Pemkab Bojonegoro Gelar Rakor dan Silaturahim Ramadhan Para Kepala Desa, Di Desa Pandan, Ngraho

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa timur, menggelar Rapat Koordinasi dan Silaturahim Ramadhan bersama Kepala Desa/Lurah Se-Kabupaten Bojonegoro Tahun 1445 H/2024 M, yang berlangsung, Kamis (14/3/2024).

Kegiatan ini digelar di zona I, meliputi Kecamatan Ngraho, Kecamatan Margomulyo, dan Kecamatan Tambakrejo. Kegiatan perdana di bulan suci Ramadan ini dilaksanakan di Balai Desa Pandan, Kecamatan Ngraho.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Tim PKK Kabupaten Bojonegoro, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati dan Asisten Setda Bojonegoro, Kepala OPD, Camat Ngraho beserta Forkopimcam, Camat Margomulyo, Camat Tambakrejo, kepala desa Se-Kecamatan Ngraho, dan Tambakrejo, tokoh masyarakat, tokoh agama serta tamu undangan lainnya. Kegiatan juga sekaligus pemberian santunan duka pada masyarakat.

Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro Adriyanto menjelaskan kegiatan ini sengaja digelar, karena kesempatan untuk berkumpul seperti ini sangat jarang, mengingat Kabupaten Bojonegoro yang luas terdiri dari 28 kecamatan dan 419 desa. Rasanya tak cukup waktu untuk berkunjung dan berkeliling. “Saya manfaatkan kesempatan agar bisa bertemu dan silaturahim. Utamanya ada tausyiah untuk bisa kita dengarkan bersama-sama,” ujarnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Adriyanto juga mengingatkan terkait penyaluran program-program pemerintah pada masyarakat, tertib administrasi, dan tertib pajak. “Mudah-mudahan melalui silaturahim seperti ini, sinergi antara pemkab, dinas, dan pemdes semakin baik dan kuat, karena intensitas pekerjaan biasanya membuat kita lupa untuk berinteraksi dengan lainnya. Mudah-mudahan membawa kebaikan dan di bulan puasa ini kita insya Allah bisa menjadi insan yang semakin baik,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro Nurul Azizah mengatakan, sesuai arahan Bapak Pj Bupati, kegiatan hari ini utamanya sebagai bentuk silaturahim kepada seluruh kepala desa/kelurahan di wilayah masing-masing. Ada 10 titik untuk kali ini. Kegiatan ini diharapkan dipergunakan dengan sebaik-baiknya apabila ada saran masukan dari kepala desa.
“Maka manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kabag Kesejahteraan Rakyat Pemkab Kabupaten Bojonegoro Sahlan menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka mengisi kegiatan di Bulan Ramadan. Hanya saja objek dan sasaran yang berbeda. “Baru kali ini berbeda, bersama seluruh kepala desa,” ujarnya.

Tujuan kegiatan ini, lanjut Sahlan, pertama sebagai upaya menjalin komunikasi dan silaturahim antara Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dengan pemerintah desa. Sehingga diharapkan terwujud yang namanya persamaan persepsi antara pemangku kepentingan baik di Pemkab Bojonegoro maupun di desa/kelurahan masing-masing.

Kedua, sebagai upaya sinkronisasi program dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dengan pemerintah desa sehingga dapat melakukan sesuatu langkah-langkah strategis dalam mengatasi berbagai masalah yang timbul di masyarakat.

Ketiga, sebagai upaya untuk menggali permasalahan yang urgen di masyarakat baik terkait dengan pendidikan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), kesehatan terkait stunting, peningkatan daya beli, penurunan inflasi dan kebencanaan.

“Semoga pertemuan pada hari ini membawa berkah dan manfaat bagi kita semua, juga bagi kita selaku abdi masyarakat dan juga masyarakat seluruh Kabupaten Bojonegoro,” katanya berharap.

**(Sumber: Kominfo Bojonegoro/Red).

Bagikan

Also Read