Waspada Tangkis Waduk Mojomanis Terlihat Mulai Longsor

232

Berita Lamongan – Perbaikan Waduk Mojomanis yang dilakukan pada Agustus 2020 lalu oleh Balai besar Wilayah Sungai Bengawan Solo sudah rusak lagi dan longsor. Sebelumnya, Koordinator Lapangan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) Muhklas menyebutkan, pengerjaan perbaikan tanggul waduk ini dimungkinkan tidak akan terjadi longsor.

Muhklas mengatakan, pengerjaan tanggul waduk langsung ditangani oleh Balai Besar Bengawan Solo, karena sudah terintegrasi dengan Waduk Gondang.

Baca Juga : Pendekar Silat Lamongan Bersatu Bersihkan Eceng Gondok Untuk Tanggulangi Banjir

Menurut dia, tanggul waduk yang melongsori lahan sawah pertanian milik warga setempat, pihaknya akan membetulkan seperti semula sebelum terkena longsoran.

” Tanah bekas kerukan itu nantinya akan diganti oleh tanah baru, namun tidak semuanya. Tanah yang lama akan digeser buat urukan disamping tanggul waduk,” ucapnya.

Dia menuturkan, perkiraaan membutuhkan sekitar 70 rit tanah baru yang diambil dari Gresik. Setelah itu akan dipadatkan pakai alat berat Vibro, supaya lebih maksimal padatnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Lamongan Jupri mengungkapkan, waduk Mojomanis itu otoritas adalah tanggung jawab Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

” Perbaikan atau pengerjaan tanggul waduk yang longsor itu kewenangannya ada di BBWS,” ujar Plt Kepala Dinas PSDA Lamongan, Jupri Jumat (15/01/2021). (dikutip dari: Radarbangsa.co.id)

Dia menjelaskan, untuk saat ini sementara volume air waduk agar dikurangi untuk pengaman tanggul waduk agar tidak sampai ambrol mengenai lahan sawah warga lainnya.

” Saya berharap BBWS segera cek ke lokasi waduk. Kalau bisa sesegera mungkin ditangani untuk tanggul waduk yang kritis dan rawan ambrol di Dusun Mojomanis itu,” tandasnya.

Baca Juga : Banjir Itu Rejeki Ujar Anggota Ketua DPRD lamongan Bikin Warga Lamongan Ini…

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan Mugito mengatakan, keadaan terupdate sudah beberapa kali dicek oleh petugas BPBD bersama dengan Dinas PSDA Lamongan.

” Persurat juga sudah disampaikan ke balai besar wilayah sungai, karena memang otoritas terkait tanggul waduk Mojomanis itu ada di BBWS,” ujar dia.

Mugito menambahkan, tanggul waduk Mojomanis yang saat ini sudah kritis dan rawan ambrol itu hendaknya segera ada solusi dari BBWS, agar hal-hal yang tidak kita inginkan tidak sampai terjadi.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More