Suara Burung Kutilang, Cara Merawat dan Menangkapnya Dengan Mudah

moch akbar fitrianto

Bagikan

pet Lovers, Rakyatnesia – Suara Burung Kutilang, Cara Merawat dan Menangkapnya Dengan Mudah, Perlu kalian tahu nih memiliki hewan peliharaan khususnya burung ternyata memiliki beberapa poin positif, salah satunya meningkatkan rasa bahagia dan bisa menurunkan stress. karena jika kita mendengarkan suara burung Kutilang berkicau hati jadi ayem dan rileks.

Salah satu suara burung yang cukup populer dari zaman ke zaman adalah suara burung kutilang. Burung ini banyak ditemukan di mana saja bahkan ada juga ditemui ditengah kota. Pada artikel kali ini saya akan membahas beberapa poin tentang burung kutilang. Seperti Suara Burung Kutilang Gacor Master, Cara Merawat Burung Kutilang, dan terakhir adalah cara menangkap burung kutilang.

Namun sebelum memasuki artikel yang sebenarnya gak ada salahnya kalian mengenal dan mengetahui lebih lanjut tentang burung satu ini.

Fakta Tentang Burung Kutilang

Ada berbagai jenis burung yang menarik untuk dipelihara. Salah satunya adalah burung kutilang. Burung yang memiliki nama latin Pycnonotus aurigaster ini nyatanya dikenal karena kicauan suaranya yang merdu. Yuk, simak lebih banyak beberapa fakta menarik mengenai burung kutilang!

1.Mudah Beradaptasi

Bukan hanya di daerah yang masih terjaga lingkungannya, burung kutilang pun cukup banyak ditemukan pada daerah yang pembangunannya cukup ramai. Hal ini disebabkan burung kutilang menjadi salah satu jenis burung yang dinilai mudah untuk beradaptasi dengan tempat baru.

2.Jenis Burung Jinak

Suara burung Kutilang

Burung kutilang menjadi salah satu jenis burung yang jinak. Dengan begitu, burung kutilang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah.

3.Kicauannya Beragam

Selain mudah beradaptasi dan jinak, burung kutilang menjadi salah satu jenis burung yang dinilai memiliki jenis kicau cukup beragam. Bahkan, jika dirawat dengan baik dan tepat, burung kutilang menjadi salah satu jenis burung yang tidak kalah dengan burung kicau lainnya.

Itulah beberapa fakta menarik tentang burung kutilang. Kualitas burung kutilang bisa terus ditingkatkan dengan pemeliharaan yang tepat.

Nah itu tadi beberapa fakta burung kutilang. Udah mau memelihara burung kutilang hehehe. Tunggu sebentar saya akan memberikan informasi lanjutan mengenai burung kutilang ini. Informasi selanjutnya adalah jenis – jenis burung kutilang.

11 Jenis – Jenis Burung Kutilang

Seperti burung – burung lainnya, ternyata burung kutilang memiliki beberapa spesies berbeda lainnya. Dan terbagi dalam varietes – varietes yang berbeda. Mau tau jenis jenis burung kutilang. Simak Dibawah ini :

Jenis Burung Kutilang Zebra

Merawat burung kutilang

Jenis kutilang yang satu ini dinamakan zebra sebab mempunyai motif zebra pada bagian lehernya sampai ke dada.

Pada pipi mereka terdapat corak oranye dengan wana cokelat bertotol putih di bagian samping sayap-sayapnya.

Warna yang dimana biasanya dimiliki oleh pejantan, sedangkan pada betinanya mempunyai corak yang tidak terlalu mencolok.

Kedua jenis kelamin ini sama-sama mempunyai paruh berwarna orange kemerahan. Jenis ini dapat hidup mulai dari 3 tahun sampai 15 tahun lamanya.

Kutilang Jawa

Kecil, cantik dan sedikit pendiam adalah ciri khas dari burung kutilang Jawa ini. Ia termasuk jenis kutilang yang dapat dipelihara di dalam sangkar. Seperti namanya, kutilang jenis ini tentunya berasal dari tanah Jawa.

Kutilang Jawa ini dapat hidup sampai 10 tahun lamanya bahkan lebih tergantung dengan bagaimana cara perawatannya.

Jenis burung ini adalah jenis kutilang yang mudah bersosialisai dan juga dapa dilatih agar tidak takut dipegang oleh pemiliknya.

Warna dari bulu ia hitam dibagian kepala, ekor dan abu-abu pada bagian punggung. Bulu pada bagian dada dan juga perut ia berwarna abu kecoklatan dengan pipi bernoda putih.

Lesser Goldfinch

Lesser Goldfinch adalah salah satu jenis burung kutilang terkecil di Amerika Utara dari henis (Genus) Spinus.

Mungkin mereka juga termasuk salah satu spesies kutilang paling kecil di dunia karena hanya dapat tumbuh sampai 3,5 hingga 4,7 inci saja. Lesser goldfinch hanya mempunyai berat sekitar 0,28 sampai 0.41 ons saja.

Gouldian

Salah satu jenis burung kutilang yang paling menawan karena bulunya yang berwarna-warni. Gouldian ini banyak difavoritkan sebagai burung peliharaan.

Nama lain dari burung ini yaitu kutilang lukisan sebab bulu ia yang cantik. Walaupun tidak sudah dipegang oleh manusia, teteapi ia sangat indah untuk dipandang. Keindahan bulunya menjadi kepuasan tersendiri bagi orang yang merawatnya.

Burung ini bisa hidup dengan beberapa kutilang lain salam satu kandang. Gouldian bisa hidup hingga 6 sampai 8 tahun lamamya.

Panjang dari tubuh gouldian ini pada saat dewasa sekitar 5-6 inci dari paruh sampai ekornya. Ia adalah burung dari tanah Australia.

Burung ini sangat suka terbang sesekali sebab jika ingin memelihara jenis ini pastikan Anda memiliki kandang yang cukup luas.

Diamond Firetail

Kutilang yang satu ini juga telah termasuk jenis kutilang yang sangat difavoritkan. Warnanya mungkin terlihat seperti halnya corak yang digambar oleh anak SD, tetapi ia benar-benar imut. Burung ini memiliki ekor yang berwarna merah tua terang.

Terdapat pola putih bulat di bagian samping pada kedua sisi tubuhnya. Burung ini berasal dari daerah Australian di bagian Tenggara dan hidup di padang rumput atau hutan.

Cordon-bleu Pipi Merah

Jenis burung mungil yang satu ini masih termasuk jenis burung kutilang lho. Jenis condon-bleu pipi merah adalah jenis burung kutilang Afrika yang mempunyai bulu berwarna cantik.

Burung ini mempunyai bulu berwarna biru langit dengan corak merah bulat pada bagian pipi untuk pejantannya.

Warna merah inilah dapat membuat seolah-olah si burung sedang tersipu malu. Berat dari kutilang ini hanya mencapai 5 inci saja dengan berat rata-rata 35 ons.

Walaupun burung ini aslinya berasal dari Afrika tengah dan timur, tetapi ia sudah banyak diperdagangkan sebagai hewan peliharaan.

Kutilang Biasa

Jenis burung kutilang biasa ini banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Seperti namanya, tampilan dari burung ini seperti kutilang pada umumnya.

Berwarna cokelat kelabu di sisi atas sedangkan di sisi bawah didominasi warna putih keabu-abuan. Pada bagian kepala dan juga dahi berwarna hitam.

Jenis Burung Kutilang Emas

Dapat dikatakan jenis burung kutilang emas ini paling populer di kalangan pecinta burung kicau. Mengapa tidak? Warna kuning eemasan ini dapat mendominasi tubuh burung yang dianggap mempunyai suara indah ini.

Pada bagian kepala ada sentuhan warna hitam yang membuatnya semakin menarik. Untuk mempunyai burung yang biasa dijadikan sebagai masteran ini relative murah.

Kutilang Sutra

Jenis kutilang sutra ini terkenal dengan kicauannya yang merdu sehingga biasa dijadikan masteran. Pesonanya yang cantik dengan hiasan bulu yang berwarna hijau.

Semakin sempurna dengan warna hitam mengkilap yang telah menutupi pada bagian kepalanya. Berminat memilikinya? Anda harus mergok kocek sedikit mahal.

Kutilang Wilis

Burung kutilang wilis ini populer dengan sebutan burung cucak rengganis, cucak gunung dan cucak wilis.

Termasuk di dalam burung endemik yang habitatnya berada pada ketinggian 800 sampai 3000 meter diatas permukaan air laut.

Pupulasi dari kutilang wilis ini semakin menipis akibat rusaknya habitat asli dan juga kurangnya minat masyarakat untuk memeliharanya.

Kutilang Jambul

Burung yang berasal dari Thailand ini mempunyai ciri khas dengan adanya jambul berwarna hitam di atas kepalanya, warna merah dekat tenggorokannya dan juga warna putih pada bagian bulu dadanya.

Panjang dari tubuhnya sekitar kurang lebih 20cm diantara kerabatnya, penampilan dari kutilang jambul ini tergolong sangat baik, sebab corak bulunya yang paling menarik. Sebutan lain dari burung ini yaitu merbah jambul.

Bagaimana sudah mengerti dan mengenal beberapa jenis burung kutilang yang ada di Indonesia. Sekarang saya akan membahas tentang bagaimana cara menangkap atau menjebak burung kutilang dan burung secara umum.

Cara Membuat alat Menangkap Jebakan Burung Kutilang

Nah membuat jebakan burung kutilang ini gampang – gampang susah. Namun nanti akan saya sertakan pula beberapa video di akhir artikel untuk so, stay tuned artikelnya agak lama dan panjang hehe.

  1. Batang Pohon
    Salah satu cara membuat jebakan burung sederhana dan mudah yang bisa anda coba yaitu memanfaatkan batang pohon. Caranya cukup simpel. Anda hanya perlu memilih batang pohon yang lentur. Kemudian ikan dengan tali dan bengkokkan. Setelah itu, kaitkan dengan umpan.
  2. Tangkringan
    Selain batang pohon yang lentur, anda juga bisa membuat jebakan burung dengan tangkringan. Langkahnya sebenarnya sama seperti cara yang pertama. Hanya saja, anda harus menambahkan tangkringan dan memasangnya di batang pohon.

Saat nantinya burung hinggap di tangkringan tersebut, burung akan langsung terperangkap. Cara yang satu ini sudah banyak dibuktikan oleh para penghobi burung. Anda pun tak perlu ragu untuk ikut mempraktekkan cara membuat jebakan ini.

  1. Botol Bekas
    Tak hanya cara membuat jebakan burung di pohon yang perlu anda coba, akan tetapi juga perangkap dengan botol bekas. Cara membuat jebakan burung dari botol cukup sederhana. Hal pertama yang perlu anda lakukan yaitu menyiapkan alat dan bahannya.

Adapun alat yang perlu anda siapkan meliputi satu botol plastik bekas bening yang ukurannya sedang, dua baut, satu gantungan baju berbahan besi, satu solder, satu gergaji kecil, kawat pengikat dan pakan untuk burung pemakan biji-bijian.

Cara membuat jebakan burung kutilang

Mengenai cara membuatnya, anda harus memotong gantungan baju besi terlebih dahulu. Setelah itu, bentuklah sesuai dengan pola ukuran botol bekas yang anda gunakan. Selain itu, sesuaikan juga dengan pola engsel pintu.

Langkah selanjutnya, anda bisa membuat dua lubang kecil di bagian botol plastik bekas. Lubang ini digunakan untuk baut dan engsel pintu. Kemudian potong bagian bawah botol bekas tersebut untuk nantinya digunakan sebagai pintu masuk burung.

Bagian bawah tersebut bisa anda ikat dengan potongan gatungan baju besi. Anda bisa mengikatnya dengan kawat. Beralih ke bagian leher botol, anda bisa menggergajinya sedikit agar bisa mengunci perangkap secara baik. Tambahkan juga pakan berupa biji-bijian di bagian tersebut.

Supaya posisinya bisa seimbang, anda bisa menambahkan batang kayu kecil di bagian alasnya. Setelah itu, anda bisa menaburkan biji-bijian di sekitar jebakan yang anda buat untuk mengundang lebih banyak burung liar sehingga mendekat.

  1. Jaring
    Cara membuat jebakan burung yang bisa anda coba lainnya yaitu menggunakan jaring atau net. Selain jaring, anda juga perlu menyiapkan paku, lempengan alumunium atau seng, kawat tali yang tebal dan meja kayu. Penggunaan meja kayu ini juga bisa digantikan dengan multipleks ataupun plywood.

Setelah anda menyiapkan semua alat dan bahannya, anda bisa memasang pin di bagian tengahnya. Dimana pin tersebut dibuat dengan kawat yang potongannya kecil-kecil. Kemudian dibengkokkan hingga bentuknya menjadi kurva.

Langkah selanjutnya, ambil kawat. Bagian ujungnya bisa dimasukkan lewat lubang pin yang sudah anda pasang tadi. Lakukan hal tersebut sampai ke semua ujung kawat sampai berbentuk lingkaran. Pastikan lebar diameternya tak lebih dari lebar papannya.

Untuk membuat pegas, anda bisa membuat bengkokan pada salah satu ujung kawat. Kemudian lakukan hal tersebut pada ujung satunya. Cobalah untuk mengangkat kawatnya. Apabila kawat kembali ke posisinya, maka anda bisa pasang pin untuk menahan jeratan.

Cara membuat jebakan burung selanjutnya yaitu membuat pemicu dengan memanfaatkan alumunium. Kemudian buat pin dengan bentuk kotak dan pasang di tengah jeratan. Tempatkan flat alumunium tadi ke lubang pin tersebut.

Potong kawat dan masukkan pada bagian belakang pin untuk menahan jaring. Sementara ujung lainnya diposisikan ke lubang yang ada pada flat alumunium. Kemudian pasang jaring pada kawat yang dibentuk melingkar tadi. Ikat dengan tali kabel.

Jika sudah, pasang dua paku. Jebakan sudah bisa digunakan. Anda bisa meletakkan jebakan ini di atas pelatuk alumunium tadi. Saat burung mengambil pakan, pelatuk akan melepas kawat. Jaring pun akan langsung menutup tubuh burung. Jebakan ini cocok untuk menangkap burung yang lepas dari sangkarnya.

  1. Tali
    Cara membuat jebakan burung dari tali juga tak kalah menarik untuk dibahas. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan tali bersimpul dan diikat di tiang kayu. Anda bisa memasang jebakan ini di tempat yang sering dipijak burung.

Setelah itu, tancapkan ujung kayu yang runcing ke tanah. Kemudian potong tongkat dengan ukuran 6 inci untuk dimasukan ke dalam lubang dengan fungsi sebagai pengganjal dari tali. Bagian ini juga berperan penting sebagai pijakan burung.

Langkah selanjutnya, anda bisa mengikat batu pada bagian ujung tali yang telah melalui lubang. Sedangkan bagian ujung tali lainnya bisa dibuat simpul jebakan. Anda bisa meletakkannya di bagian tangkringan. Dimana tangkringan ini sendiri memiliki fungsi untuk menahan batu agar tak jatuh.

Agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya, anda bisa memasukan sedikit saja bagian kayu tangkringan ke lubang. Saat ada burung yang menginjaknya, maka batu secara otomatis akan langsung menarik simpul jerat. Tali pun akan mengikat kedua kaki burung. Anda pun bisa langsung mendekat dan menangkapnya. Jangan terlalu lama karena akan menyakiti burung tersebut.

  1. Getah
    Getah juga bisa anda gunakan untuk membuat jebakan burung. Adapun getah yang bisa anda manfaatkan diantaranya yaitu getah sawo, getah nangka, getah karet dan lain sebagainya. Getah digunakan sebagai pulut untuk mengelem kaki burung yang hinggap di jebakan.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu memasang sangkar burung di pohon yang rindang. Di sangkar tersebut, anda bisa tempatkan satu atau dua burung lengkap dengan pakannya. Selain itu, anda juga perlu memasang mp3 yang isinya beragam kicau burung. Pastikan burung yang ada di dalam sangkar sama jenisnya dengan suara burung yang diputar pada mp3.

Jebakan burung getah

Mp3 kicau burung ini akan mengundang burung liar untuk mendekat. Jangan lupa untuk mengoleskan getah pulut di sekitar sangkar burungnya. Saat ada burung liar yang hinggap, maka otomatis kakinya akan kena lem sehingga tak akan bisa terbang.

Bagaimana Jebakan Burung Kutilangnya, sudah mendapatkan hasil apa belum. Kalau sudah mendapatkan tangkapan burung kutilangnya. Sekarang anda perlu belajar lagi bagaimana cara merawat burung kutilang yang baik agr bisa kicau gacor. Ini nih caranya

Cara Merawat burung kutilang biar Gacor dan sehat

Jinakkan Kutilang Liar

Bila memiliki dana terbatas, memiliki burung kutilang liar menjadi salah satu opsi yang biasa dipilih. Harga burung kutilang ombyokan sangat murah, bisa berkisar Rp10-25 ribuan.

Sayangnya mereka masih memiliki perilaku liar dan sering berusaha menerobos keluar kandang dan membutuhkan waktu untuk menjinakkannya.

Cara menjinakkan kutilang liar dapat kamu lakukan dengan membiarkannya berontak di dalam kandang dan tunggu hingga kelelahan.

Selanjutnya baru berikan mereka makanan dan minuman agar tercipta ketergantungan antara burung kutilang dengan kamu sebagai pemiliknya.

Pilihlah lokasi penempatan kandang yang sunyi dan jarang didatangi orang untuk membuatnya mudah beradaptasi.

Jika burung kutilang sudah sedikit jinak, kamu bisa mencoba mengubah posisi kandang hingga lama-kelamaan menjadi tenang dan tidak berontak lagi.

Jauhkan Dari Burung Kutilang Liar

Merawat Suara Burung kutilang

Sama halnya dengan menjauhkan anak burung kutilang dari induknya, hal ini juga sebaiknya dilakukan agar suara yang dihasilkan kelak cantik dan sesuai dengan keinginanmu.

Sebaiknya juga memelihara burung kutilang di tempat yang sunyi dan jauh dari keramaian. Berikan perhatian saat memberinya makan, agar burung kutilang jinak dan mematuhi pemiliknya.

Berikan Asupan Makanan Tambahan

Makanan burung kutilang liar umumnya berupa biji-bijian, buah-buahan, atau serangga, karena jenis burung ini sering berkeliaran di sekitar area persawahan.

Selain voer yang sudah diformulasi dengan kandungan vitamin dan mineral, Sobat Pintar juga bisa memberikan asupan makanan tambahan layaknya saat mereka di alam bebas.

Untuk buah-buahan, kamu bisa memberikannya pepaya atau pisang yang memiliki tekstur lembut dan mudah dicerna oleh burung.

Sementara untuk jenis serangga, kamu bisa memberikannya ulat hong kong, jangkrik, atau kroto segar yang bisa diberikan secukupnya beberapa hari sekali.

Mengganti Air Minum Secara Rutin

Makanan Minuman kutilang

Sobat Pintar juga harus menyediakan air minum pada tempat yang sudah disediakan untuk memperlancar sistem pencernaan sekaligus menjaganya tetap terhidrasi dengan baik.

Jangan lupa juga untuk rutin mengganti air minum sehari sekali. Hal ini untuk tetap menjaga kebersihannya, karena tak jarang burung kutilang juga menggunakan air ini sebagai tempat mandi, lho.

Dengarkan Suara Burung Kutilang Master

Hal terpenting lain dalam merawat burung kutilang, terlebih jika kamu ingin menghasilkan burung kicau yang gacor dan ngekek panjang adalah melatihnya dengan burung kutilang master.

Burung kutilang master adalah jenis kutilang yang memiliki suara bagus dan cantik. Yang mana diharapkan anakan kutilang yang kamu pelihara akan berusaha untuk menirunya.

Jika kesulitan dalam menemukan kutilang master, sebagai alternatif kamu bisa memperdengarkan suara kicauan kutilang dengan menggunakan rekaman melalui smartphone atau alat pemutar musik.

Lakukan secara rutin di pagi dan sore hari setelah memberinya makan. Kamu juga bisa beri stimulus berupa jentikan jari atau siulan untuk mengajak burung kutilang berkicau.

Download Suara Burung Kutilang Master MP3

Kebutuhan suara burung kutilang mp3 baik itu untuk isian, pemasteran atau pancingan memang banyak dicari dan dibutuhkan para bird lover. Anda gak perlu bingung cari dimana lagi, karena saya sudah menyiapkan Suara burung gentilang terbaik dengan kualitas terbaik. Berikut link downloadnya

Mandikan Burung Kutilang

Menjaga kebersihan tubuh dan bulu burung kutilang penting untuk menghindarkannya dari berbagai macam masalah kesehatan, seperti penyakit kulit hingga kutuan.

Salah satu langkahnya adalah dengan memandikan burung kutilang. Untuk melakukannya, kamu tidak perlu menggunakan shampo atau memegangnya seperti cara memandikan kucing atau anjing.

Kamu cukup siapkan air bersih dan semprotan air khusus burung yang lembut, untuk membasahi tubuh secara menyeluruh dan menghilangkan kotorannya.

Selalu Jaga Kebersihan Kandang

Burung kutilang cenderung jenis burung yang sangat mudah menghasilkan kotoran, sehingga akan mudah membuatnya menumpuk karena jarang diperhatikan.

Kotoran burung yang menumpuk tentu menjadi sarana berkembangnya bakteri yang berbahaya bagi kesehatan burung.

Penting untuk rutin membuang kotoran sekaligus membersihkan kandang burung secara rutin, misal 2 hari sekali untuk tetap menjaga higienitas tempat tinggalnya tersebut.

Nah itu tadi beberapa poin tentang burung kutilang, mulai dari fakta burung kutilang, jenis burung kutilang, suara burung kutilang mp3, cara merawat burung kutilang, dan cara membuat jebakan kutilang.

Baca juga :

Bagikan

Also Read