Kutu Kucing: Penyebab dan Cara Mengatasinya Serta Menghilangkannya

moch akbar fitrianto

Bagikan

 Pet, Rakyatnesia – Kutu Kucing: Penyebab dan Cara Mengatasinya Serta Menghilangkannya, Kutu kucing dengan nama latin Ctenocephalides felis merupakan salah satu musuh terbesar manusia pecinta kucing. Apalagi untuk manusia, kucing juga akan merasa tidak nyaman jika memiliki kutu. Kutu ini bersifat parasit yang menghisap darah kucing.

            Terdapat beberapa penyebab yang membuat kucing memiliki kutu, dan hal ini perlu diketahui untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut. Berikut ulasan beberapa penyebab kucing kamu memiliki kutu dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Kucing Memiliki Kutu

            Berdasarkan informasi yang diperoleh adalah terdapat tiga penyebab yang membuat kucing memiliki kutu. Alasan pertama adalah manusia. Manusia merupakan faktor penyebab sebagai perantara dari kutu ke kucing sendiri. Saat manusia dari luar, kutu kucing dapat hinggap di pakaian maupun sepatu. Bagaimana tidak, kutu kucing mampu melompat hingga 6 inci dan dengan kemampuannya seperti ini, tidak heran kucing kamu bisa memiliki kutu dan berisiko juga terhadap kesehatanmu..

            Alasan kedua adalah melalui hewan pengerat seperti tikus. Jika rumah kamu kurang bersih dan terdapat tikus, maka tidak heran jika kucing kamu akan memiliki kutu. Kutu merupakan hewan yang suka kotor, begitu juga dengan tikus. Dengan adanya tikus di rumah kamu, kutu kucing akan dengan mudah masuk rumah dan tentu saja akan mencari inang lain yaitu kucing kamu.

Baca juga : Mimpi kucing Apa Artinya? Ini ada 6 Arti Mimpi Kucing Buat Kamu

            Sedangkan alasan ketiga adalah saat kamu membawa kucing kamu untuk konsultasi ke dokter hewan. Hal ini sangat memungkinkan terjadi karena kutu yang ada pada kucingmu bisa saja berasal dari kucing lain. Bukan mengatakan bahwa tempat dokter hewan kurang bersih, namun karena kutu ini bisa melompat dan pasti ada saja yang tertinggal, bisa memungkinkan kutu hinggap di kucing kamu.

            Jadi, pada dasarnya kutu pada kucing kamu berasal dari luar dan jika kamu tidak membersihkan kucing kamu dengan rutin, hal ini akan memperparah kondisi kutu pada kucing kamu. Jika kucing kamu sudah memiliki kutu, maka mau tidak mau, kamu harus melakukan pembasmian kutu kucing dengan cara yang tepat. Berikut hal-hal yang disarankan kamu dapat lakukan.

Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Kutu Kucing

menghilangkan kutu kucing

            Cara mengatasi kutu kucing tergolong susah susah gampang. Kamu hanya perlu menyediakan beberapa hal dan juga harus rutin melakukannya. Merangkum keterangan dokter hewan di pickybest.id, berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan yaitu pertama kamu harus rutin membersihkan karpet, sofa, maupun benda lain yang sering didatangi kucingmu dan bermain di sana.

Kamu bisa membersihkannya dengan penyedot debu dan jangan lupa untuk mengosongkan kantong hampa udara dari penyedot debu tersebut. Hal ini sangat perlu kamu lakukan untuk memastikan bahwa kutu tidak ada di sana. Ingat, kutu kucing bisa melompat jadi lakukan pembersihan ruang penyedot debu di luar rumah.

Hal kedua adalah melakukan pencucian dan pengeringan tempat tidur kucing. Kamu perlu dengan rutin mencuci dan mengeringkan tempat tidurnya. Hal ini dapat membunuh kutu yang menempel di tempat tidur kucingmu. Jangan lupa mencucinya menggunakan air panas dan sabun, agar memastikan tempat tidurnya bebas dari kutu.

Baca juga : Suara Burung Pleci, Cara Merawat Makanan Dan Jenisnya

Ketiga adalah dengan menyisir bulu kucing. Lakukan penyisiran dari mulai kepala hingga ekor, dan pastikan semua bulu tersisir. Kamu bisa menyisir bulu kucingmu menggunakan sisir khusus untuk kutu kucing beberapa kali dalam sehari. Hal ini akan sangat membantu untuk merontokkan kutu yang ada di kucing kamu.

Selanjutnya, yang terakhir adalah dengan memberikan obat kutu kucing. Untuk yang satu ini, carilah referensi sebanyak mungkin agar mendapatkan produk yang tepat serta penggunaan yang aman. Bila perlu, bertanyalah ke dokter hewan agar memperoleh saran terbaik dalam mengobati kutu kucing.

Kesimpulan Kucing yang Memiliki Kutu

            Kamu mungkin bingung jika tingkah laku kucingmu berbeda dari biasanya, dan hal tersebut dapat disebabkan karena kutu kucing. Kamu harus lebih rutin melakukan pengecekan pada bulu kucingmu, apalagi jika kucingmu terkadang keluar dan bermain diluar. Hal ini menjadi tidak aneh, jika tiba-tiba kucingmu gelisah dan kamu menemukan kutu padanya.

            Sesuai dengan yang disampaikan sebelumnya, kamu tidak perlu panik. Lakukan cara mengatasinya seperti yang sudah disampaikan di atas, dan jika kamu masih bingung, kamu bisa konsultasi terlebih dahulu ke dokter hewan. Hal ini akan sangat membantumu.

Baca juga : Suara Burung Kutilang, Cara Merawat dan Menangkapnya

            Hal lain yang perlu kamu ketahui juga yaitu, jangan menunda melakukan tindakan jika kamu sudah menemukan kucingmu memiliki kutu. Hal ini akan berefek buruk untuk kucingmu, selain dia akan merasa tidak nyaman, kucingmu juga bisa sampai kurus.

            Demikian informasi terkait penyebab dan cara mengatasi kutu pada kucing, semoga bermanfaat.

Bagikan

Also Read