Hujan Tak Terduga Mengguyur Jabodetabek, BMKG Membeberkan Penyebabnya

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Pada malam Selasa (24/10), hujan tiba-tiba turun di beberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa hujan tersebut adalah hujan alami dan bukan hasil dari Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, mengungkapkan bahwa meskipun masih belum memasuki musim hujan secara resmi, namun ada indikasi menuju akhir periode pancaroba.

BMKG telah menetapkan bahwa awal musim hujan terjadi ketika terjadi tiga periode hujan dengan curah hujan 50 mm berturut-turut. “Jadi, saat awal musim hujan adalah ketika terjadi dasarian pertama dengan curah hujan mencapai 50 mm tersebut,” ujar Guswanto, pada Rabu (25/10/2023).

Untuk perkiraan cuaca hari ini, terpantau hujan mulai turun sejak pukul 13.02 WIB di beberapa wilayah.

Dalam laporan citra radar cuaca wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, terpantau hujan dengan intensitas ringan di sebagian wilayah Kabupaten Serang, Kabupaten Bekasi, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur.

Sementara intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Bogor.

Bagikan

Also Read