Rahmat Erwin Abdullah ‘Sempurna’ Pecahkan Rekor Dunia di Asian Games 2023

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Prestasi Rahmat Erwin Abdullah dari Indonesia dalam cabang angkat besi kelas 73kg putra pada Asian Games 2023 pada Selasa (3/10) sungguh luar biasa.

Rahmat Erwin berhasil meraih medali emas dalam kategori 73kg putra dengan total angkatan mencapai 359kg, menciptakan penampilan yang bisa dikatakan sempurna.

Medali perak jatuh ke tangan lifter Thailand, Weeraphon Wichuma, yang mampu mengangkat total berat 351kg. Sementara itu, medali perunggu diberikan kepada lifter asal Korea Utara, Kumthaek Oh, yang berhasil mengangkat total 344kg.

Kemenangan Rahmat Erwin sudah dapat dipastikan saat ia berhasil melakukan angkatan kedua dengan berat sebanyak 196kg. Saat itu, Rahmat Erwin menjadi lifter terakhir setelah Weeraphon Wichuma gagal dalam angkatan kedua clean and jerk dengan berat 195kg.

Percobaan ketiga Wichuma dengan berat 195kg sukses, sehingga total angkatannya hanya 351kg. Sementara saat itu Erwin baru melakukan satu angkatan clean and jerk dengan berat 192kg.

Keberhasilan dalam percobaan kedua dengan berat 196kg membuat total angkatan Rahmat Erwin 354kg, atau 3kg lebih bagus dari Wichuma.

Rahmat Erwin bisa saja melepas angkatan ketiga, namun itu tidak dilakukan. Tidak tanggung-tanggung, Erwin langsung mengajukan angkatan 201kg pada percobaan terakhir.

Percobaan ketiga dengan berat 201kg itu berhasil. Rahmat Erwin tidak saja juara dan meraih emas, namun juga memecahkan sejumlah rekor.

Setelah mengangkat beban clean and jerk dengan berat 201kg, Rahmat Erwin memecahkan tiga rekor sekaligus: rekor dunia, Asian Games, dan rekor Asia pada angkatan clean and jerk kelas 73kg putra.

Sedangkan total angkatan Rahmat Erwin dengan berat 359kg memecahkan rekor Asian Games di kelas 73kg putra.

Satu poin lain yang membuat penampilan Rahmat Erwin Abdullah layak disebut ‘sempurna’ adalah, lifter 22 tahun tersebut tidak memiliki angkatan gagal dalam laga itu.

Rahmat Erwin jadi satu-satunya peserta di kelas 73kg putra yang tidak gagaL dalam angkatan snatch maupun clean and jerk.

Bagikan

Also Read