Ganjar-Mahfud Menjanjikan Pembukaan 17 Juta Lapangan Kerja Jika Menang Pemilihan Presiden

Panjoel Kepo

Ganjar-Mahfud Menjanjikan Pembukaan 17 Juta Lapangan Kerja Jika Menang Pemilihan Presiden
Bagikan

rakyatnesia.com – Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, telah menetapkan misi ambisius untuk menciptakan 17 juta lapangan kerja baru pada periode 2025-2029, dengan harapan memenangkan pemilihan presiden dan wakil presiden pada Pemilihan Presiden 2024.

Misi ini menjadi salah satu fokus utama dalam agenda ekonomi mereka, yang tercantum dalam dokumen Visi dan Misi Ganjar Pranowo & Mahfud MD Menuju Indonesia Unggul.

Target pembukaan 17 juta lapangan kerja baru ini menjadi bagian integral dari strategi Ganjar-Mahfud untuk mengurangi tingkat pengangguran hingga mencapai tingkat penyerapan tenaga kerja yang optimal.

Selain menciptakan lapangan kerja baru, pasangan ini juga akan membentuk lingkungan usaha yang mendukung pertumbuhan usaha ultra mikro dan UMKM, serta usaha-usaha yang mampu naik kelas secara konsisten.

Tak hanya itu, mereka juga menargetkan pertumbuhan ekonomi rata-rata mencapai 7 persen setiap tahun sebagai salah satu strategi agar Indonesia keluar dari jebakan kelas menengah (middle income trap).

Untuk mencapai tingkat pertumbuhan tersebut, Ganjar-Mahfud berencana meningkatkan peran koperasi dan UMKM, mendukung usaha baru di seluruh wilayah Indonesia, serta memanfaatkan infrastruktur, ekonomi digital, pengelolaan ekonomi hijau-biru, serta pertumbuhan industri manufaktur sekitar 7,5-8 persen.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), penciptaan lapangan kerja pada 2010-2014 berada di angka 13,68 juta. Sementara penciptaan lapangan kerja pada 2015-2019 berada di angka 13,42 juta.

Bagikan

Also Read