Berita Jawa TimurFeatured

Antusias Warga Kepohkidul Sangat Luar Biasa, Di Acara Karnaval Perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-78

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Kali Pertama digelar, Karnaval Desa Kepohkidul, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke-78 tahun 2023 ini, memperoleh dukungan yang sangat luar biasa dari warganya.

Karnaval mengusung thema adat dan budaya itu, diikuti oleh 27 peserta, yang berasal dari peserta pemerintah desa (pemdes) yakni, Kepala desa, perangkat desa beserta istri; perwakilan dari masing-masing RT (Rukun tetangga); Regu dari Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar(SD) yang ada di wilayah desa setempat.

Berdasarkan pantauan media ini, para peserta karnaval telah memiliki iinisiatif sendiri dan mereka ada yang memakai pakaian adat Jawa, ada peserta yang “macak” layaknya iring-iringan pengantin, ada yang memakai pakaian warga yang masih primitif, ada yang jadi tenaga kesehatan (nakes), jadi Satpol PP, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Polisi, TNI hingga jadi petani dan buruh. Bahkan, ada yang lucu-lucuan jadi waria alias banci.

Hal itu menandakan, jika warga sangat antusias dalam mengisi kemerdekaan RI dan menjadi bukti kekompakan warga Desa Kepohkidul dengan pihak Pemerintah Desa (Pemdes), baik dengan Kepala desa dan juga dengan para perangkat desanya.

Peserta karnaval dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke-78, Desa Kepohkidul, Kecamatan Kedungadem, Bojonegoro, Minggu (20/8/2023).

Hanya dipancing bantuan dari pihak Panitia HUT Kemerdekaan RI Desa Kepohkidul per RT hanya ratusan ribu saja, membuat setiap RT mengikuti kegiatan karnaval tersebut. Ada yang menghias mobil, kendaraan roda tiga, hingga merias wajah dan menyewa pakaian dengan biaya yang tak sedikit. Karena mereka suka maka mereka mau merogoh koceknya sendiri.

“Antusias masyarakat yang cukup tinggi dalam mengikuti kegiatan karnaval itu bisa menjadi bukti bahwa kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah Desa (Pemdes) Kepohkidul masih cukup tinggi. Melihat tingginya animo masyarakat, ke depan kegiatan serupa akan kita lanjutkan dan akan kita tingkatkan lagi,” ungkap kades Kepohkidul Samudi, Minggu (20/8/2023).

Lanjut Samudi, dengan pelaksanaan kegiatan karnaval ini diharapkan dapat memupuk rasa kebersamaan antar warga desa Kepohkidul, serta menanamkan jiwa patriotisme dan cinta tanah air.

“Jiwa patriotisme dan cinta tanah air harus kita tanamkan kepada anak-anak termasukjuga kepada masyarakat agar mereka mengetahui perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan negeri Indonesia tercinta ini. Tugas kita sekarang adalah mengisi kemerdekaan dengan membangun di segala bidang untuk desa Kepohkidul khusunya dan Indonesia pada umumnya,” kata Kepala Desa Kepohkidul Samudi menegaskan.

Peserta karnaval dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke-78, Desa Kepohkidul, Kecamatan Kedungadem, Bojonegoro, Minggu (20/8/2023).

Ditambahkan, mereka yang tidak ikut ambil bagian mengikuti karnaval, datang melihat karnaval di sepanjang jalan yang dilewati, yakni start dari depan Balai Desa Kepohkidul dan finish di Waduk Pedang yang berada di timur desa tersebut.

Peserta Karnaval yang memasuki finish disuguhi panggung hiburan dengan menampilkan Putra Bisma Rock Dankdut, dengan sederet artis dari Kota Bojonegoro dan Tuban. Bahkan, para peserta karnaval begitu memasuki finish, sebagian dari mereka ikut bernyanyi dan berjoget ria, Di panggung hiburan tersebut, juga diserahkan hadiah berbagai lomba dalam merayakan HUT Ke-78 Desa Kepohkidul ini.

Sementara itu, Ketua RT 008 Margono (53) saat dimintai komentarnya tentang adanya kegiatan karnaval tersebut mengatakan, bahwa dirinya menyampaikan sangat senang adanya kegiatan karnaval ini dan kegiatan yang baik ini agar ke depan dilanjutkan.

“Saya dan warga merasa senang dan bangga dengan adanya kegiatan karnaval ini. Semoga ke depan karnaval seperti akan dilaksanakan kembali. Karena respon masyarakat sangat luar biasa,” katanya bangga.

**(Kis/Red).

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button