Gempa Susulan Hari Ini Terasa Di Lamongan, Tuban, Bawean, Gresik

moch akbar fitrianto

gempa susulan tuban
Bagikan

Berita Lamongan – Gempa Susulan terjadi di kawasan Pulai bawean dengan kekuatan 4,6 Magnitudo arahnya di 140km Timur Laut, Tuban, Jawa Timur. Gempa tersebut kembali terjadi pada hari jumat 29 maret 2024, yang mana sepekan yang lalu juga gempa berkekuatan 6.0 dan 6.5 magnitudo terjadi di wilayah Kabupaten Tuban dengan lokasi yang sama Timur Laut Tuban Jawa Timur.

Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tuban, Zem Irianto Padama menyampaikan gempa ini memiliki parameter 4.6 magnitudo 140 Km Timur Laut Tuban Jawa Timur sekitar pukul 04.23.02 WIB dengan lok:5.73 LS, 112.53BT.

Baca juga : Polsek Pucuk, Lamongan Intensifkan Patroli Kamtibmas Jelang Berbuka Puasa

“Jenis gempa bumi dengan memperhatikan episenter dan kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” ucap Zem sapanya.

Selain itu, kata Zem gempa bumi ini tidak dirasakan seluruh masyarakat dan tidak berpotensi tsunami.

“Kami imbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak bertanggung jawab akan kebenarannya serta pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG,” pungkasnya.

Menurut Daryono BMKG gempa dapat dirasakan di Dirasakan di Bawean, Lamongan, Gresik, Tuban II-III MMI, Pati, Rembang II MMI.

“Ini merupkan gempa susulan,” kata Dr Daryono Kepala Pusat Gempa Bumi BMKG dalam akun X.

Bagikan

Also Read