Profil Zhang Jun, Duta Besar China untuk PBB yang Menegur Secara Terbuka Duta Besar Israel

Panjoel Kepo

Profil Zhang Jun, Duta Besar China untuk PBB yang Menegur Secara Terbuka Duta Besar Israel
Bagikan

rakyatnesia.com – Duta Besar China untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Zhang Jun, menjadi pusat perhatian setelah memberikan teguran langsung kepada Duta Besar Israel untuk PBB, Gilad Erdan.

Zhang secara terbuka mengkritik Erdan dalam rapat Dewan Keamanan PBB yang berlangsung pada Rabu (22/11) lalu. Kritik ini muncul karena Zhang menilai Erdan bersikap kurang sopan terhadap perempuan, khususnya dalam konteks omelan yang diarahkan pada UN Women.

Dalam sorotan yang viral di media sosial, Zhang mencela Erdan atas omelan yang dianggap tidak pantas dalam forum internasional tersebut. Reaksi tegas Zhang terhadap tindakan tersebut membuatnya menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan.

Profil Zhang Jun, seperti yang tercantum di situs resmi UN China, mengungkapkan bahwa beliau adalah seorang diplomat yang telah menyelesaikan studi sarjana dan magister di bidang hukum.

Zhang menyelesaikan studi sarjana hukumnya di Jilin University, China dan studi magister hukumnya di Hull University, Inggris.

Zhang lahir pada Agustus 1960 di Provinsi Jilin, China. Zhang telah menikah dan memiliki seorang anak perempuan. Namun, informasi tentang kehidupan pribadinya tidak banyak diketahui publik.

Dia mengawali kariernya di Kementerian Luar Negeri (MFA) China sebagai staf Departemen Organisasi dan Konferensi Internasional pada 1984-1988.

Pada 1988-1990, Zhang melanjutkan kariernya dan bekerja sebagai atase di Kemenlu China.

Kariernya di PBB dimulai pada tahun 1990 silam. Ia diberi mandat sebagai Sekretaris Ketiga dan Kedua Misi Tetap Republik Rakyat China untuk PBB.

Kemudian pada 1994 hingga 1999, Zhang menjabat sebagai Direktur Divisi, Departemen Organisasi, dan Konferensi Internasional Kemenlu China.

Dia juga pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Komite Administrasi Zona Pengembangan Ekonomi dan Teknologi Ningbo Provinsi Zhejiang pada tahun 2000-2002.

Pada tahun 2007-2012, Zhang diberi kepercayaan sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Rakyat China untuk Kerajaan Belanda serta wakil tetap Organisasi Anti-Senjata Kimia atau Organisation for the Prohibition of Chemical Weapons (OPCW).

Pada tahun 2018-2019, dia juga diangkat menjadi Asisten Menteri Luar Negeri. Dan pada 2019 hingga saat ini, Zhang telah menjadi Duta Besar LBBP Republik Rakyat China untuk PBB.

Bagikan

Also Read