Jet Tempur AS Menyerang Gudang Senjata di Suriah yang Diduga Milik Iran

Panjoel Kepo

Jet Tempur AS Menyerang Gudang Senjata di Suriah yang Diduga Milik Iran
Bagikan

rakyatnesia.com – Amerika Serikat telah melakukan serangan terhadap fasilitas penyimpanan senjata di wilayah Suriah timur yang diduga digunakan oleh Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran dan kelompok-kelompok yang berafiliasi dengannya.

Menurut Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, serangan ini dilakukan oleh dua pesawat tempur F-15. Austin juga menyatakan bahwa serangan ini merupakan respons terhadap serangan terhadap pasukan AS di Irak dan Suriah yang terjadi sejak awal Oktober, yang berlangsung setelah konflik Israel-Hamas di Gaza.

Austin menegaskan, “Jika serangan proksi Iran terhadap pasukan AS terus berlanjut, kami tidak akan ragu untuk mengambil tindakan lebih lanjut yang diperlukan untuk melindungi rakyat kami,” seperti yang dilaporkan oleh Reuters.

Seorang pejabat senior militer AS yang memilih anonim, mengatakan pihak Washington sudah mengawasi lokasi di Provinsi Deir al Zor selama beberapa waktu. Ia meyakini serangan itu tidak menargetkan warga sipil.

Sebelumnya pada 26 Oktober, pasukan AS juga menyerang dua fasilitas yang digunakan IRGC dan afiliasinya.

AS telah mengirim kapal perang dan pesawat tempur ke wilayah Timur Tengah, sejak konflik Israel-Hamas pecah pada 7 Oktober. AS juga mengirim dua kapal induk, demi menghalau upaya Iran menyokong milisi di wilayah itu.

Reuters melaporkan bahwa militer AS mengambil langkah-langkah baru untuk melindungi pasukannya di Timur Tengah selama meningkatnya serangan yang diduga dilakukan oleh kelompok yang didukung Iran, dan membuka kemungkinan untuk mengevakuasi keluarga militer jika diperlukan.

Langkah-langkah tersebut termasuk meningkatkan patroli militer AS, membatasi akses ke fasilitas pangkalan dan meningkatkan pengumpulan intelijen, termasuk melalui drone dan operasi pengawasan lainnya.

Bagikan

Also Read