Dari Washington ke Roma, Dukungan untuk Palestina Bergaung di Seluruh Dunia

Panjoel Kepo

Dari Washington ke Roma, Dukungan untuk Palestina Bergaung di Seluruh Dunia
Bagikan

rakyatnesia.com – Dari Washington hingga Milan, dan bahkan hingga Paris, puluhan ribu demonstran pro-Palestina menggelar aksi unjuk rasa pada Sabtu (4/11), memanggil untuk menghentikan serangan udara Israel di Gaza, Palestina.

Unjuk rasa ini mencerminkan kekhawatiran yang semakin meningkat terhadap jumlah korban sipil dan penderitaan yang terus berlanjut akibat konflik Gaza-Israel.

Demonstran di negara-negara seperti Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Prancis menyuarakan kekecewaan mereka terhadap pemerintah negara mereka yang mendukung serangan Israel terhadap Gaza. Serangan Israel semakin intensif, menargetkan pemukiman, rumah sakit, ambulans, kamp pengungsian, bahkan kampus di wilayah Palestina.

Di AS, ribuan orang berkumpul di ibu kota, Washington DC, untuk memprotes pemerintahan Joe Biden yang mendukung serangan besar-besaran Israel di Gaza, yang menyebabkan ribuan warga sipil menjadi korban.

“Palestina akan merdeka,” teriak para demonstran yang mengenakan keffiyeh hitam-putih saat bendera Palestina berukuran besar dikibarkan oleh massa yang memenuhi Pennsylvania Avenue, jalan menuju Gedung Putih, seperti dilansir The New Arab, Minggu (5/11).

Aksi unjuk rasa ini juga membawa tiruan lusinan kantong jenazah kecil berwarna putih dengan nama anak-anak yang terbunuh oleh rudal Israel berjajar di jalan. Para demonstran turut memegang tanda-tanda yang menyerukan gencatan senjata segera di Gaza.

Presiden AS Joe Biden berada di Pantai Rehoboth, Delaware, pada akhir pekan dan tidak mengomentari tentang aksi protes besar-besaran itu.

Dalam percakapan singkat dengan wartawan saat meninggalkan Gereja Katolik Roma St. Edmond pada Sabtu (4/11), Biden menyatakan ada kemajuan dalam upaya AS untuk membujuk Israel agar menyetujui jeda kemanusiaan. Biden hanya menjawab “ya” ketika ditanya apakah ada kemajuan soal upaya itu.

Di Paris, ribuan pengunjuk rasa menyerukan gencatan senjata segera di Gaza dan beberapa di antaranya meneriakkan “Israel, pembunuh!”

Spanduk di truk sound-system di Paris berjalan melalui jalan-jalan yang basah oleh hujan bertuliskan: “Hentikan pembantaian di Gaza.” Para pengunjuk rasa, banyak yang membawa bendera Palestina, meneriakkan “Palestina akan hidup, Palestina akan menang.”

Para pengunjuk rasa juga mengkritik Presiden Prancis Emmanuel Macron dengan meneriakkan: “Macron, kaki tangan (Israel).”

Pihak berwenang Prancis telah melarang beberapa pertemuan pro-Palestina sebelumnya karena adanya klaim mengenai kekacauan publik, karena kekhawatiran atas meningkatnya sentimen anti-Palestina.

Bagikan

Also Read