Projo Resmi Mendukung Prabowo dalam Pilpres 2024, PDIP Tidak Keberatan

Panjoel Kepo

Projo Resmi Mendukung Prabowo dalam Pilpres 2024
Bagikan

rakyatnesia.com – Relawan pendukung Presiden Joko Widodo, yang dikenal dengan sebutan Projo, secara resmi memberikan dukungan mereka kepada Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024 yang akan datang.

Awalnya, rencana ini akan diumumkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Projo yang dihadiri oleh Prabowo. Namun, akhirnya, Projo secara resmi mendeklarasikan dukungannya di kediaman Prabowo pada Sabtu, 14 Oktober.

Budi, seorang perwakilan dari Projo, mengungkapkan, “Setelah mendengar pandangan dari teman-teman di seluruh Indonesia, Projo telah sepakat untuk memberikan dukungan kepada Pak Prabowo.” Pengumuman ini dibuat di Indonesia Arena, Jakarta, pada Sabtu, 14 Oktober.

Ia juga menegaskan bahwa keputusan ini diambil setelah berkonsultasi dengan Ketua Dewan Pembina Projo, Joko Widodo. Meskipun begitu, Budi menepis anggapan bahwa Jokowi memerintahkan Projo untuk mendukung Prabowo.

Baca Juga  Lunix Memperkenalkan Vape Draco pada Acara JIVE di Jiexpo Kemayoran

Budi paham betul Jokowi berpesan agar relawannya tak terburu-buru. Kendati, ia menangkap pesan Jokowi agar relawan cermat memilih pemimpin.

Selepas Rakernas yang juga dihadiri Presiden Jokowi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Budi Arie dan para pimpinan Projo bergegas ke rumah Prabowo di Kertanegara IV, Jakarta Selatan. Mereka ingin langsung menyampaikan dukungan tersebut ke Prabowo.

“Projo sepakat untuk mendukung Pak Prabowo Subianto pada Pilpres 2024,” kata Budi di kediaman Prabowo.

Budi menyebut Projo mencari sosok capres yang bersedia melanjutkan berbagai program pembangunan Jokowi. Ia menilai Prabowo sebagai sosok yang tepat.

Baca Juga  Lunix Memperkenalkan Vape Draco pada Acara JIVE di Jiexpo Kemayoran

Prabowo lantas menerima dukungan ini dan menyebutnya sebagai sebuah kehormatan.

“Ini sebuah kehormatan bagi saya. Kehormatan besar. Kepercayaan saudara-saudara yang berikan kepada saya, saya terima sebagai amanah dan penugasan. Penugasan untuk berbakti pada bangsa dan negara,” tutur Prabowo.

Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah tak mempermasalahkan dukungan Projo kepada Prabowo. Ia menghormati keputusan relawan Joko Widodo tersebut.

Basarah menilai keputusan Projo yang akhirnya mendukung Prabowo adalah bagian dari kehidupan berdemokrasi.

“Saya selaku Ketua Tim Koordinasi Pemenangan Relawan Ganjar Pranowo menghormati setiap keputusan politik yang diambil oleh masing-masing organ relawan, untuk menentukan arah politik dan dukungannya pada Pilpres 2024,” katanya di sela menghadiri Rakor Pemenangan Pilpres dan Pileg PDIP se-Jawa Timur di Vasa Hotel, Surabaya.

Baca Juga  Lunix Memperkenalkan Vape Draco pada Acara JIVE di Jiexpo Kemayoran

“Ya itu hak demokrasi masing-masing organ relawan, mereka adalah organisasi yang independen dan mandiri yang tidak bisa dicampuri oleh siapapun,” sambung Basarah.

Di lain sisi, ia menyebut Ganjar Pranowo juga mendapat dukungan dari Projo Ganjar. Basarah mengatakan kelompok relawan itu sudah mendaftar secara resmi ke PDIP beberapa waktu lalu.

Ia menegaskan PDIP membuka pintu selebar-lebarnya kepada siapapun atau organisasi relawan manapun yang bakal bergabung mendukung Ganjar.

Bagikan

Also Read