Israel Mengintensifkan Serangan, Netanyahu Kumpulkan Kabinet Perang

Panjoel Kepo

Israel Mengintensifkan Serangan, Netanyahu Kumpulkan Kabinet Perang
Bagikan

rakyatnesia.com – Israel melancarkan serangan udara di Gaza pada pagi Senin dan pesawatnya menyerang bagian selatan Lebanon pada malam sebelumnya.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengadakan pertemuan dengan para jenderal tertinggi dan kabinet perangnya untuk mengevaluasi perkembangan konflik.

Israel telah melakukan pengumpulan tank dan pasukan di sekitar perbatasan Gaza dalam persiapan potensial untuk invasi darat dengan tujuan untuk menghancurkan Hamas.

Pemimpin Hamas Palestina, Ismail Haniyeh, dan Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, berbicara melalui telepon pada Minggu malam untuk membahas cara menghentikan “kejahatan brutal” yang dilakukan Israel di Gaza, demikian seperti yang diumumkan oleh Hamas dalam sebuah pernyataan.

Kekhawatiran bahwa konflik Israel-Hamas dapat memperluas konflik di Timur Tengah semakin meningkat akhir pekan lalu, dengan peringatan dari pemerintah Amerika Serikat tentang risiko signifikan terhadap kepentingan AS di wilayah tersebut dan pengumuman pengerahan sistem pertahanan udara canggih yang baru.

Baca Juga  Lunix Memperkenalkan Vape Draco pada Acara JIVE di Jiexpo Kemayoran

Pentagon telah mengirimkan sejumlah besar kekuatan angkatan laut ke Timur Tengah, termasuk dua kapal induk, kapal pendukung dan sekitar 2.000 Marinir, untuk membantu mencegah serangan pasukan yang berafiliasi dengan Iran.

“Apa yang kami lihat… adalah prospek peningkatan serangan yang signifikan terhadap pasukan dan rakyat di seluruh kawasan,” kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin kepada program “This Week” ABC pada hari Minggu.

Utusan khusus Cina untuk Timur Tengah Zhai Jun, yang mengunjungi wilayah tersebut, memperingatkan bahwa risiko konflik darat berskala besar meningkat dan konflik yang meluas di wilayah tersebut “mengkhawatirkan”, kata media pemerintah Cina pada hari Senin.

Baca Juga  Lunix Memperkenalkan Vape Draco pada Acara JIVE di Jiexpo Kemayoran

Para pejabat keamanan Iran mengatakan kepada Reuters bahwa strategi Iran adalah agar proksi Timur Tengah seperti Hizbullah melakukan serangan terbatas terhadap sasaran-sasaran Israel dan AS, namun menghindari eskalasi besar yang akan menarik Teheran, sebuah tindakan yang sangat penting bagi Republik Islam.

Serangan Israel terkonsentrasi di tengah dan utara Jalur Gaza, media Palestina melaporkan. Serangan terhadap sebuah rumah dekat kamp pengungsi Jabalia, di Gaza utara, menewaskan beberapa warga Palestina dan melukai lainnya, menurut laporan media.

Di Tepi Barat yang diduduki Israel, dua warga Palestina terbunuh di kamp pengungsi Jalazone dekat Ramallah, kata kementerian kesehatan Palestina pada hari Senin.

Baca Juga  Lunix Memperkenalkan Vape Draco pada Acara JIVE di Jiexpo Kemayoran

Warga mengatakan kepada Reuters bahwa pasukan Israel menggerebek kamp tersebut dan melakukan penangkapan secara luas, saat mereka bentrok dengan pria bersenjata dan beberapa pemuda yang melemparkan batu. Tentara Israel belum mengeluarkan pernyataan mengenai insiden tersebut.

Otoritas kesehatan di Gaza mengatakan setidaknya 4.600 orang tewas dalam pemboman Israel selama dua minggu yang dimulai setelah serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 terhadap komunitas Israel selatan yang menewaskan 1.400 orang dan 212 orang disandera di Gaza.

Bagikan

Also Read