Raja Salman Menolak Dukung AS dalam Konflik Houthi: Kekhawatiran Terhadap Iran?

Panjoel Kepo

Raja Salman Menolak Dukung AS dalam Konflik Houthi: Kekhawatiran Terhadap Iran?
Bagikan

rakyatnesia.com – Pada awal pekan ini, Amerika Serikat (AS) mengumumkan pembentukan koalisi baru untuk menghadapi serangan kelompok penguasa Yaman, Houthi, terhadap kapal-kapal terkait Israel di Laut Merah. Lebih dari 20 negara turut bergabung, dengan Bahrain sebagai satu-satunya negara Arab yang terlibat.

Dalam pengumuman tersebut, Arab Saudi dengan mencolok tidak tercantum sebagai salah satu peserta koalisi yang diumumkan oleh Washington. Riyadh, bersama dengan sekutunya Uni Emirat Arab (UEA), menyatakan ketidakminatannya dalam upaya tersebut.

Alasan utama dari ketidakhadiran mereka tampaknya berkaitan dengan kekhawatiran bahwa keterlibatan mereka dapat menghambat tujuan strategis jangka panjang, seperti mengakhiri keterlibatan dalam konflik di Yaman dan mengurangi ketegangan dengan Iran, yang merupakan pendukung utama Houthi.

Dua sumber di Teluk yang memiliki pengetahuan tentang masalah ini menyatakan bahwa absennya Arab Saudi dan UEA disebabkan oleh keinginan mereka untuk menghindari eskalasi ketegangan dengan Iran atau mengancam upaya perdamaian di Yaman.

“Perang yang lain berarti beralih dari proses politik ke proses militer yang akan benar-benar mengacaukan peta geopolitik Timur Tengah saat ini,” kata Eyad Alrefai dari Universitas King Abdulaziz di Jeddah, kepada Reuters, Jumat (22/12/2023).

Didorong oleh kekhawatiran terhadap komitmen jangka panjang AS, Arab Saudi dan UEA selama bertahun-tahun telah mencoba mengubah orientasi kebijakan regional mereka, mencari mitra baru, meninjau kembali hubungan dengan Israel, dan menyelesaikan persaingan dengan Iran.

Langkah terbesar dalam proses tersebut sejauh ini adalah perjanjian detente yang dimediasi China antara Arab Saudi dan Iran pada bulan Februari dan pembentukan hubungan diplomatik antara Israel dan UEA pada tahun 2020.

Namun Saudi juga ingin mengakhiri perang mereka yang sudah berlangsung hampir 9 tahun di Yaman, yang telah menjadi kebuntuan yang telah merusak reputasi mereka dan menimbulkan ketidakamanan melalui serangan pesawat tak berawak Houthi di bandara dan instalasi energi.

Perdamaian di Yaman juga penting bagi UEA, meskipun UEA menarik sebagian besar pasukannya pada tahun 2020. UEA masih mendukung kelompok-kelompok di Yaman yang berlawanan dengan Houthi.

Sementara itu, Arab Saudi berharap penyelesaian perselisihan regional ini akan memungkinkan mereka untuk fokus pada agenda ambisius membangun kota-kota baru yang futuristik dan mengambil peran lebih besar dalam urusan global, termasuk dengan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Perang Israel di Gaza dengan dukungan penuh AS setelah serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober mengancam akan menggagalkan impian ini. Eskalasi dapat menjerumuskan wilayah tersebut ke dalam era baru ketidakpastian dan kemarahan Arab terhadap Barat dan sekutunya di Teluk.

Perang ini telah membekukan hubungan UEA dengan Israel, menggagalkan perundingan normalisasi Saudi-Israel, dan membuat setiap kebijakan AS menjadi prospek yang tidak nyaman bagi para pemimpin Arab.

Di sisi lain, banyak negara Arab yang menyambut hangat serangan pesawat tak berawak Houthi yang ditujukan ke Israel dan serangan kelompok tersebut terhadap pelayaran Laut Merah sebagai contoh langka tindakan Arab dalam mendukung Palestina.

Sebaliknya, Iran memimpin apa yang mereka sebut Poros Perlawanan, sebuah koalisi longgar yang mencakup Hamas serta kelompok bersenjata Muslim Syiah di wilayah tersebut yang secara militer menghadapi Israel dan sekutu Baratnya.

Iran membantah klaim Saudi dan Barat bahwa mereka memberikan dukungan material kepada Houthi, yang merupakan bagian dari Poros Perlawanan, atau memberi mereka arahan. Namun mereka telah memperjelas pandangannya mengenai koalisi Laut Merah.

“Negara mana pun yang bergabung dengan koalisi Amerika untuk menangani tindakan (Houthi) ini adalah partisipan langsung dalam pembunuhan anak-anak oleh rezim Zionis,” kata Ali Shamkhani, penasihat pemimpin tertinggi Iran, dalam sebuah postingan di media sosial.

Bagikan

Also Read