Puluhan Ribu Warga Surabaya Berkumpul di Aksi Solidaritas untuk Palestina

Panjoel Kepo

Puluhan Ribu Warga Surabaya Berkumpul di Aksi Solidaritas untuk Palestina
Bagikan

rakyatnesia.com – Sejumlah puluhan ribu warga membanjiri Jalan Gubernur Suryo di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya, pada Minggu (12/11), dalam rangka menyelenggarakan Aksi Bela Palestina serta mengutuk agresi Israel di Tanah Gaza.

Berdasarkan pantauan dari sumber yang dapat dipercaya, puluhan ribu masyarakat telah memadati sepanjang Jalan Gubernur Suryo sejak pagi. Mereka memilih menggunakan pakaian serba putih dan mengenakan atribut dukungan untuk Palestina.

Dari bendera hingga beberapa poster dan spanduk bertuliskan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina, peserta juga menyuarakan kecaman dan umpatan khas Surabaya untuk Israel.

“Free free Palestine! Israel jnck!” pekik mereka.

Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi, Dino Imansyah, menyatakan bahwa aksi ini diikuti oleh puluhan ribu orang yang berasal dari berbagai organisasi masyarakat dan keagamaan, pelajar, mahasiswa, buruh, hingga suporter Persebaya ‘Bonek’. Semua mereka bergabung dalam Aliansi Rakyat Surabaya Bela Palestina.

Mereka berharap, aksi ini bisa memberikan dukungan moril bagi rakyat Palestina. Serta membuat dunia tahu hingga mendesak Israel menghentikan serangan militernya di Gaza.

“Karena yang terjadi bukan sekadar peperangan biasa, tapi ada ketidakadilan di sana. Yang disasar bukan para tentara, tetapi rumah sakit, anak-anak, hingga tempat pengungsian,” kata Dino.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar juga turut berbaur bersama puluhan ribu masyarakat dalam aksi itu. Ia mengajak massa melantunkan Selawat Asyghil bersama-sama.

Khofifah juga menyuarakan betapa pentingnya kemerdekaan bagi Palestina. Menurutnya doa maupun donasi bantuan, harus terus digaungkan masyarakat Indonesia khususnya Jatim.

Khofifah menegaskan aksi seruan masyarakat Surabaya dan Jawa Timur ini juga bersamaan dengan aksi negara-negara lain di seluruh dunia. Tujuannya sama-sama menolak agresi militer yang dilakukan oleh Israel.

“Bahwa mereka semua hari ini bergerak untuk menolak agresi Israel ke Palestina. Dan aksi kita hari ini sebagai bentuk dukungan ke Palestina. Baik secara institusional Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jatim, maupun seluruh masyarakat Jatim,” tegasnya.

Bagikan

Also Read