Suara Burung Hantu, Jenis, Fungsi Dan Cara Merawatnya

moch akbar fitrianto

Bagikan

Pet Lover, RakyatnesiaSuara Burung hantu serta perilakunya yang unik ternyata membuat burung bermata Bulat satu ini diminati untuk dijadikan binatang peliharaan. Selain Ciri suaranya, Burung hantu memiliki ciri unik lainnya. Dna ciri ini memiliki fungsi untuk bertahan hidup.

Di Indonesia Burung hantu memiliki simbol sebagai pertanad maut, namun tidak di dunia barat, burung hantu merupakan simbol kebijaknsaan.

CIri khusus burung hantu yang paling umum adalah bentuk matanya, bulu dan kepalaya yang unik. Selain ciri tersebut masih ada beberapa ciri unik lainnya. Mari kita simak dibawah ini sebelum membahas tentang cara merawat Suara burung hantu dan jenis – jenis burung hantu.

Ciri Burung Hantu beserta Fungsinya

  • Punya Kepala yang Bisa Berputar 135 derajat

Kepala yang bisa berputar melebihi burung jenis lainnya merupakan salah satu ciri khusus burung hantu. Namun, kepala burung hantu yang dapat berputar 360 derajat adalah mitos.

Faktanya, burung-burung termasuk burung hantu hanya bisa memutar lehernya 135 derajat. Sehingga total kepala burung hantu berputar adalah 270 derajat.

Menurut para ilmuwan, adaptasi tulang, pembuluh darah dengan reservoir ontraktil, dan jaringan pembuluh darah pendukung yang memungkinkan burung hantu untuk memutar kepalanya seperti itu.

  • Memiliki Mata Tubular
Ciri Ciri Burung Hantu

Ciri khusus burung hantu yang kedua ada pada matanya. Mata burung hantu tidak berbentuk bulat seperti hewan lainnya. Mata burung hantu berbentuk tabung yang masuk jauh ke dalam tengkoraknya.

Kondisi matanya tersebut yang membuat burung hantu melihat dengan cara memutarkan kepalanya. Mata burung hantu ini membantu mereka untuk melihat dalam gelap dan jarak pandang yang jauh, sehingga dapat melihat mangsa dari jarak jauh sekalipun. Sedangkan melihat jarak dekat, penglihatan burung hantu nampak buram.

  • Punya Pendengaran Super tajam

Burung hantu mampu mendengar mangsanya yang berada di bawah tanah, di balik tanaman, hingga di salju. Hal ini dikarenakan telingan burung hantu berbentuk asimetris, yang letaknya jauh dari kepala.

Kondisi inilah yang membuat burung hantu mampu mendengar suara pada jarak lokasi yang cukup jauh.

  • Bentuk Wajah yang Unik dan Lucu

Ciri khusus burung hantu lainnya adalah memiliki bentuk wajah yang berbeda dengan jenis burung lainnya. Burung hantu cenderung memiliki wajah yang mirip dengan manusia. Dimana kedua belah matanya menghadap ke depan sehingga tampak menyeramkan.

Pada jenis burung hantu celepuk atau barn owl umumnya memiliki wajah mirip seperti bentuk love. Namun, rata-rata semua jenis burung hantu memiliki wajah layaknya topeng.

  • Bentuk Paruh yang khas

Paruh burung hantu bengkok ke bawah dan tajam serta mempunyai bulu jambul yang lembut. Bentuk paruhnya ini berfungsi untuk menangkap mangsa dan memakannya.

  • Terbang dengan lembut

Ciri khusus burung hantu berikutnya terletak pada sayap. Sayap burung hantu memiliki bulu khusus yang memacah turbulensi menjadi arus yang lebih kecil, yang mengurangi suara ketika terbang.

Ya, tidak seperti kebanykan burung. Burung hantu tidak membuat suara saat terbang. Bulunya yang lembut berfungsi meredam suara.

  • Bisa tehnik kamuflase

Banyak burung hantu tidur di siang hari. Untuk melindungi diri, burung hantu dapat mengubah warna pada bulu-bulunya, seperti burung hantu Afrika. Burung hantu tersebut sengaja membiarkan dirinya berbaur dengan lingkungannya.

  • Suaranya Bisa Membuat Bising dan serem
Download Suara Burung Hantu

Burung hantu mampu membuat beragam bentuk panggilan lewat suara khasnya. Mulai dari pekikan hingga derit. Apabila sarang burung hantu sedang terancam, maka derit keras burung hantu akan terdengar sangat mengganggu.

  • Burung Hantu Bertelur

Layaknya jenis burung lainnya, burung hantu berkembang biak dengan bertelur. Telur burung hantu berwarna putih dan bercangkang keras. Telur akan dierami oleh burung hantu betina.

Nah itu tadi ciri – ciri burung hantu beserta fungsi – fungsinya. Bagaimana cukup unik bukan. Kita berlanjut ke poin selanjutnya yakni jenis – jenis burung hantu sebelum berlanjut ke cara merawat burung serta mendownload suara burung hantu Mp3.

Jenis – Jenis Burung Hantu di Indonesia

Sebagi salah satu hewan buas pemakan daging, burung hantu adalah binatang nocturnal atau binatang yang aktif di malam hari. Burung hantu memiliki beberapa nama lain di Indonesia seperti burung dares di jawa dan Manguni Di Sulawesi.

Mau lebih kenal dengan jenis – jenis burung hantu simak dibawah ini :

  1. Burung Hantu Punggok Cokelat

Si Punggok cokelat terlihat menyerupai elang karena warnanya yang gelap dan matanya yang cokelat. Jenis ini berukuran sedang dan tubuhnya didominasi oleh bulu berwarna cokelat tua. Makanan buruannya adalah capung, serangga, kepiting, kadal, serta kelelawar.

  1. Burung Hantu Serak Jawa

Berbeda dengan Punggok cokelat, Serak Jawa memiliki warna bulu yang terang pucat dan mata yang gelap. Burung ini memiliki campuran buff dan abu-abu di kepala, punggung dan sayap atas, serta memiliki rona putih di wajah, tubuh dan bagian bawah. Pada malam hari, mereka bisa tampil serba putih.

Jenis Jenis Burung Hantu

Burung hantu Serak Jawa memiliki gaya terbang yang khas yaitu melandai dengan sayap panjang dan bulat serta ekor pendek. Kakinya panjang dan kepalanya bulat dengan mulus, tanpa adanya jumbai telinga.

Burung hantu jenis ini biasa bertengger di perkebunan, lumbung dan bangunan yang terbengkalai, serta pepohonan lebat. Pada malam hari, burung dengan nama lain Barn Owls ini akan terbang rendah berburu mangsa, bolak-balik di atas habitat terbuka, mencari tikus kecil terutama dari suara mereka.

  1. Burung Hantu Serak Bukit

Memiliki nama lain oriental bay owl, masyarakat malah sering menyebutnya sebagai wowo-wiwi. Wajahnya yang khas kerap dibilang seperti ular sendok. Tubuh bagian atasnya berwarna cokelat kemerahan dengan bintik-bintik hitam dan putih. Sementara bagian bawahnya berwarna kuning kemerah-jambuan dengan bintik hitam.

Serak bukit termasuk burung hantu pemalu, ia bahkan akan berburu dari tempatnya bertengger dan biasanya akan menangkap mangsanya di udara. Makanannya adalah jenis mamalia kecil, burung, kadal, ular, katak dan serangga besar.

  1. Burung Hantu Celepuk Gunung

Tak hanya tinggal di Indonesia, burung hantuk celepuk gunung juga tinggal di Bhutan, India, Malaysia, Nepal, Taiwan, serta Thailand. Burung ini memiliki suara yang unik karena nadanya yang tinggi pendek, mirip dengan suara yang dihasilkan oleh radar.

Makanannya antara lain adalah ngengat, kumbang, cicak, tikus, hingga burung kecil. Burung hantu ini suka bersarang di ceruk pohon dan bekas sarang burung pelatuk yang tingginya sekitar 2–7 meter dari permukaan tanah.

  1. Burung Hantu Celepuk Merah

Celepuk merah memiliki habitat di hutan primer dan sekunder, termasuk hutan bekas tebangan, hingga 3.280 kaki (1000 meter) dan dataran rendah. Kamu dapat menemukan mereka di berbagai daerah di Indonesia, seperti di Kalimantan, Sumatera, maupun Jawa. Celepuk merah juga dapat ditemukan di dataran rendah Sunda, dari semenanjung selatan Thailand, Sabah, Sarawak dan Semenanjung Malaysia, Singapura dan Brunei.

Mereka juga telah dilaporkan di Filipina dan mungkin dari pulau-pulau lepas pantai dari Sabahis (Malaysia). Warna burung hantu ini sesuai dengan namanya, yaitu kemerahan dengan bagian atas berwarna cokelat kemerahan dengan garis hitam dan putih. Sayangnya, burung hantu ini sudah mulai langka karena habitat mereka yang semakin mengecil.

  1. Burung Hantu Beluk Jampuk

Beluk Jampuk atau Hingik memiliki ukuran yang besar mencapai panjang sekitar 45 cm. Dunia internasional menyebutnya sebagai Barred Eagle Owl atau Malay Eagle Owl.

Ciri khas beluk jampuk adalah memiliki bulu berwarna abu-abu tua dengan bercak telinga horizontal mencolok. Tubuh bagian atasnya berwarna cokelat kehitaman, sementara bagian bawahnya berwarna abu-abu keputihan bergaris hitam tebal.

Habitat aslinya berada hutan tropis dan subtropis dataran rendah dengan ketinggian hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Makanan utamanya adalah serangga besar, mamalia kecil, reptil, ikan-ikan kecil, dan burung-burung kecil.

  1. Burung Hantu Eurasian Eagle Owl

Nama Indonesianya adalah burung elang eurasia. Burung hantu ini salah satu jenis yang memiliki ukuran yang besar dan sebagian besar ditemukan di Eropa, Asia, dan beberapa bagian Afrika utara.

Mata oranye labu dan jumbai telinga berbulu membuat mereka salah satu burung hantu paling mencolok di dunia. Kecepatan terbangnya juga tak main-main layaknya elang ekor merah.

Mereka lebih sering ditemukan di daerah dengan singkapan berbatu dan tebing, tetapi juga hidup di habitat terbuka yang memiliki beberapa pohon dan daerah berbatu seperti taiga, tanah pertanian, stepa, daerah semi-kering dan padang rumput.

  1. Burung Hantu Beluk Watu Jawa

Dengan nama lain Javan Owlet Glaucidium, burung hantu ini adalah burung endemik Indonesia. Ukurannya terbilang mungil, hanya mencapai 24 cm. Beluk watu jawa memiliki matanya berwarna cokelat kekuningan, paruh hijau dengan ujung kuning, serta kakinya berwarna hijau. Tubuhnya sendiri didominasi warna merah bata.

Jenis burung hantu ini mendiami hutan primer, hutan sekunder, hutan perbukitan dan dataran rendah.

Nah Itu Tadi jenis jenis burung hantu yang biasa ditemui di Indonesia bahkan beberapa dari jenis burung hantu ini bisa dipelihara dan jangan takut ya dengan suara burung hantunya.

Yoook kita masih berlanjut lagi loh, artikel ini belum selesai. Setelah tau ciri dan jenis burung hantu. Apakah kaliah ingin memiliki burung hantu, namun tidak bisa merawatnya. Jangan khawatir karena saya akan memberikan tips – tips merawat burung hantu. Simak dibawah Ini

Cara merawat Burung Hantu Untuk Pemula

Cara merawat burung hantu ini memang bisa dikatakan susah. Apalagi burung hantu yang anda pelihara tersebut masih anakan. Karena, burung tersebut akan mudah stres dan mati. Dengan begitu, anda semua harus memelihara burung hantu ini dengan optimal.

Apabila anda semua sukses di dalam memelihara serta melatihnya, anda akan mendapat banyak sekali manfaat. Diantaranya bisa dijadikan sebagai teman di rumah, ata dibudayakan sebagai lahan bisnis.

Memelihara Burung Hantu Yang Masih Anakan

cara merawat burung hantu

Untuk anda semuanya yang ingin memelihara burung hantu, sebaiknya peliharalah yang masih anakan. Sebab, untuk burung hantu anakan biasanya akan lebih mudah dilatih atau dijinakkan oleh pemeliharanya. Selain itu, untuk makanannya pun juga belum terlalu berat. Karena, anda bisa memberikannya pakan serangga seperti jangkrik dan lain sebagainya.

Sediakan Tenggeran Untuknya

merawat suara burung hantu

Cara selanjutnya yang harus anda lakukan jika ingin memelihara burung hantu yaitu dengan cara menyiapkan tempat tangkringnya (Perching). Biasanya, sebagian besar pemelihara hanya membuatkan tangkringan untuk dijadikan media tempat tinggal dari pada menggunakan sangkar besi yang tertutup rapat. Karena, burung hantu akan mudah stres. Dengan demikian, akan sangat tidak baik jika burung hantu anda dikurung dalam sangkar.

Buatkan juga tenggeran yang akan digunakan untuk nangkring burung hantu, karena ini bisa mempercepat dalam proses menjinakkannya. Jika burung sudah jinak, maka akan lebih mudah dilatih serta tidak mudah stress. Jika memakai sagkar, sebaiknya anda pilih sangkar yang luas dan besar.

Sedangkan, untuk tenggeran bisa dibuat dengan menggunakan ranting kayu alami dengan bentuk ideal dan nyaman. Biasanya, burung hantu yang belum jinak, kakinya masih harus diikat pada tenggeran agar tidak terbang dan hilang.

Peliharalah Dengan Kasih Sayang

Burung hantu yang dipelihara dengan penuh kasih sayang pastinya akan mudah jinak. Cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengelus kepalanya secara lembut. Sebaiknya anda juga sering mengelus dan menyentuh kepalanya. Lihatlah ekspresinya apakah dia nyaman atau tidak.

Lakukan hal tersebut sesering mungkin supaya burung hantu bisa cepat akrab serta bisa lebih mengenal anda sebagai pemelihaaranya. Dengan begitu, burung bisa menjadi lebih mudah diperintah, mudah dijinakkan dan pastinya juga mudah untuk dilatih.

Jangan dijemur Di Bawah Panas Terik Matahari

Burung hantu merupakan jenis hewan nokturnal. Saat berada di habitatnya, dia aktif hanya di malam hari, bahkan juga saat mencari mangsa. Sesudah burung itu kenyang ia akan kembali ke tempatnya. Jadi, jika matahari sudah tinggi dan terasa panas, masukkan burung hantu pada tempat teduh. Jangan samoai anda memandikannya di siang hari.

Tenang Ketika Mejinakkan Merawat Burung Hantu

Pada saat anda semuanya merawat burung hantu, terlebih lagi ketika proses menjinakkannya, anda semua harus bisa tetap tenang. Karena, apabila anda semuanya merasa panik, mungkin burung tersebt juga akan ikut panik. Jika sudah begitu bisa menjadi stress dan tidak mau makan.

Pada umumnya, yang sering panik ketika menjinakkan burung hantu yaitu pemilik yang masih pemula. Biasanya mereka khawair nanti jika digigit maupun dicakar burung hantu yang galak. Sebenarnya itu bisa diatasi dengan anda menggunakan sarung tangan saat memegangnya.

Matikan Lampu Pada Saat Malam Hari

Jika anda memelihara burung hantu dirumah, sebaiknya anda jangan mengganggu aktifitasnya dengan cara menyalakan lampu yang terang. Jadi, sebaiknya anda semua matikan lampu yang ada di dekat burung hantu hingga keadaan gelap semua. Penglihatan burung hantu ini sangat tajam meskipun keadaannnya sedang gelap gulita.

Sering Mengajak Berkomunikasi

Cara merawat burung hantu yang sebaiknya kalian perhatikan yakni usahakan untuk selalu berkomunikasi dengannya. Walaupun burung hantu tidak bisa berbicara seperti halnya jenis burung paruh bengkok, burung ini bisa memahami sapaan manusia.

Harus anda tahu jika burung hantu pastinya akan merasa senang dan juga merasa nyaman pada waktu kita mengajaknya bicara atau menyapa burung hantu tersebut. Tak hanya itu saja, dengan cara mengajak burung hantu berkomunikasi maka juga bisa menjadikan burung hantu peliharaan anda merasa tidak stres. Sebab, jika burung hantu sudah gamoang stress maka bisa mudah mati.

Pemberian Makanan Yang Tepat Pada Burung Hantu

Nah, cara merawat burung hantu yang paling penting disini adalah dalam masalah pemberian jenis pakan yang tepat dan bernutrisi. Walaupun burung hantu merupakan jenis burung pemakan daging (karnivora), namun tetap saja burung ini tidak boleh diberi makan dengan sembarangan. Anda semuanya tetap wajib untuk memperhatikan kandungan protein serta gizi makanannya.

Untuk jenis pakan burung hantu yang jenis celepuk, anda semua bisa memberi pakan jangkrik atau ikan yang berukuran kecil. Namun, lain halnya dengan burung hantu jenis yang lainnya. Mereka akan memerlukan jenis pakan berupa tikus putih, jenis ikan kecil-kecil dan burung emprit. Namun, sebaiknya hindari memberikan daging olahan atau daging yang kemasan.

Karena, dalam pakan olahan atau kemasan tersebut mengandung zat pengawet atau zat kimia yang pastinya bisa merusak kesehatan burung hantu. Dengan demikian, anda semuanya harus memberikan pakan yang segar dan keadaannya masih hidup. Untuk pemberiannya, anda semua bisa menempatkannya pada wadah yang mudah dijangkau oleh burung atau menyuapinya.

Begitu juga untuk masalah pemberian air minum, anda bisa meletakkannya pada sebuah tempat yang gampang untuk dijangkau burung hantu. Berikanlah dengan cara rutin disiplin serta teratur.

Anggap Burung Yang Anda Pelihara Itu Sebagai Sahabat

Cara merawat burung hantu selanjutnya yaitu anggaplah dia sebagai teman atau sahabat kita. Burung hantu memang tidak semua orang bisa memeliharanya dengan baik. Dengan demikian, anda semua harus benar-benar memperhatikan pola perawatannya.Apabila anda sudah merawatnya dengan baik, maka burung tidak akan kabur meninggalkan anda meski walaupun sudah tidak ditali. Sebab, ia sudah jinak dan menyukai anda.

Suara Burung Hantu MP3

Nah untuk yang ini memang dikhususkan buat kalian yang ingin memaster atau memancing burung hantu. Suara burung hantu mp3 yang akan saya bagikan sangat cocok buat kebutuhan. Silahkan di download fungsi mana yang ingin anda gunakan.

Bagaimana sudah jelas poin poin tentang burung hantu. sudah saya jelaskan panjang lebar di artikel ini. Mulai dari Ciri burung hantu, jenis burung hantu, Cara merawat burung dan Suara burung hantu. SEmoga artikel ini bisa membantu anda yang tengah mencari informasi tentang burung bermata lebar satu ini. Sampai jumpa lagi di artikel burung saya yang lain.

Baca juga :

Bagikan

Also Read