Kapolri Mutasi 6 Kapolda dan Dankorbrimob, Berikut Daftar Perubahan Jabatannya

Panjoel Kepo

Kapolri Mutasi 6 Kapolda dan Dankorbrimob
Bagikan

rakyatnesia.com – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kembali melaksanakan mutasi dan rotasi di lingkungan Polri. Total 6 Kapolda mengalami perubahan jabatan dalam mutasi tersebut.

Keputusan mutasi ini diresmikan melalui surat telegram dengan nomor ST/2360/X/KEP./2023, yang melibatkan sebanyak 55 personel Polri dalam pergeseran jabatan yang baru.

Dalam rangkaian mutasi ini, terdapat beberapa jabatan strategis yang mengalami perubahan. Salah satunya adalah jabatan Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) Polri yang semula dipegang oleh Komjen Pol Anang Revandoko, akan digantikan oleh Irjen Pol Imam Widodo.

Selain itu, terdapat 6 Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) yang mengalami perubahan jabatan. Kapolda Jawa Timur yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Pol Toni Hermanto, akan digantikan oleh Irjen Pol Imam Sugianto, yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim).

Adapun jabatan Kapolda Kaltim nantinya akan dipegang oleh Irjen Pol Nanang Avianto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng). Pengganti Irjen Pol Nanang adalah Irjen Pol Djoko Poerwanto, yang kini menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Irjen Pol Umar Faroq yang kini menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri dimuasi menjadi Kapolda NTB.

Jabatan Kapolda Kepulauan Bangka Belitung juga mengalami pergantian. Irjen Pol Yan Sultra akan digantikan Irjen Pol Tornagogo Sihombing yang kini mengemban jabatan sebagai Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri.

Terakhir ada jabatan Kapolda Banten yang kini dijabat oleh Irjen Pol Rudy Heriyanto akan digantikan oleh Brigjen Pol Abdul Karim.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan membenarkan perihal mutasi dan rotasi jabatan tersebut. Menurutnya, mutasi dan rotasi di tubuh Polri merupakan hal yang biasa.

“Mutasi dan rotasi adalah proses alamiah di organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja, tour of duty dan area,” kata Ramadhan.

Bagikan

Also Read