berita bojonegoroFeatured

Sudawam dan Joko Utomo Ditetapkan Sebagai Calon Kepala Desa Pelem, Purwosari

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Bojonegoro, Gelombang 1 Tahun 2022 sebanyak 33 desa yang berada di 21 kecamatan, telah memasuki tahapan penetapan bakal calon kepala desa menjadi calon kepala desa.

Hal itu, juga dilaksanakan oleh Panitia Pilkades Desa Pelem, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur. Panitia Pilkades Desa Pelem menggelar Rapat Penetapan dan Pengambilan nomor urut bagi para calon kepala desa Pelem tersebut. Acara digelar di Balai Desa setempat, Kamis (13/10/2022).

Pilkades Pelem tahun 2022 Desa Pelem ini, diikuti 2 calon yakni Sudawam dan Joko Utomo. Kedua calon telah ditetapkan oleh Panitia Pilkades, dikarenakan keduanya telah memenuhi segala persyaratan sebagai bakal calon kepala desa dan mereka telah ditetapkan sebagai calon kepala desa yang selanjutnya mereka akan memilih nomor dalam rapat yang digelar oleh panitia Pilkades Desa Pelem ini.

Rapat Penetapan dan pengambilan nomor urut calon Kepala Desa Pelem ini, dimulai pukul 11:00 WIB, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonsia Raya dan dilanjutkan dengan barokah, agar acara berlangsung dengan lancar dan meraih sukses.

Ketua Panitia Pilkades Desa Pelem Ahmadi,S.Pd, dalam kata sambutanya mengatakan bahwa pihaknya menerima pendaftar 3 (tiga) bakal calon kepala desa yakni, Sudawam, Joko Utomo dan Ditha Windhi Pratama. Ketiganya sudah lengkap berkas persyaratanya, sehingga mereka dari bakal calon kepala desa naik statusnya menjadi calon kepala desa.

“Pada detik-detik akhir, ada salah seorang bakal valon yang mengundurkan diri yaitu Mbak Dita. Sehingga ada 2 bakal calon yang kita tetapkan menjadi calon kepala desa Pelem yakni, Sudawan dan Joko Utomo,” kata Ketua Panitia Pilkades Pelem Ahmadi menegaskan, Kamis (13/10/2022).

Lanjut Ahmadi, sehingga pihak panitia menetapkan 2 (dua) calon dan mereka berhak mengikuti prosesi undian nomor urut. Dimana, Sudawam (Calon Incumbent) memperoleh nomor urut 1 dan Joko Utomo memperoleh nomor urut 2.

Tampak, Rapat penetapan dan undian nomor urut calon kades Pelem, yang berlangsung di Balai desa Pelem, Kecamatan Purwosari, Bojonegoro, Kamis (13/10/2022).

Kepala Desa Pelem Sudawam yang juga calon Incumbent saat diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutanya mengatakan bahwa dirinya mengajak kepada masyarakat agar tetap menggunakan hak pilihnya dalam pelaksanaan pilkades Desa Pelem yang bakal digelar besok hari Rabu tanggal 26 Oktober 2022.

“Saya sebagai Kepala Desa Pelem sekaligus calon Incumbent berharap agar masyarakat Desa Pelem menggunakan hak pilih dan jangan golput alias tidak nyoblos sebab nasib Desa Pelem 6 (enam) tahun ke depan ditentukan oleh pilihan masyarakat dalam gelaran Pilkades 2022 ini,”

Lanjut Mas Dawam – demikian, Kades Pelem Sudawam akrab disapa – Gunakan hak pilih sesuai dengan hati nurani sehingga pesta demokrasi ini bisa berjalan aman dan lancar sesuai harapan seluruh masyarakat Desa Pelem ini.

“Ayo ciptakan Keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing, mari kita sukseskan Pilkades Pelem karena keberhasilan pilkades merupakan tanggung jawab kita bersama,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Purwosari Dian Rohmawati, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tahapan penetapan dan pengambilan nomor ini sangat penting sebab ini merupakan penetapam dari bakal calon menjadi calon kepala desa untuk Pilkades Pelem ini.

“Pengundian nomor urut calon kepala desa ini, nantinya bakal dicetak untuk bahan sosialisasi panitian kepada masyarajat sebagai pemilih dan sebagai acuan untuk dicetak pada surat suara,” tegasnya.

Lanjut Dian Rohmawati, setelah ditetapkan menjadi calon kades maka ada aturan yang harus ditaati oleh para calon, semua sudah dituangkan dalam tata tertib yang sudah disusun dan ditetapkan oleh panitia.

“Kami berharap Pelaksanaan Pilkades Desa Pelem Bisa berjalan dengan lancar aman dan  sukses. Keberhasilan Pilkades adalah tanggung jawab bersama baik panitia, pemerintah desa serta masyarakatt sebagai pemilih,” pungkasnya.

Tampak hadir Kapolsek Purwosari AKP Baderudin, Danramil Purwosari Kapten Inf Andi S, Panitia Pilkades, Ketua dan Anggota BPD, LPMD, serta tokoh masyarakat.

**(Yan/Kis/Red).

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button