Sudah Nyicip Kripik Beton Khas Kedungpring, Lamongan Apa Belum Nih ?

moch akbar fitrianto

Bagikan

BERITA LAMONGAN (rakyatnesia.com) – Buah nangka memang terkenal dengan baunya yang harum dan rasanya yang manis legit bikin nagih benar kan, bagaimana dengan isi nangka, atau disebut di jawa adalah Beton. Beton Atau Biji nangka ini ternyata bisa dikonsumsi langsung juga loh.

Namun di Lamongan Biji Nangka (beton) ternyata juga bisa dijadikan kerupuk yang enak dan gurih. Pohon nangka banyak tumbuh subur diberbagai daerah. Tapi tak banyak yang tahu, ternyata biji nangka (beton, jawa) bisa diolah menjadi camilan kriuk renyah. Ya, biji buah nangka ini diolah menjadi Kerupuk Beton.

Baca Juga  Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Barang dengan Sistem Cicilan

Adalah Sri Wahyuni, Ratu Jagung Lamongan yang mengolah biji buah nangka atau beton ini menjadi camilan. Warga Desa/Kecamatan Kedungpring ini mengolah Beton menjadi camilan makanan ringan, kerupuk beton.

Baca juga : Nyabu Di Taman GKB Gresik, Warga Kalitengah, Lamongan Ini Diciduk Polisi (rakyatnesia.com)

“Beton nangka atau biji buah nangka biasanya dibuang begitu saja atau kalau diolah paling hanya direbus saja. Ini yang sangat disayangkan, padahal masih bisa diolah menjadi kerupuk,” kata Sri Wahyuni mengawali perbincangannya dengan detikcom Sabtu (5/12/2020).

Yuni mengaku, untuk mengolah beton menjadi camilan berupa krupuk yang kriuk sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Bahan-bahan untuk membuat kerupuk beton nangka ini terdiri dari biji buah nangka secukupnya sebagai bahan utama. Kemudian ditambahkan tepung kanji, bawang putih, bumbu masak dan garam secukupnya. “Bumbu dan bahan ini kan mudah didapat sebenarnya,” ujar Yuni yang menggeluti dunia makanan olahan dan bisa tembus pasar internasional dan supermarket besar ini.

Baca Juga  Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Barang dengan Sistem Cicilan

Mulanya, bahan utama berupa beton direbus hingga matang untuk kemudian dikupas kulit bijinya. Setelah itu, beton yang yang telah matang tersebut dihaluskan atau ditumbuk hingga halus.

“Setelah halus, bahan utama beton ini kemudian dicampur dengan adonan yang sudah disiapkan tadi,” jelasnya.

Baca juga : Lihat Ini Video Viral Bus Ngeblong Di Lamongan, Supir Dihajar Warga (rakyatnesia.com)

Setelah jadi adonan dan beton yang dihaluskan sudah menyatu, bahan ini sudah bisa dipotong-potong untuk digoreng menjadi krupuk. Untuk rasa, Yuni menyebut jika rasa kerupuk beton ini hampir sama dengan emping melinjo.

Baca Juga  Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Barang dengan Sistem Cicilan

“Kalau adonan sudah menyatu, tinggal kita potong atau kita iris tipis untuk kemudian digoreng dan jadilah kerupuk beton yang rasanya hampir sama dengan emping melinjo,” terangnya.

Bagikan

Also Read