dan sore.

Biasannya perkutut lebih menyukai aneka biji-bijian seperti jagung, beras merah, kacang-kacangan dll.

Pemberian Kencur

Selain makanan pokok burung perkutut juga alangkah baiknya kita kasih sedikit ramuan berupa atan perkutut, khasiat inilah yang baik untuk kesehatan perkutut. Di samping itu juga khasiat kencur untuk menghilangkan lendir/ dahak pada perkutut agar perkutut ini memiliki kualitas suara yang bagus dan juga membantu menguatkan pita suara pada perkutut.

Ada dua cara untuk memberikan pakan berupa kencur kepada perkutut kencur di parut dan di ambil sarinya, kemudian campurkan sedikit air untuk di minumkan atau cara yang kedua bisa kalian lakukan dengan cara melolohkan parudan kencur ke mulut perkutut.

Melakukan Mastering

Hampir sama dengan beberapa jenis burung lainya ketika kita melakukan hal berikut, dalam tahapan ini kita dapat memberikan suara yang lainya untuk memancing agar burung perkutut kita mau berbunyi atau bersuara.

Download Suara Burung Perkutut Masteran Gacor Manggung Legendaris

Suara burung perkutut Bangkok Master

Memandikan Burung Perkutut

Cara memandikan Perkutut

Agar kesehatan dan kebersihan pada burung perkutut terjaga, alangkah baiknya setiap pagi kita lakukan pemandian pada burung perkutut dengan cara di semprot memakai air campuran sabun anti bakteri. ini sangat berfungsi agar kotoran yang menempel pada bulu-bulu perkutut dapat hilang dan mengurangi resiko terkontaminasi kuman dan bakteri

Melakuakan Penjemuran

Jemur Perkutut

Ini adalah langkah yang sebaiknya kalian lakukan ketika kalian selesai melakukan pemandian pada burung perkutut ini, lakukanlah setiap pagi penjemuran kiranya pag hari pukul 08.00-10.00.

Karena waktu pada saat ini merupakan waktu yang tepat dan baik bagi kesehatan dan perkembangan si burung perkutut. karena sinar matahari di waktu itu adalah sinar yang mengandung vit D yang baik bagi tubuh si perkutut.

Memberikan Pasangan

Pasangan burung perkutut

Untuk faktor ini yaitu dengan memberikan pasangan terhadap si burung, biasanya burung perkutut yang memang dalam masa birahi burung ini akan selalu berbunyi setiap saat. Caranya yaitu dekatkan burung jantan dengan betina atau bisa juga di masukan dalam satu kurungan.

Biarkan mereka dalam satu kurungan beberapa saat, setelah itu baru pisahkan kembali burung yang terlihat sudah berjodoh. Biasanya burung yang di pisahkan akan terus berbunyi untuk memanggil pasangannya

Pemberian Extrafood

Pemberian exstrafood yang dimaksudkan ini merupakan pemberian yang berupa ulat hongkong, kroto, serangga, jangkrik dll. hal ini bertujuan agar memberikan suplement atau multivitamin pada burung perkutut.

Semua ini mengandung banyak protein hewani, dan juga agar burng perkutut tidak bosan pada makanan pokoknya. kita anjurkan makanan ini untuk eminggu sekali

Pilihlah Jenis Kelamin Perkutut

Dan ini adalah jika kalian pastinya ingin menginginkan burung yang kalian miliki bisa gacor kenceng. nah alangkah baiknya saya sarankan untuk kalian sang pemelihara pilihlah perkutut yang berjenis kelamin jantan, karena yang berjenis kelamin jantan akan lebih gacor.

dan untuk membedakan jenis kelaminnya, anda bisa membedakan sumpit kerapatan kaki kurang lebih 1 cm untuk jenis kelamin jantan. dan selain itu juga jantan akan lebih terlihat tegak dengan bentuk badan besar dan tegak serta memiliki ekor yang menyatu.

Baca juga :

Itulah beberapa tips dan trik bagaimana cara yang tepat untuk merawat burung perkutut agar burung perkutut yang kalian miliki lebih gacor dan membuat kita menjadi pemelihara yang baik dan pastinya memiliki kualitas tinggi pada burung perkutut yang kalian miliki.

Dan saya sarankan agar kalian juga mengikuti klub atau kelompok pemelihara burung perkutut terdekat, agar lebih memiliki ilmu jitu yang bisa kalian dapatkan disana.

Dan sekali lagi saya sarankan pilihlah kualitas yang bagus dalam pemelihara binatang yang kita senangi, karena semuanya akan lebih memiliki kualitas yang baik dan tidak mengecewakan. Ketika kita sudah memiliki hewan peliharaan.

Nah Itu Tadi tips cara merawat Suara burung perkutut serta bagaimana cara budidaya burung perkutut, semoga artikel ini bisa membantu anda memberikan apa yang anda cari. SElamat praktek semoga sukses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More