Cara Bermain dan Peraturan Pada Bola Voli

moch akbar fitrianto

bermain bola voli
Bagikan

Olahraga – Cara Bermain dan Peraturan Pada Bola Voli, Untuk menyambut Asian Games 2018 yang rencananya digelar di Jakarta Dan Palembang, Rakyatindependen akan sedikit mengulas tentang beberapa cabang olahraga populer yang diselenggarakan. Kali ini Adalah Cabor Dari Bola Voli. SEbelum masuk ke pembahasan Asian games 2018, mari sedikit mengetahui tentang si Bola VOli ini.

Permainan bola voli merupakan salah satu jenis dari cabang olahraga yang dimainkan oleh 2 grup berlawanan dengan menggunakan bola sebagai alat utamanya. Pada dasarnya permainan ini memiliki dua jenis, yaitu jenis umum dan jenis pantai.

Pada jenis umum, permainan bola voli diperankan oleh anggota yang berjumlah 12 orang yang terbagi menjadi 2 tim, jadi masing-masing tim ada 6 orang. Sementara permainan bola voli pantai jumlah anggota hanya 4 orang dan tiap-tiap tim terdiri dari 2 orang.

Penjelasan Bentuk Fisik Lapangan Vola Voli

Ukuran standar lapangan permainan bola voli

– Panjang lapangan 18 meter
– Lebar lapangan 9 meter
– Area servis 3 meter
– Lebar garis serang 3 meter
– Lebar garis tengah 5 cm

Ukuran tiang dan net

– Tinggi tiang net untuk perempuan 2.55 meter
– Tinggi tiang net untuk laki-laki 2.43 meter
– Tinggi antenna 80 cm
– Net dengan bentuk kotak-kotak berukuran 10 cm persegi
– Jarak antara tiang net dengan pinggir lapangan 0.6 meter
– Ukuran pita bagian tepi atas dan pita samping net 5 cm

Permainan bola voli merupakan salah satu cabang olah raga yang menggunakan bola sebagai alat utamanya. Adapun standar bola voli adalah sebagai berikut:

– Bentuk bola voli harus bulat dengan kombinasi warna

– Diameter bola voli 65-67 cm dan massa 260-280 gram
Tekanan udara 294.3-318.82 mbar/hPa

– Bahan bola untuk permainan voli harus terbuat dari kulit lunak atau bahan sintetis

Cara Bermain dan Peraturan Pada Bola Voli

Sejarah Permainan Bola Voli di Indonesia

Di Indonesia sendiri, permainan bola voli termasuk salah satu cabang olahraga yang popular, khususnya di usia sekolah. Adapun sejarah permainan bola voli di Indonesia berawal dari masa penjajahan Belanda, yaitu tepatnya pada tahun 1928. Pada masa itu, permainan ini hanya dimainkan oleh orang Belanda dan kalangan bangsawan saja. Bahkan, para guru pendidikan jasmani sengaja didatangkan dari Belanda.

Rupanya sejarah permainan bola voli dan perkembangannya di Indonesia tidak hanya berkat penjajahan Belanda beserta para guru pendidikan jasmani saja, para tentara pun punya andil besar alam mengenalkan atau menyebarkan permainan bola ini. Para tentara tersebut memainkan permainan bola ini di asrama-asrama ataupun di lapangan terbuka.

Bahkan tidak jarang mereka menyelenggarakan pertandingan bola voli yang tentu saja anggotanya hanya kalangan kompeni Belanda saja. Meskipun demikian pribumi bisa menyaksikannya, hingga tak perlu butuh waktu lama permainan ini merebak di Indonesia. Bahkan semakin tenarnya permainan bola voli, semakin banyak bermunculan klub-klub bola voli di kota-kota besar Indonesia.

Untuk memfasilitasi perkembangan permainan ini, maka terbentuklah PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Organisasi ini didirikan di Jakarta pada saat penyelenggaraan kejuaraan Nasional perdananya. Perkembangan permainan bola voli di Indonesia sangat menonjol, khususnya saat menjelang Asian Games IV yang diselenggarakan pada tahun 1962 dan Ganefo I pada tahun 1963 di Jakarta.

Bahkan pada Oktober 1951, olah raga ini mulai diikutkan dalam acara resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) II yang diadakan di Jakarta. Tidak hanya di lingkup Indonesia saja, PBVSI juga secara aktif mengembangkan kegiatan-kegiatan olah raga voli hingga kancah internasional. Kegiatan-kegiatan positif dari PBVSI masih berlanjut hingga hari ini sekaligus menciptakan prestasi-prestasi yang membanggakan dalam setiap kejuaraan olahraga di Indonesia.

Teknik Dasar Bola Voli
Permainan bola voli sejatinya merupakan perpaduan dari beberapa jenis cabang olahraga bola, yaitu baseball, handball (bola tangan), basket dan tenis. Namun di dalam permainan ini terdapat 4 jenis teknis dasar, yaitu:

Teknis dasar servis
Dalam setiap permainan tentu diawali dengan gerakan, tak terkecuali permainan bola voli. Awalan atau sajian pertama dalam permainan bola voli disebut dengan servis. Gerakan awal ini sangat penting dalam permainan ini. Oleh karena itu, sebelum bermain bola voli, Anda wajib menguasai teknik dasar servis.

Uniknya, biasanya para pemain banyak yang merasa kesusahan dalam melakukan teknik dasar ini. Namun, jika Anda benar-benar memahami teknik dasar servis ini, permainan bola voli akan terasa lebih mudah. Adapun 4 teknik dasar servis dalam permainan bola voli, yaitu:

– Servis bawah atau under serve
– Tennis melayani atau tennis serve
– Ubah layanan atau change up serve
– Melayani terapung atau floating serve

Sementara cara bermain bola voli Perbedaan Pasing Bawah Dan Atas Bola Voli, yaitu:

Cara Bermain dan Peraturan Pada Bola Voli

– Berdiri dengan tangan memegang bola menggunakan satu tangan, kemudian satu kaki yang berlawanan dengan tangan yang memegang bola tersebut diposisikan dalam keadaan siap untuk memukul.
– Lambungkan bola voli ke atas harus dengan melewati kepala, kemudian pukul bola voli tersebut dengan cara mengayunkan tangan pemukul ke arah bola voli.
– Langkah selanjutnya adalah melangkahkan kaki bagian belakang ke depan, kemudian luruskan tangan pemukul dengan mengikuti arah bola.

2. Teknik mengumpan atau passing

Teknik dasar permainan bola voli yang kedua adalah passing. Teknik ini merupakan gerakan mengumpan bola kepada teman satu tim ataupun mengembalikan bola lawan. Ada dua macam teknik passing, yaitu:

Perbedaan Pasing Bawah Dan Atas Bola Voli
Passing atas

Adapun langkah-langkah cara melakukan passing atas adalah sebagai berikut:

– Berdiri dengan posisi santai atau rileks
– Posisikan kedua kaki sejajar
– Buka kedua kaki selebar bahu
– Arahkan pandangan pada bola voli
– Tekuk kedua lutut
– Tempatkan kedua tangan di depan muka
– Tekuk pula kedua sikut
– Buka jari-jari dengan santai
– Dorong bola dengan menggunakan kedua telapak – tangan bebarengan dengan posisi meluruskan kedua – tangan yang dibantu dengan meluruskan tungkai.

Passing bawah

Meskipun passing bawah pada dasarnya hampir sama dengan passing atas, tapi tetap saja memiliki perbedaan. Berikut ini langkah-langkah melakukan teknik passing bawah:

– Berdiri rileks
– Buka kedua kaki dengan sejajar lebar-lebar
– Arahkan pandangan kepada bola voli
– Tekuk kedua lutut
– Tempatkan kedua tangan di depan badan
– Ayunkan kedua tangan dari bawah ke atas atau tepatnya ke arah bola. Pada tahap ini dibantu dengan meluruskan kedua tungkai.

3. Teknik Smash (Memukul Bola Dengan Keras)

Smash merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli yang dilakukan dengan cara memukul secara kencang dan keras bola voli. Tujuan dari smash ini adalah untuk mematahkan serangan lawan sekaligus menghasilkan point. Teknik smash sangat penting dan menjadi salah satu teknik yang menantang. Adapun langkah dan caranya adalah sebagai berikut:

– Lambungkan bola voli sampai melewati kepala
– Condongkan sedikit badan ke belakang
– Gerakkan badan ke depan dengan gerakan mengayunkan tangan pemukul dari belakang ke depan atau ke arah bola voli
– Lakukan gerakan dengan cara melangkahkan kaki bagian belakang ke depan
– Luruskan tangan pemukul mengikuti arah bola voli.

Itulah cara yang benar melalukan smash. Lakukanlah gerakan smash dengan gerakan melompat ke depan agar mendapatkan pukulan yang maksimal kerasnya.

4. Teknik dasar block
Teknik block dalam permainan bola voli merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh pemain dengan tujuan untuk menghadang lawan dengan cara menjulurkan tangannya ke atas net. Ada 2 macam teknik block, yaitu:

4.1 Block tunggal
Blocking tunggal merupakan teknik permainan bola voli yang dilakukan dengan cara membendung bola lawan yang dilakukan oleh satu pemain.

4.2 Block ganda
Sedangkan block ganda merupakan upaya membendung bola lawan yang dilakukan oleh lebih dari satu pemain, bisa dua pemain ataupun lebih.

Adapun langkah dan cara melakukan teknik block, yaitu:

– Tubuh dalam posisi berjongkok
– Melompat dengan kondisi kedua tangan rapat dan lurus ke atas
– Saat kaki dalam keadaan telah mendarat, segeralah menyingkir untuk memberikan kesempatan kepada rekan satu tim untuk melakukan blocking.

Peraturan Permainan Bola Voli

peraturan bola voli

Di dalam permainan bola voli terdapat 2 macam peraturan, yaitu:

1. Peraturan perhitungan angka
Perhitungan angka terjadi jika:

– Pihak lawan bisa memasukkan bola ke dalam area lapangan Anda, itu artinya tim Anda telah kehilangan bola sementara tim lawan mendapatkan nilai atau point.
– Servis wajib dilakukan dengan cara melewati net dan juga wajib masuk ke daerah lawan. Jika itu tidak terjadi, maka lawan akan mendapatkan nilai atau point.

2. Peraturan sistem pertandingan
Sistem pertandingan dalam peraturan permainan bola voli menggunakan sistem setengah kompetisi, yaitu terdiri dari 8 tim yang akan dibagi ke dalam 2 kelompok. Tiap-tiap kelompok terdiri dari 4 tim. Setiap tim masih dibagi lagi menjadi 10 pemain, yaitu 10 pemain inti di lapangan dan 4 pemain cadangan.

Pergantian antara pemain inti dan cadangan tidak dibatasi. Meskipun demikian, setiap tim harus bertukar sisi lapangan pada saat babak terakhir. Apabila ditentukan babak penentuan, maka tim yang mendapat nilai terendah diizinkan untuk meminta bertukar lapangan sesaat tim lawan mencapai angka 13.

Dalam setiap pertandingan berlangsung selama 3 babak atau sering disebut dengan Best of Three. Namun, apabila dalam babak ke dua sudah dipastikan tim mana yang memenangkan pertandingan, maka babak selanjutnya atau babak 3 tidak dilaksanakan. Adapun sistem perhitungan dalam peraturan permainan bola voli adalah:

– Tersedia 25 rally point
– Apabila hasil imbang, misalkan 24-24, maka pertandingan akan ditambah 2 poin. Apabila peserta pertama telah berhasil unggul dengan selisih 2 poin, maka tim peserta pertamalah yang memenangkan pertandingan.
– Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapatkan poin atau nilai 1.
– Kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan akan digunakan sebagai penetuan juara pertama dan runner-up apabila terdapat kasus dalam 2 buah tim atau lebih yang mendapatkan poin atau nilai sama.

 

Cara Bermain dan Peraturan Pada Bola Voli

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar