Presiden Iran Kunjungi Erdogan dengan Misi Kritis terkait Gaza

Panjoel Kepo

Presiden Iran Kunjungi Erdogan dengan Misi Kritis terkait Gaza
Bagikan

rakyatnesia.com – Presiden Iran, Ebrahim Raisi, melakukan kunjungan resmi pertamanya ke Turki pada Selasa (28/11/2023) dengan tujuan membahas isu Gaza.

Dalam pertemuan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan, keduanya diharapkan dapat menutupi perbedaan masa lalu dan membentuk tanggapan bersama terhadap tindakan Israel di Gaza.

Erdogan, yang selama ini menjadi salah satu kritikus paling vokal di dunia Muslim terhadap serangan Israel di Gaza, menyebut Israel sebagai “negara teroris” dan mendukung kelompok pembebasan Hamas yang memiliki dukungan dari Iran.

Erdogan juga menyarankan agar politisi dan komandan militer Israel diadili di Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag.

Namun pertemuan-pertemuan sebelumnya antara para pemimpin Muslim dan Arab – termasuk pembicaraan bulan ini di Riyadh – gagal menemukan titik temu mengenai langkah-langkah ekonomi dan politik yang harus segera diambil.

Para analis percaya bahwa Raisi akan menekan Turki untuk mengatasi retorika tersebut dan memutus hubungan perdagangan dan energi yang berkembang dengan Israel.

“Iran mengharapkan Turki untuk mengakhiri perdagangan langsung dan tidak langsungnya dengan Israel,” kata Direktur Pusat Studi Iran di Istanbul, Hakki Uygur, kepada AFP.

“Turki, di sisi lain, telah mengambil sikap yang peduli dalam memisahkan masalah politik dan komersial.”

Menurut pemerintah Gaza yang dipimpin Hamas, hampir 15.000 orang – sebagian besar warga sipil dan termasuk ribuan anak-anak – telah tewas sejak Israel mulai membalas serangan lintas batas yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dilakukan Hamas, yang menurut Israel menyebabkan 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, tewas.

Kunjungan Raisi dilakukan sebagai upaya untuk memperluas gencatan senjata yang telah membebaskan puluhan sandera Israel sebagai imbalan atas pembebasan lebih dari 100 tahanan Palestina.

Rekonsiliasi

Iran dan Turki berbagi perbatasan sepanjang 535 kilometer (330 mil) dan memiliki sejarah kompleks hubungan ekonomi yang erat serta pandangan yang berbeda mengenai perselisihan regional.

Turki mendukung upaya pemberontak untuk menggulingkan Presiden Bashar al-Assad yang didukung Iran dan Rusia selama perang saudara di Suriah.

Dukungan Ankara terhadap dua kemenangan Azerbaijan atas separatis Armenia di Nagorno-Karabakh juga menciptakan kegelisahan yang mendalam di Iran.

Teheran khawatir kebangkitan Baku di wilayah Kaukasus dapat mendukung ambisi separatis etnis minoritas Azerbaijan di Iran.

Iran juga cemas dengan usulan jalur perdagangan di sepanjang perbatasan utara antara Azerbaijan dan Turki yang berpotensi mempersulit aksesnya ke Armenia.

“Konflik paling penting antara Turki dan Iran adalah mengenai Kaukasus dan Karabakh,” kata pakar Iran yang berbasis di Ankara, Arif Keskin.

“Dengan adanya konflik di Gaza, isu ini hanya dikesampingkan, namun tetap menjadi isu penting,” kata Keskin kepada AFP.

Kepresidenan Turki mengatakan Erdogan berdiskusi untuk menemukan “sikap bersama melawan kebrutalan Israel” melalui telepon dengan Raisi pada hari Minggu.

Para analis percaya bahwa Iran sedang mencoba untuk mengkalibrasi sejauh mana mereka menggunakan kelompok-kelompok seperti Hamas dan Hizbullah di Lebanon untuk menekan Israel dan Amerika Serikat.

“Iran telah mewaspadai intervensi dalam krisis Timur Tengah yang sedang berlangsung dan kemungkinan besar akan menghindari tindakan apa pun yang dapat meningkatkan konflik,” kata Eurasia Group dalam sebuah laporan.

“Karena Iran tidak memiliki kendali penuh atas sekutu-sekutunya, terdapat risiko bahwa tindakan yang tidak disengaja akan memicu pembalasan AS dan meningkatkan konflik,” katanya.

Erdogan juga berulang kali menyuarakan kekhawatirannya tentang meluasnya perang.

“Iran dan Turki akan terus bekerja sama untuk menjadikan gencatan senjata sementara menjadi permanen dan mencapai perdamaian permanen,” kata kantor Erdogan setelah percakapan teleponnya dengan Raisi.

Bagikan

Also Read