Suara Burung Kolibri, Cara Merawat Dan Fakta Burung Mungil Ini

moch akbar fitrianto

Suara Burung Kolibri, Cara Merawat Dan Fakta Burung Mungil Ini
Bagikan

Rakyat Pets – Menjadi salah satu burung terkecil didunia burung Kolibri Menjadi salah satu burung yang familier, kolibri sendiri memiliki nama lain barat yang cukup yakni Hummingbird.

Burung ini juga menjadi burung yang cukup keren di gilm Hunger Games, udah pernah nonton kan kalian semua.

Meskipun kecil ternyata burung kolibri memiliki lebih dari 300 jenis yang tersebar diseluruh dunia. HUmmingbird ini memiliki ciri unik yang banyak dicari orang selain suara mungilnya yang khas , apa saja itu.

Fakta Tentang Burung Kolibri Suara, Warna, Paruh

Sebelum mengoleksi burung, tentu kamu perlu tahu terlebih dahulu kebolehannya. Tak hanya suara yang nyaring, mungkin ada beberapa hal lain yang kamu pertimbangkan. Nah, berikut ini fakta tentang burung kolibri.

  1. Burung penerbang yang hebat
    Dengan ukurannya yang mungil, burung kolibri adalah penerbang yang tangguh, loh! Burung kolibri mampu terbang dengan menempuh jarak 500 – 3.000 mil. Jarak terjauhnya setara dengan 4.800 kilometer. Terbukti ‘kan kalau burung yang ukurannya kecil ini tidak lemah karena ukurannya.
  2. Agresif terhadap area wilayahnya
    Selain kemampuan terbangnya yang lincah, burung kolibri juga sangat agresif. Jenis burung ini tidak segan menyerang hewan lain yang ukurannya lebih besar saat teritorinya terusik. Ya, burung kolibri adalah salah satu jenis hewan teritorial. Oleh karena itu, hewan lain yang masuk ke dalam wilayah kekuasaannya akan diserang.
  3. Burung serbacepat
    Tidak hanya nyalinya yang besar, kecepatan burung kolibri juga tak kalah hebat. Kepakan sayapnya bisa mencapai 90 kepakan per detik. Nah, kepakan sayap ini ternyata terdengar seperti suara menggumam (humming). Tak heran, burung kolibri dikenal sebagai hummingbird.

Detak jantung dan hembusan napas burung kolibri juga sangat cepat. Ibaratnya, burung kolibri selalu terburu-buru. Saat sedang menjilat nektar bunga yang merupakan makanannya, burung kolibri bisa menjilat 10 – 15 jilatan setiap detiknya.

Apakah anda salah satu pecinta burung mungil ini, dan ingin merawat burung tersebut namun masih belum bisa atau cara merawatnya. Berikut akan saya berikan beberapa tips Merawat Burung Kolibri untuk anda disini.

Cara merawat Burung Kolibri

Kemampuan burung kolibri yang unik mungkin membuat pehobi tertarik untuk mengoleksinya. Nah, buat kamu yang mau mengoleksi burung kolibri, jenis yang paling populer dikoleksi adalah burung kolibri ninja. Nah, perhatikan cara merawatnya agar tumbuh sehat dan bersuara nyaring.

1. Memberi makanan yang berkualitas

Cara merawat Burung Kolibri

Seperti hewan peliharaan lainnya, kamu harus memberi makanan secara teratur. Tak hanya itu, kualitas makanannya juga perlu diperhatikan. Sebagai burung yang jenis makanannya adalah nektar bunga, kamu bisa memberikan madu yang dicampur air. Kualitas pakannya akan sangat berpengaruh pada perkembangan burung kolibri. Sebagai tambahan makanan, kamu juga bisa memberikan voer.

2. Mengembunkan burung kolibri di pagi hari

Secara naluriah, burung akan berkicau di pagi hari saat udara sejuk dari alam. Nah, kamu yang memelihara burung kolibri bisa menyimpan burung sejak udara masih sejuk. Kamu bisa mengeluarkan burung kolibri sejak jam 5 pagi, tapi hati-hati kalau rawan maling, ya.

Menyimpan burung kolibri di udara sejuk bisa menstimulasi kicauannya. Tidak perlu terlalu lama, cukup sekitar 2 jam saat embun sedang turun dan burung kolibri terkena udara segar. Jika dilakukan rutin, kamu dapat mendengar kicauan yang nyaring.

3. Rutin memandikan untuk mencegah stress

Waktu yang disarankan untuk memandikan burung kolibri adalah pagi atau sore hari. Setiap hari, burung kolibri cukup dimandikan sekali. Kamu bisa memilih jam 6 – 7 pagi atau jam 4 – 5 sore. Mandikan menggunakan semprotan air agar menyeluruh.

Seperti layaknya manusia, burung kolibri juga akan merasa tidak nyaman jika tubuhnya kotor. Nah, hal ini biasanya membuat burung kolibri merasa stress dan melemah. Jadi, pastikan untuk merawat dan membersihkan setiap hari agar kondisinya selalu segar.

4. Jemur setelah dimandikan

Jika sudah dimandikan dengan menyeluruh, kamu juga perlu mengeringkannya. Ya, burung kolibri bisa kamu jemur, tapi di tempat yang tidak langsung terkena cahaya matahari. Kamu bisa menyimpannya saat matahari tidak terlalu terik sekitar jam 9 – 10 pagi.

5. Pemasteran burung kolibri

Masteran Suara Burung Kolibri

Agar kicauan burung lebih nyaring, kamu bisa melakukan pemasteran. Proses ini biasanya dilakukan dengan menempatkan burung di dalam sangkar yang dikerodong. Saat sangkar ditutup dengan kerodong, burung bisa dilatih agar dapat berkicau nyaring.

Setiap burung memiliki kemampuan yang berbeda untuk dapat berkicau nyaring atau juga disebut gacor. Langkah efektif ini juga dianggap baik dilakukan di waktu malam sebelum burung kolibri beristirahat. Burung kolibri akan lebih fokus mendengar suara sebagai stimulus.

Baca juga : Berikut Beberapa Bahaya Kutu Kucing Dan Kutu Hewan Peliharaan Lainnya

Download Masteran Suara Burung Kolibri

Nah, cara merawat burung kolibri mungkin agak sulit bagi pemula. Namun, langkah-langkah yang sudah semakin rutin dilakukan akan terasa lebih mudah. Jadi, lakukan upaya perawatan dengan baik agar kamu bisa mendapatkan burung kolibri yang bersuara nyaring.

Nah Berikut INi Adalah Suara Burung Kolibri Yang bisa Anda Download sebagai masteran BUrung anda, Suara Burung Kolibri ini ada berbagai jenis, mulai dari Burung kolibri Juara, burung kolibri Master, Suara burung juara dll.

Nah itu tadi Suara masteran burung kolibri yang bisa anda download dan juga simpan untuk masteran burng kesayangan anda. Terima kasih juga telah membaca artikel perawatan burung disini, Semoga artikel ini bisa memberikan update terbaik untuk anda.

Bagikan

Also Read