Suara Burung Pleci, Cara Merawat Makanan Dan Jenisnya

moch akbar fitrianto

Suara Burung Pleci, Cara Merawat Makanan Dan Jenisnya
Bagikan

Pet Lovers , rakyatnesia – Suara Burun Pleci Mp3 salah satu suara burung yang banyak dicari di Indonesia. Tidak hanya Suara namun burung kecil ini dipelihara karena enak dipandang mata badanya yang kecil dan imut. Populeritas burung pelci di Indonesia juga cukup dikenal banyak orang.

Suara burung pleci yang khas kicuan yang mantap serta merdu, membuat banyak orang tidak akan meninggalkan burung ini jika sudah pernah memeliharanya.

Ciri khas burung pelci adalah lingkaran putih di sekitar matanya. Makanya wong jowo menyebut burung ini dengan nama burung kaca mata.

Dan yang perlu kalian tahu juga burung pleci memiliki jenis yang cukup banyak, sehingga kalian perlu tahu jenis – jenisnya terlebih dahulu kalau mau memelihara burung ini, mau pilih jenis burung Pleci yang mana. Jika belum tahu simak artikel dibawah ini yang akan saya sebutkan jenis – jenis burung pleci, sebelum masuk ke tahap cara merawat burung pleci dan dowload Suara burung Pleci :

Jenis Jenis Burung Pleci Di Indonesia

Pleci Dada Kuning Mata Putih (Dakun Maput)
Pleci jenis ini sering terkenal dengan sebutan pleci dakun maput. Pleci jenis ini banyak dikatakan merupakan jenis yang cukup istimewa karena memiliki suara kristal dan bening.

Ciri fisiknya ialah memiliki lingkaran mata berwarna putih, dada berwarna kuning, dan bagian punggung berwarna hijau kekuningan. Jenis pleci ini berhabitat di Jawa, tepatnya berasal dari gunung Muria Kudus.

  • Pleci Dada Kuning Mata Cokelat (Dakun Macok)

Jenis Pleci Dakun Macok menjadi fovorit dikalangan pecinta burung kacamata karena suaranya yang jernih dan keras. Jenis ini juga banyak dipelihara karena harganya yang tidak terlalu mahal. Habutat dari pleci jenis ini ialah di wilayah Pulau Jawa.

  • Pleci Dada Kuning Mata Merah (Dakun Marmer)

Pleci Dakun Marmer atau Pleci Dada Kuning Mata Merah merupakan salah satu jenis Pleci yang mempunyai mental yang kuat dan volume suara yang keras. Habitat jenis burung Pleci Dakun Marmer yaitu di sekitar Gunung Merapi. Rata-rata Pleci Merapi memiliki iris mata berwarna merah. Warna merah menandakan kalau sifat burung ini kejam dan tangguh.

  • Pleci Dada Kuning Bali

Pleci dada kuning bali memiliki ciri fisik postur tubuh yang lebih besar dibandingkan pleci Jawa. Berbedaan yang paling menonjol yaitu pada bagian lingkar putih di sekitar mata lebih lebar serta suaranya mirip dengan ayam alas ketika berkicau.

  • Pleci Dada Kuning Garut

Jenis pleci satu ini biasanya sangat mendominasi diajang perlombaan karena memilii jenis suara yang lantang dan bervariasi. Ciri dari Pleci Garut yaitu memiliki paruh panjang dan lebar, warna bulu bagian dada berwarna kuning bening.

Pleci ini juga banyak diminati karena harganya yang tergolong cukup murah. pada bagian lingkaran mata rata-rata mempunyai warna kuning kegelap-gelapan.

  • Pleci Dada Kuning Jawa Timur
Jenis Jenis burung pleci

Jenis Pleci ini berhabitat di daerah Jawa Timur. Pleci yang memiliki nama latin Zosterops Flavus ini memiliki ciri fisik berupa warna punggung dan dada yang lebih cerah dan tidak memiliki garis mata hitam pada mata.

  • Pleci Lombok

Pleci Lombok atau Pleci Kecial mempunyai nama latin Zosterops Chloris Maxi. Pleci Kecial lombok berhabitat di dua pulau yang berdekatan, yaitu Nusa Penida (Bali) dan Pulau Lombok (Nusa Tenggara Barat).

Ciri fisiknya mirip dengan pleci dakun maput. Pleci jenis ini memiliki suara mirip seperti anak ayam.

  • Pleci Buxtoni

Pleci Buxtoni masih dalam sub-spesies oriental white-eye (Zosterops palpebrosus). Jenis Pleci Buxtoni rata-rata mempunyai tubuh kecil. Walaupun dengan tubuh yang kecil, namun burung satu ini mempunyai jenis suara yang mengkristal.

Habitatnya berada di pulau Sumatera dan daerah Jawa Barat. Ciri fisiknya ditandai dengan dada berwarna abu-abu dan punggung berwarna kuning.

  • Pleci Auriventer

Pleci Auriventer tersebar di wilayah ASEAN seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Indonesia. Pleci jenis ini banyak dijumpai di area hutan bakau dan pesisir pantai. Di Indonesia sendiri banyak kita jumpai di pesisir pantai timur Sumatera, Pulau Bangka, Kepulauan Riau, Kalimantan dan Kepulauan Natuna Selatan.s

Ciri fisiknya mirip seperti pleci buxtoni dengan kacamata yang tebal dan iris mata berwarna cokelat. Kicauan dari pleci jenis ini juga memiliki ciri khusus yakni suara yang ngebass dan mendayu.

  • Pleci Montanus

Pleci Montanussering disebut orang sebagai kacamata gunung. Jenis Pleci ini mempunyai ukuran postur tubuh sekitar 11 cm, atau lebih besar dari Buxtoni dan Auri.

Ciri yang nampak dari pleci ini yaitu bulu perutnya berwarna putih keabu-abuan, serta pada bagian sisi tubuh berwarna kecokelatan. Habitat dari jenis Pleci Montanus yaitu tersebar di Sumatera, Bali, Jawa Sulawesi, Nusa tenggara dan Maluku.

  • Pleci Salvadori Enggano

Pleci Salvadori Enggano atau yang bernama latin Zosterops Salvadorii merupakan jenis Pleci yang berhabitat di Pulau Enggano.

Burung Pleci Enggano mempunyai ukuran badan yang cukup besar. Ciri yang nampak dari burung ini yaitu punggungnya berwarnya kekuningan serta dada berwarna abu-abu gelap dan juga warna kepala yang agak kehitaman.

Cuitan dari pleci jenis ini memiliki ciri khas yang keras, nyaring, dan ngebass.

  • Pleci Papua

Pleci jenis ini berhabitat di Papua. Ciri fisiknya yakni memiliki ukuran tubuh yang kecil dan panjang sekitar 11 cm. Warnanya biasanya putih cerah dibagian dada dan terdapat warna kuning pada tenggorokannya.

Pleci Papua juga memiliki dahi perwarna hitam dan terdapat mahkota dan penutup telinga yang berwarna hijau kekuningan. Meski begitu, pleci jenis ini memiliki ciri khas kicauan yang lirih.

Nah itu tadi jenis – jenis burung pleci yang biasa ditemukan di kawasan Indonesia. Udah kenal dengan jenisnya, sekarang kalian juga perlu tahu Cara Merawat burung pleci, Dan Makanan Burung pleci, agar Suara burung pleci nanti bisa nyaring dan merdu.

Di bawah akan saya tuliskan bagaimana cara merawat burung pleci serta makanan yang biasa diberikan :

Cara Merawat Burung Pleci untuk Pemula

Melakukan Pengembunan dan Memandikan di Pagi Hari
Cara merawat burung pleci yang pertama adalah dengan melakukan pengembunan di pagi hari. Mengembunkan Pleci di pagi hari akan memicu gairah si burung untuk berkicau. Apalagi jika kamu memiliki lebih dari satu Pleci, maka akan sangat menguntungkan.

Caranya adalah dengan menggantung sangkar Pleci saling berjauhan satu sama lain sebelum matahari terbit. Setelah matahari mulai terbit, Pleci akan saling memanggil satu sama lain.

Karena jarak sangkar mereka cukup jauh, maka mereka akan mengeluarkan suara yang lebih keras dan lantang agar terdengar oleh temannya.

Memandikan Pleci di Pagi Hari

Cara merawat burung pleci

Cara merawat burung pleci yang baik berikutnya adalah dengan memandikannya. Memandikan burung ini bisa dikatakan adalah ritual wajib bagi siapa saja yang hobi memelihara burung kicau, termasuk burung Pleci.

Waktu pemandian yang paling tepat untuk Pleci yaitu mulai dari pukul 06.25 hingga 07.30. Ada dua cara memandikan Pleci yang bisa kamu lakukan. Pertama dengan alat semprot. Letakkan sangkar di lantai, kemudian semprotkan air yang mengarah ke burung hingga ia basah.

Cara kedua yaitu dengan menempatkan wadah khusus berisi air, masukkan ke dalam sangkar. Lalu tunggu hingga Pleci mandi sendiri.

Menjemur Pleci Setelah Dimandikan

Suara Burung Pleci, Cara Merawat Makanan Dan Jenisnya

Menjemur Pleci setelah dimandikan merupakan cara merawat burung pleci yang baik selanjutnya. Menjemurkan Pleci bisa dilakukan bersama-sama jika kamu memiliki lebih dari satu Pleci.

Letakkan sangkar dalam jarak yang berdekatan pun tidak apa. Dalam menjemur pleci, usahakan untuk tidak terlalu lama. Antara 25 hingga 35 menit saja sudah cukup.

Lakukan Pengrodongan Di Malam Hari

Cara merawat burung pleci yang baik selanjutnya yaitu pengrodongan di malam hari. Pengrodongan ini sangat penting. Karena jika tidak dikerodong maka Pleci tidak akan bisa beristirahat dengan tenang.

Apalagi jika sangkar Pleci kamu taruh ditempat yang ramai. Jadi agar Pleci bisa beristirahat dengan maksimal, lebih baik dikerodong saja sangkar nya.

Pemberian Pakan

Membicarakan cara merawat burung pleci yang baik tentunya tidak lepas dari pemberian pakan. Berbagai variasi dapat kamu berikan pakan pada Pleci semisal pakan biji-bijian. Namun tidak hanya itu saja, kamu juga bisa memberikan pakan buah-buahan ataupun sayuran untuk burung pleci kamu.

Pembersihan Kandang/Sangkar Burung Pleci

Download suara burung pleci mp3

Cara merawat burung pleci yang baik selanjutnya adalah membersihkan kandang atau sangkarnya. Kamu tidak boleh malas dalam membersihkan kandang burung pleci.

Jika kamu lalai, maka hal tersebut akan berakibat fatal bagi kesehatan si burung pleci. Alangkah baiknya kamu lakukan pembersihan kandang dengan mengganti alas bawah pada kandang yang kotor karena kotoran Pleci atau sisa-sisa makanan Pleci.

Bukan hanya alas saja yang harus di bersihkan tetapi wadah atau tempat pakan dan tempat minum pada Pleci juga perlu di bersihkan.

Lakukan Pemasteran

Suara masteran burung pleci

Sebagai salah satu cara merawat burung pleci yang baik, tentunya tidak lengkap bila belum melakukan pemasteran. Pemasteran pada burung kicau tentunya juga harus diperhatikan.

Waktu terbaik untuk melakukan pemasteran adalah ketika menjemur burung Pleci. Kamu bisa menggunakan suara dari burung asli atau menggunakan HP.

Kalian sekarang sudah tahu jenis pleci, sudah tahu cara merawat burung pleci. DI poing selanjutnya saya akan memberikan tips makanan yang disukai burung mungil ini, sehinga Suara Burung Pleci bisa tetap indah dan gacor.

Download Suara Burung Pleci Mp3

Seperti poin sebelumnya pemasteran burung pleci bisa dilakukan dengan menggunakan suara dari hp, nah sumber suara ini bisa kalian dapatkan di daftar download Suara Burung pleci yang akan saya bagikan untuk kalian. Ada beberapa file bisa kalian download semua ata hanya beberapa saja :

Makanan Yang Disukai Burung Pleci

  • Pisang

Siapa yang tidak mengenal pisang? Buah yang memiliki kulit berwarna kuning ini sangat populer di Indonesia. Selain memiliki cita rasa yang manis, pisang juga memiliki beragam kandungan yang baik untuk mempercantik bulu dan menjaga burung pleci tetap sehat.

Pisang bisa diberikan secara rutin pada burung pleci. Pastikan untuk memberikan pisang yang benar-benar segar untuk menjaga kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

  • Kacang-kacangan

Selain buah dan sayur, Anda juga bisa memberi burung pleci kacang dan biji-bijian. Makanan satu ini merupakan sumber protein yang baik untuk pertumbuhan burung. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian akan memberi energi untuk burung.

Kacang-kacangan bisa disertakan bersama buah-buahan atau sayuran. Caranya cukup mudah, Anda bisa merebus kacang dan biarkan hingga dingin lalu berikan pada burung pleci.

  • Apel

Memiliki rasa yang manis dan segar, ternyata buah apel memiliki manfaat yang baik untuk burung pleci. Buah apel memiliki beberapa kandungan yang mampu membuat suara burung pleci lebih lantang dan gacor. Selain itu, apel juga berperan penting untuk meningkatkan ketahanan dan memenuhi kebutuhan vitamin burung pleci.

  • Gambas

Gambas atau sayur oyong merupakan salah satu jenis sayuran yang sering diolah menjadi menu makanan oleh masyarakat Indonesia. Biasanya sayur gambas sering diolah menjadi beragam masakan, seperti sup, pecel, hingga aneka tumisan. Selain dapat dikonsumsi oleh manusia, sayur ini juga bisa Anda berikan ke burung pleci kesayangan Anda.

Tanaman yang tumbuh merambat seperti mentimun ini, memiliki kandungan vitamin, protein, nutrisi, hingga magnesium yang dapat membantu menjaga kesehatan burung pleci. Tak hanya itu, sayur satu ini juga dipercaya dapat membuat suara burung pleci semakin lantang dan nyaring.

  • Kecambah

Makanan burung pleci terbaik berikutnya, yaitu kecambah. Tumbuhan yang seringkali dikonsumsi masyarakat ini, memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menjaga pertahanan tubuh burung pleci. Kecambah memiliki kandungan zat besi, vitamin C, dan zinc yang dibutuhkan burung pleci.

Pastikan untuk mencuci bersih kecambah yang dibeli. Anda juga bisa menumbuhkan kecambah sendiri agar kualitasnya lebih terjaga.

  • Serangga

Salah satu makanan yang disukai burung pleci adalah serangga. Makanan burung pleci satu ini merupakan makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan protein burung. Adapun beberapa jenis serangga yang dapat Anda berikan yaitu ulat kandang, ulat hongkong, dan jangkrik atau kroto.

Baca juga :

Hmmph cukup mudah dicari kan makanan untuk burung pleci ini, makanan – makanan yang saya sebutkan diatas, saya jamin bikin suara burung pleci semakin gacor dan merdu.

Hmmps cukup panjang juga artikel tentang burung pleci kali ini , mulai dari jenis burung pleci, cara merawat burung pleci, Download suara burung pleci Mp3, semua lengkap saya bahas disini, jadi buat kalian yang baca dan ingin berbagi dengan sobat kicau, monggo di share ke bwanyak orang hehe. Sampai jumpa di artikel saya selanjtunya.

Bagikan

Also Read