WHO Peringatkan Bahaya Besar Terhadap Populasi Gaza Pasca-Perang

Panjoel Kepo

WHO Peringatkan Bahaya Besar Terhadap Populasi Gaza Pasca-Perang
Bagikan

rakyatnesia.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan peringatan serius terhadap penduduk Gaza, menyatakan bahwa mereka berada dalam bahaya besar akibat dampak perang yang melanda wilayah tersebut.

Situasi di Gaza diwarnai oleh kelaparan akut dan tingkat keputusasaan yang mengkhawatirkan. Melansir dari AFP pada Kamis (28/12/2023), WHO mencatat bahwa pihaknya telah mengirimkan pasokan ke dua rumah sakit pada hari Selasa, satu di utara dan satu di selatan.

Saat ini, dari 36 rumah sakit di Jalur Gaza, 21 di antaranya tidak lagi berfungsi sama sekali. Ketua WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, memanggil komunitas internasional untuk segera mengambil langkah-langkah konkrit guna mengurangi risiko besar yang dihadapi oleh penduduk Gaza.

Kondisi ini juga dapat menghambat upaya kemanusiaan dalam memberikan bantuan kepada orang-orang yang menderita luka parah, kelaparan akut, dan rentan terhadap penyakit.

“Diperlukan peningkatan konstan dalam pasokan makanan di seluruh Jalur Gaza, sementara orang-orang yang kelaparan kembali menghadang konvoi kami hari ini dengan harapan mendapatkan sumber makanan,” demikian bunyi pernyataan dari WHO.

“Kemampuan WHO untuk memasok obat-obatan, perlengkapan medis, dan bahan bakar ke rumah sakit semakin dibatasi oleh kelaparan dan keputusasaan orang-orang dalam perjalanan menuju, dan di dalam, rumah sakit yang kita jangkau,” lanjut pernyataan tersebut.

Selain itu, Tedros menyampaikan pihaknya berharap lebih banyak makanan tiba di seluruh Gaza. Menurutnya, kelangsunga operasi WHO sangat bergantung pada itu.

“Keamanan staf kami dan kelangsungan operasi bergantung pada lebih banyak makanan yang tiba di seluruh Gaza dalam waktu dekat,” kata Tedros.

Bagikan

Also Read