Fadli Zon Menyebut Gibran sebagai Opsi Utama untuk Calon Wakil Presiden Prabowo

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, menegaskan bahwa Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, adalah salah satu opsi terpenting dalam daftar calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden 2024.

Fadli Zon menyatakan bahwa sosok Gibran merupakan aspirasi dari partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Jelas, Mas Gibran adalah salah satu opsi yang sangat penting yang telah menjadi aspirasi di dalam koalisi, dan tentu ada opsi-opsi lainnya juga,” ungkap Fadli di kompleks parlemen, Senayan, pada hari Selasa (10/10).

Fadli juga mengakui bahwa saat ini koalisi yang dipimpin oleh Prabowo tengah menantikan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai uji materi UU 7/2017 tentang Pemilu, khususnya dalam hal batasan usia minimal untuk calon presiden dan calon wakil presiden. Menurut jadwal, pembacaan keputusan terkait perkara tersebut di MK akan dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2023.

“Fadli menambahkan, “Putusan MK mengenai hal tersebut, menurut saya, juga menjadi bagian penting dalam pembahasan ini, karena akan memengaruhi opsi-opsi yang ada.”

Terlepas dari situasi politik hari ini, Fadli berpendapat persoalan batas usia itu cukup relatif. Ia menyinggung para pemimpin di negara-negara maju berusia muda.

Ia pun menilai semangat menurunkan syarat batas usia itu bagus dan bisa membuat publik memikirkan ulang ihwal aturan tersebut. Fadli pun menyebut para pendiri bangsa seperti Sutan Sjahrir dan Jenderal Sudirman yang dulu berjuang di usia mereka yang masih muda.

“Walaupun tentu pernyataan ini dianggap politis tetapi sebenarnya usia untuk pemimpin itu harusnya tidak dibatasi oleh batas 40 tahun,” ucap dia.

Ia menilai Prabowo masih memiliki waktu yang cukup panjang untuk menentukan sosok cawapres. Masa pendaftaran capres-cawapres ke KPU dibuka pada 19-25 Oktober 2023.

“Tentu akan memaksimalkan dengan perhitungan-perhitungan yang terbaik gitu, dan saya kira dalam waktu dekat akan ada satu kesimpulan yang terbaik juga,” ujarnya.

Namun, Fadli menegaskan cawapres Prabowo bakal ditentukan secara bersama-sama oleh ketum parpol koalisi.

Belakangan ini, dukungan terhadap Gibran untuk jadi cawapres Prabowo menguat. Usulan itu muncul dari sejumlah kelompok relawan hingga organisasi sayap dan pengurus tingkat cabang Partai Gerindra.

Terbaru, pada Selasa (10/10) hari ini, salah satu organisasi sayap Partai Gerindra, Satria mengusulkan Prabowo untuk menggandeng Gibran.

Ketua Umum Satria, Bambang Haryadi menilai Gibran merupakan sosok yang tepat untuk mewakili anak muda Indonesia.

Bagikan

Also Read