Taktik Menyerang Israel yang Mengerikan: Rudal ‘Burkan’ dari Hizbullah

Panjoel Kepo

Taktik Menyerang Israel yang Mengerikan: Rudal 'Burkan' dari Hizbullah
Bagikan

rakyatnesia.com – Hizbullah telah mengungkapkan taktik terbarunya untuk menyerang Israel, menciptakan ketegangan di tengah keterlibatannya yang terbatas dalam mendukung Palestina di Gaza, terutama dalam operasi militer di Lebanon Selatan dan Israel Utara.

Berdasarkan laporan media Arab, Asharq Al-Awsat, taktik terbaru Hizbullah menjadi elemen penting dalam persenjataan dan strategi perangnya. Meskipun hanya sebagian kecil, taktik ini dianggap berpotensi memberikan efek kejut kepada Israel jika konflik meluas.

Dalam pidato terbarunya, Sekretaris Jenderal Hizbullah, Hassan Nasrallah, mengumumkan eskalasi kuantitatif dalam jumlah operasi dan jenis senjata yang digunakan.

“Untuk pertama kalinya, pesawat tanpa awak (drone) kamikaze dan rudal ‘Burkan’ dengan berat antara 300 kilogram dan setengah ton telah dikerahkan,” katanya seperti dilaporkan oleh Asharq Al-Awsat pada Minggu (19/11/2023).

Sumber yang dekat dengan Hizbullah mengungkapkan bahwa rencana dan strategi telah dirancang untuk menghadapi pertempuran saat ini, sambil bersiap-siap untuk perang yang komprehensif di masa depan. Mereka menghubungkan potensi perluasan konflik dengan memburuknya situasi di Gaza.

Dalam konflik yang sedang berlangsung di Lebanon selatan, Hizbullah dan Israel terutama mengandalkan pesawat tak berawak, sebuah faktor yang memainkan peran minimal dalam perang terakhir mereka pada tahun 2006. Selain itu, rudal Burkan yang canggih telah diperkenalkan ke dalam persamaan untuk pertama kalinya.

Riad Kahwaji, yang mengepalai Institute for Near East and Gulf Military Analysis (INEGMA) di Dubai, menunjukkan bahwa Hizbullah telah meluncurkan empat rudal Burkan, yang masing-masing memiliki hulu ledak lebih dari 100 kilogram.

Kahwaji, berbicara kepada Asharq Al-Awsat, menjelaskan bahwa Hizbullah menggunakan pesawat tak berawak bunuh diri untuk melakukan serangan dan spionase, menyoroti bahwa taktik serangan terkoordinasi, yang diluncurkan dari berbagai lini, merupakan pedang bermata dua, yang menciptakan target tambahan bagi Israel.

Menurut Kahwaji, Hizbullah saat ini berusaha untuk bertempur dengan gaya militer konvensional, menempatkannya pada posisi yang tidak menguntungkan karena Israel memiliki keunggulan udara, memungkinkannya untuk memantau pergerakan para operator partai dan meninggalkan korban yang lebih besar di antara para anggotanya.

Bagikan

Also Read