Suara Burung Wak Wak Atau Truwok, Cara Merawat Dan Budidaya Nya

moch akbar fitrianto

Bagikan

Rakyatnesia Pets Love – Suara Burung Wak wak atau biasa disebut juga dengan burung ruak ruak atau Truwok. Burung ini memiliki berbagai nama di berbagai daerah di Indonesia, sebutannya pun selalu berbeda – beda. Untuk Download suara ada di akhir artikel ini.

Burung satu ini cukup unik, karena dia menghabiskan sebagian besar hidupnya di daratan dan jarang sekali terbang, kalaupun terbang dia terbang dengan jarak yang cukup dekat atau rendah.

Burung wak wak atau ayam ayaman ini memiliki kebiasaan dan senang mendiami daerah yang memiliki banyak air seperti daerah rawa-rawa dan sekitaran sawah.

Lokasi yang berair seperti ini sangat di sukai oleh burung wak wak atau ayam ayaman karena kaya akan sumber makanan seperti ikan-ikan kecil, jangkrik dan biji-bijian padi.

Burung wak wak atau ayam ayaman ini merupakan jenis burung yang dapat di konsumsi. Tak heran banyak pemburu menangkap burung jenis ini untuk mereka konsumsi mapun di jual kembali kepada pengepul.

Jenis kuliner berbahan dasar burung wak wak atau ayam ayaman mungkin masih asing bagi sebagian orang, namun di beberapa daerah di sumatra jenis burung ini kerap kali di gunakan sebagai lauk pauk.

Burung wak wak ini menjadi menu khusus di rumah makan yang menyajikan makanan berbahan dasar aneka unggas yang berada di sumatra utara.
Budidaya burung ayam ayaman tentu sangat menguntungkan dan memiliki manfaat ganda yaitu sebagai hewan peliharaan dan sebagai hewan yang dapat di konsumsi layaknya ayam.

Makanan Burung Wak wak atau Truwok

Budidaya Burung Wak wak

Burung ruak-ruak atau kareo padi (Amaurornis phoenicurus) adalah sejenis burung yang hidup di wilayah perairan. Burung ini tersebar luas di Asia Selatan dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Burung ini memiliki warna bulu umumnya gelap dengan kepala, dada dan perut berwarna putih bersih.

Baca juga : Suara Burung Kolibri dan cara perawatannya

Burung-burung ini biasanya terlihat sendiri atau berpasangan mencari makan di tepi air. Mereka menyisir lumpur atau air dangkal, mengambil makanan berupa serangga (seperti kumbang air), ikan kecil, cacing, siput air dan biji-bijian.

Nama lokal burung ini diambil berdasarkan bunyinya, yaitu “ruak-ruak”. Habitat pembiakan burung ini adalah rawa-rawa di wilayah di Indonesia

Burung ini dikenal agak lebih berani daripada kebanyakan unggas liar lainnya dan sering terlihat di rawa-rawa terbuka hingga saluran air di dekat jalan yang sibuk. Burung ini bersifat crepuskuler yaitu aktif pada pagi dan sore hari.

SEtelah tahu sedikit tentang burung lucu satu ini, apakah kamu ingin memelihara burung Truwok atau mungkin membudidayakan burung Truwok. Berikut artikel yang bisa kalian simak atau mungkin kembangkan.

Cara Memelihara Burung Wak wak atau Truwok

Bagi anda yang tertarik untuk memelihara burung truwok dan membudidayakan burung truwok ada beberapa hal yang harus anda lakukan.

  • Siapkanlah sepasang atau lebih indukan dari burung ayam-ayam atau burung truwok. Untuk indukan ini anda anda bisamembeli di toko-toko burung ataupun menangkap sendiri.
  • Di dalam menangkap burung truwok bisa memakai cara menggunakan jaring dengan memikat menggunakan suara pancingan. Suara Burung Wak wak Untuk Pancingan Bisa anda unduh dibawah Ini.
  • Setelah itu siapkan satu kandang ukuran sedang ataupun besar.Sebaiknya kandang langsung dengan lantai tanah sehingga menyerupai habitat asli burung.
  • Burung ruak-ruak juga begitumenyukai lahan berair, untuk itu lengkapi kandang dengan kolam yang ukuran kecil.
  • Berilah makanan secara teratur pada setiap harinya. Burung truwok juga termasuk jenis burung yang memakan banyak jenis makanan seperti jangkrik, kroto, buah-buahan seperti pisang , pepaya, biji-bijian dan juga beras.
  • Namun tidak ada salahnya jika mencoba memberi voer. Memelihara burung truwok bisa memberikan keuntungan ganda. Jika anda berhasil membudidayakan burung ini maka hasilnya bisa anda konsumsi sendiri ataupun di jual kepasaran.

Udah tau cara perawatan dan menangkapnya rugi sekali jika kalian tidak membudidayakan sekalian burung ini, karena daging olahan burung truwok cukup nikmat untuk disantap, apalagi dengan sambal mentah yang nikmat dilidah. Berikut Cara Budidaya Burung Wak Wak atau Truwok.

Cara Budidaya Burung Truwok Wak wak

Suara burung wak wak Mp3 HD

1. Siapkan sepasang atau lebih indukan burung ayam-ayam. Untuk indukan ini anda dapat membeli di toko-toko burung ataupun menangkap sendiri. Untuk menangkap sendiri dapat menggunakan cara menggunakan jaring simak caranya memikat menggunakan suara handphone dan menggunakan pancingan.

Siapkan satu kandang ukuran sedang ataupun besar. Sebaiknya kandang langsung berlantaikan tanah sehingga menyerupai habitat asli burung.
2. Burung wak wak atau ruak-ruak sangat menyukai lahan berair, untuk itu lengkapi kandang dengan kolam ukuran kecil.
3. Berilah makanan secara teratur setiap harinya. Burung wak wak atau ruak-ruak merupakan salah satu dari sekian banyak jenis burung yang memakan berbagai macam jenis makanan (omnivora) seperti jangkrik, kroto, buah-buahan seperti pisang , pepaya, biji-bijian, beras dan tak ada salahnya mencoba memberi voer.

Download Suara Burung Wak Wak , Truwok gacor Untuk Master Ataupun Pancingan

Berikut Adalah Suara burung wak wak Mp3 yang bisa anda gunakan sebagai masteran atau pancingan ketka ingin menangkap indukan untuk dibudidayakan, suara Mp3 Burung Wak wak ini durasi panjang dengan kualitas terbaik.

Bagikan

Also Read