Pembawa Berita Turki Dipecat setelah Pamer Gelas Starbucks Saat Siaran

Panjoel Kepo

Pembawa Berita Turki Dipecat setelah Pamer Gelas Starbucks Saat Siaran
Bagikan

rakyatnesia.com – Seorang pembawa berita di stasiun televisi Turki TGRT, Meltem Gunay, dipecat pada Minggu (24/12) setelah menampilkan gelas kopi Starbucks dalam siarannya.

Keputusan ini diambil setelah pemirsa televisi Turki menyampaikan kemarahan mereka melihat Gunay menggunakan produk pro-Israel selama siaran, terutama di tengah upaya mayoritas masyarakat Muslim dunia yang tengah melakukan boikot terhadap produk semacam itu.

Dalam pernyataan resmi, TGRT mengumumkan pemecatan Gunay dan direktur segmen berita karena dianggap melakukan penempatan produk yang tidak tepat.

Jaringan media pro-pemerintah tersebut juga mencatat bahwa mereka memahami sensitivitas rakyat Turki terkait isu Gaza dan menegaskan komitmen mereka untuk mendukung Gaza hingga akhir.

Starbucks ikut terseret sebagai salah satu produk yang diboikot masyarakat Muslim dunia, imbas solidaritas terhadap Israel dalam agresi Negeri Zionis ke Jalur Gaza.

Meski tidak beroperasi di Israel, manajemen Starbucks mendapat citra pro-Israel karena menolak pernyataan anti-Israel yang dibuat salah satu serikat pekerjanya di masa awal agresi.

Pada Oktober, perusahaan itu menggugat Starbucks Workers United lantaran menggunakan logo Starbucks dalam sebuah pernyataan yang menunjukkan dukungan bagi Palestina.

Bagikan

Also Read