Profil dan Biodata Lioel Messi, Kapten dari Barcelona FC

15

Profil , Rakyatnesia – Lionel Messi, Pesepak bola legenda dari Argentina

Skuad Barcelona sesumbar juara Liga Spanyol saat menggelar pesta di rumah Lionel Messi, Senin (3/5) waktu setempat.

Usai menang 3-2 atas Valencia di pekan ke-34 La Liga, Minggu (2/5), seluruh pemain Barcelona mengadakan makan bersama yang di rumah Messi.

La Pulga menjamu rekan satu timnya dan juga staf klub di taman dengan menyajikan barbeque khas Argentina. Menu tersebut juga pernah disajikan saat makan-makan digelar di pemusatan latihan Blaugrana di Ciutat Esportiva Joan Gamper.

Yuk kita simak profil dan biodata lengkap dari Lionel Messi

Biodata Lionel Messi

Nama Asli: Lionel Andrés Messi Cuccittini
Nama Beken: Lionel Messi
Tempat, Tanggal lahir: Rosario, 24 Juni 1987
Warga Negara: Argentina
Profesi: Pemain Sepakbola
Pasangan: Antonella Roccuzzo (m.2017)
Anak: Thiago Messi, Mateo messi roccuzzo, Ciro messi roccuzzo
Orangtua: Jorge Messi (Ayah), Celia Cuccittini (Ibu)

Lionel Messi adalah sosok penting dalam dunia sepakbola. Rival Cristiano Ronaldo ini telah mengoleksi 5 Ballon D’or dan sering dijuluki “El Messiah” alias sang penyelamat. Tak mengherankan, berkat sumbangan gol pemilik posisi pemain depan ini, Barcelona berhasil mengantongi gelar La Liga selama 8 musim. Belum lagi gelar Copa Del Rey yang berhasil direbut dari para rivalnya selama 5 musim.

Kerja keras Lionel Messi juga membantu El Barca menyabet gelar Piala Champion untuk musim 2005 – 2006, 2008 – 2009, 2010 – 2011, dan 2014 – 2015.

Sampai tahun 2017 ini, penghargaan Messi sudah meliputi antara lain 4 kali Golden Shoes (tahun 2010, 2012, 2013, dan 2017), Top skorer La Liga (368 gol) dan Top skorer Argentina (61 gol).

Biodata Lionel Messi

Pria bernama lengkap Lionel Andrés Messi Cuccittini ini merupakan seorang pemain sepak bola asal Argentina yang kini bermain dalam FC Barcelona sekaligus seorang kapten tim nasional sepak bola Argentina.

Pria kelahiran Rosario 24 Juni 1987 ini menempati posisi sebagai penyerang. Keberhasilannya mencetak gol terbanyak sepanjang sejarah kerap dibandingkan dengan seorang pemain Argentina yang menjuarai Piala Dunia di tahun 1986.

Saat ini ia telah menikah dengan Antonella Roccuzzo pada tahun 2017 dan dikaruniai tiga orang anak yakni Thiago Messi, Mateo Messi Roccuzzo, Ciro Messi Roccuzzo.

Keluarga

Pemain berjuluk El Messiah ini lahir di Argentina dengan nama lengkap Lionel Andres Messi. Ayahnya bernama Jorge Messi, seorang keturunan Spanyol – Italia yang menjadi seorang manager di pabrik baja.

Sedangkan Ibunya, Celia Cuccittini adalah seorang karyawan di bengkel pabrik magnet. Saat kecil, anak ketiga dari 4 bersaudara ini kerap dipanggil dengan sapaan Leo oleh orang orang sekitarnya.

Tumbuh dari keluarga yang sangat mencintai sepakbola membuat kemampuan mengolah bolanya sudah tertempa sejak usia dini. Tak mengherankan ketika usia 4 tahun, ia sudah bergabung dengan klub sepakbola, Grandioli.

Melihat bakat Leo, Ayahnya menyempatkan diri untuk mempertajam kemampuan anaknya dengan menjadi pelatih pribadinya. Di usia 6 tahun, ia bergabung ke klub terkenal Argentina, Newell’s Old Boys.

Selama 6 tahun bersama klub ini, ia berhasil menyumbangkan 500 gol! Makanya ia dijuluki si “Mesin 1987”. Dari situ semua orang pasti bakal yakin tentang masa depan Leo.

Hubungan

Dalam hubungan cinta, mungkin biodata Lionel Messi akan sepi dari nama gadis gadis. Pemain yang pernah dikunjungi oleh Justin Bieber saat latihan ini hanya pernah 2 kali diterpa gosip pacaran, yaitu dengan Luciana Salazar dan Macarena Lemos.

Akhirnya, Lionel Messi melabuhkan hatinya pada Antonella Roccuzzo. Antonella adalah cinta sejati Leo saat kecil dan juga sepupu dari sahabat Leo, Lucas Scaglia.

Tanpa ikatan pernikahan, mereka memiliki 2 orang anak yaitu Thiago (lahir 2 November 2012) dan Mateo (lahir 15 September 2015). Pada 30 Juni 2017, Roccuzzo resmi menyandang status sebagai istri Lionel Messi setelah mereka melangsungkan upacara pernikahan di Rosario.

Pada bulan Oktober 2017, pemain Albiceleste ini mengumumkan bahwa pasangan ini tengah menanti kehadiran anak ketiga. Akhirnya, penantian mereka berakhir dengan lahirnya anak ketiga Lionel Messi, Ciro messi roccuzzo, pada tanggal 11 Maret 2018.

Karier Lionel Messi

Messi mengawali kariernya sebagai pemain sepak bola profesional dengan bergabung bersama Barcelona. Sebelumnya, ia masuk dalam tim junior Newell’s Old Boys.

Debut pertama Lionel Messi bersama Barcelona terjadi di tahun 2004-2005. Saat itu Messi masih berusia 18 tahun 54 hari. Ia mencatat rekor sebagai pemain termuda yang berhasil mencetak gol di La Liga. Bahkan Messi menjadikan El Barca keluar sebagai pemenang hingga meraih gelar ganda yakni La Liga dan Liga Champions.

Di tahun 2006-2007 Messi mencetak hattrick ke gawang Real Madrid di pertandingan el clasico dan berhasil mencetak 14 gol dalam 26 pertandingan.

Messi turut menjuarai Piala Dunia Junior 2005, di tahun 2008 ia kembali menjuarai olimpiade di Beijing. Sementara di di Liga Spanyol tahun 2017-2018 Messi menempati top skor dengan mengoleksi 34 gol dari 38 pertandingan dan meraih Trofi Pichichi atas keberhasilannya.

Diketahui, 34 gol yang ia cetak itu merupakan gol terbanyak dari berbagai liga di Eropa. Bahkan Messi mengalahkan Mohammed Salah yang berhasil mencetak 32 gol untuk Liverpool. Oleh karenanya Messi berhasil mendapatkan Sepatu Emas Eropa.

Di tahun 2019, Messi meraih penghargaan sebagai Pemain Terbaik Dunia di Ballon d’Or 2019 dan mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Virgil van Dijk.

Baca Juga: Profil dan Biodata Juan Joya Borja, Pelawak Asal Spanyol yang Sering Jadi Meme

Skandal Hukum

Leo dan Ayahnya terjerat masalah penggelapan pajak di tahun 2013. Masalah ini juga pernah menimpa artis top Korea, Song Hye Kyo.

Istri dari Song Joong Ki ini tidak tahu bahwa pajaknya tidak dibayarkan karena kepengurusannya diserahkan kepada seorang akuntan. Dan akuntan tersebut juga sudah diputus bersalah oleh pengadilan Korea.

Sedangkan untuk kasusnya, Lionel Messi mempercayakan semuanya pada Ayahnya dan tidak turut campur dalam pembayaran pajak. Tahun 2016 Leo dan Ayahnya diputus bersalah, dan di tahun 2017 banding mereka ditolak oleh Pengadilan Spanyol.

Banyak rumor beredar bahwa rival Barca, Real Madrid turut andil dalam kasus punggawa Barca. Karena ada jaksa perempuan yang juga mantan direktur Real Madrid turut menangani kasus tersebut.

Tahun Emas

Semakin lama, karir Leo semakin menanjak dan musim 2011 -2012 merupakan musim gemilang baginya. Bagaimana tidak, di tahun ini ia jarang cedera, bahkan ia menyumbangkan 73 gol untuk Barca. Gol Gol Messi itu disumbangkan dari total 60 penampilan di semua ajang.

Sungguh rekor yang fantastis mengingat dia bukanlah seorang striker. Di musim yang sama juga, ia memecahkan 2 rekor dunia. Pertama rekor Guinness Book of World Record sebagai pemain dengan gol terbanyak dalam satu tahun.

Lalu ia juga menjadi pemain pertama yang mendapatkan peringkat 1 Ballon D’Or selama 4 tahun berturut turut, sebelum akhirnya ia menerima kembali gelar ini di tahun 2015.

Sampai musim 2017 – 2018 ini, Lionel Messi sudah menyumbangkan sebanyak 523 gol Messi untuk klub Catalan yang diidolakan oleh Aliando Syarief ini dari semua ajang.

Rivalitas Dengan Cristiano Ronaldo

Rivalitas dengan CR7 adalah topik langganan bila berbicara tentang biodata Lionel Messi. Mereka berdua sama sama pesepakbola muda berbakat dengan pendapatan dahsyat.

Mereka selalu bertarung memperebutkan posisi pertama Ballon d’Or setiap tahun. Mereka juga bermain dalam tim yang memiliki rivalitas abadi, jadilah mereka selalu dibandingkan-bandingkan

Leo sendiri mengaku bahwa hubungan mereka berdua baik baik saja, namun gosip rivalitas ini tak kunjung surut.

Kasus mereka mungkin hampir sama dengan Isyana Sarasvati dan Raisa. Dimana para fans mereka yang sibuk bermusuhan sementara idolanya sendiri tak ada masalah.

Baca Juga: Profil dan Biodata Cha Eunwoo, Idol Tampan Bak Pangeran Webtoon

Gaji dan Kekayaan Lionel Messi

Atas prestasi dan kinerjanya sebagai mega bintang, Lionel Messi bahkan mendapatkan gaji pesepak bola tertinggi di seluruh dunia. Pendapatan Messi mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Neymar.

Dikutip dari Investopedia, gaji Lionel Messi per tahun pada 2020 sekitar 126 juta dollar atau Rp 1,7 triliun. Penghasilan itu terdiri dari $ 92 juta gaji dan $ 34 juta endorsement.

Artinya, gaji bulanan Lionel Messi sekitar 10,5 juta dollar atau Rp 148 miliar. Selama sepekan Messi mendapat sekitar 2,6 juta dollar atau Rp 37 miliar. Per hari Messi digaji sekitar Rp 5 miliar.

Kekayaan Lionel Messi dilaporkan mencapai $ 400 juta atau sekitar Rp 5,6 triliun. Namun selama pandemi virus korona, Messi dan rekan satu timnya setuju untuk pemotongan gaji 70%, dengan biaya sekitar $ 50 juta untuk gaji Messi. Pemotongan gaji ini mengurangi gajinya menjadi $ 72 juta dan total pendapatannya untuk tahun itu menjadi $ 104 juta.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More