Menko Luhut Binsar Pandjaitan Memutuskan untuk Berobat di Singapura Mulai Hari Ini

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, telah memberikan update mengenai kondisi kesehatannya.

Beberapa waktu yang lalu, berita beredar bahwa Menko Luhut sedang sakit dan mendapatkan perawatan di salah satu rumah sakit di Singapura.

Melalui akun Instagram pribadinya dengan username @luhut.pandjaitan, Menko Luhut berbagi cerita tentang kondisi tubuhnya yang mendadak merasakan kelelahan yang sangat ekstrem saat menghadiri suatu acara.

“Ia beberapa hari yang lalu setelah menghadiri suatu acara, tiba-tiba saya merasa kelelahan yang luar biasa. Rasa kelelahan ini tidak seperti yang biasanya saya alami setelah bekerja,” tulis Menko Luhut.

Mengkhawatirkan kondisi tidak wajar yang dialami oleh suaminya, Devi Simatupang, sang istri Menko Luhut, mengambil tindakan cepat dengan membawanya ke salah satu rumah sakit di Singapura.

“Melihat kondisi suaminya yang tidak sewajarnya tersebut, istri saya kemudian berinisiatif membawa saya ke salah satu rumah sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut,” tulis dia.

Menko Luhut pun tidak diizinkan tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa selama beberapa hari. Sang istri pun meminta Menko Luhut untuk beristirahat.

“Dengan kondisi yang seperti itu, praktis selama beberapa hari saya tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa. Bahkan untuk sekadar mengecek kabar dan berita terkini yang rutin saya lakukan setiap pagi, saya tidak diperbolehkan oleh istri. “Istirahat dan dengarkan tubuhmu dahulu, Pa,” ucapnya saat itu,” demikian tulis Menko Luhut.

Hal tersebut membuat Menko Luhut Binsar Pandjaitan bosan lantaran dirinya yang aktif berkegiatan dan bekerja. Namun, ia yakin keputusan tim dokter dan sang istri adalah yang terbaik.

“Sebagai orang yang terbiasa bekerja dan aktif berkegiatan, berada di rumah sakit selama beberapa hari memeang membuat saya cukup bosan. Tapi saya yakin sikap istri dan keputusan tim dokter adalah yang terbaik untuk saya saat ini,” tulis Menko Luhut.

Seiring kabar beredar mengenai kondisinya, Menko Luhut menilai perlu berbagi kabar terbaru terkait kondisi kesehatannya.

“Saya memahami bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai pejabat mutlak diketahui oleh publik, untuk itu saya merasa perlu untuk berbagi kabar mengenai kondisi saya,” ujar dia.

Menko Luhut memutuskan menjalani tahap pemulihan di Singapura setelah mendapatkan tawaran dari Menteri Senior Singapura Teo Chee Hean.

“Setelah mendapat tawaran dari Senior Minister Teo Chee Hean, saya memutuskan menerima untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura, sekaligus memungkinkan untuk dilaksanakan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif terkait kondisi kesehatan saya,” kata Menko Luhut.

Menko Luhut menceritakan kalau hal yang dialami misteri hidup dan belum pernah dibayangkan sebelumnya.

“Beruntungnya, dan sekali lagi inilah misteri hidup yang tak pernah saya bayangkan. Begitu banyak cinta yang datang kepada saya dalam bentuk perhatian dan doa bahkan di saat saya sakit,” tulis dia.

Ia pun mengapresiasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah memberikan tim dokter kepresidenan dan perawat hingga kondisi yang telah membaik.

“Begitu banyak cinta yang datang kepada saya dalam bentuk perhatian dan doa bahkan di saat saya sakit. Karena itu, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya terkhusus kepada Presiden @Jokowi yang sudah memberikan tim dokter kepresidenan beserta perawat untuk merawat saya hingga sampai pada kondisi yang telah membaik saat ini,” tulis dia.

Menko Luhut menyampaikan pada saat ini dukungan dan doa yang diberikan oleh keluarga, teman-teman, serta seluruh masyarakat Indonesia adalah kekuatan yang mendorongnya untuk tetap semangat agar pulih kembali.

“Thank you for all the love and support that you have given to me. Karena sebagai mahluk lemah, saya hanya mampu berusaha dan berdoa, biarlah Tuhan YME yang membalas niat, doa, dan perbuatan baik anda semua,” tulis dia.

Masih di Rumah Sakit, Sandiaga Ungkap Kondisi Terkini Menko Luhut

Sebelumnya diberitakan, kondisi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mulai pulih dan membaik. Ini setelah sebelumnya Menko Luhut sempat dikabarkan sakit karena kelelahan.

Kondisi terbaru Menko Luhut itu diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta melansir Antara, Senin (9/10/2023). “Alhamdulillah saya baru dapat berita beliau berangsur pulih,” kata Sandiaga usai mengikuti rapat terbatas.

Sandi mengatakan koleganya di Kabinet Indonesia Maju itu sempat dirawat karena kelelahan mempersiapkan penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023.

“Kelelahan beliau. Karena penyiapan AIS Forum dan baru safari kunjungan ke Afrika dan disambung lagi dengan kegiatan lain,” kata Sandi.

Dia mengatakan Luhut sampai saat ini masih dirawat di sebuah rumah sakit dan dalam transisi masa pemulihan. Sandi mengajak semua pihak ikut mendoakan agar Luhut bisa semakin sehat dan lekas bisa beraktivitas secara normal kembali.

Sebelumnya Menko Luhut Binsar Panjaitan dikabarkan sakit. Hal ini juga dikonfirmasi Kemenko Marves melalui jubirnya, Jodi Mahardi.

Jodi mengatakan Menko Luhut saat ini dalam kondisi baik meski diminta untuk beristirahat total sebagaimana anjuran dokter. Namun dia membantah Luhut dilarikan ke Rumah Sakit (RS) di Singapura.

“Kami ingin menginformasikan bahwa saat ini Pak Luhut berada dalam kondisi yang baik dan berada di Jakarta. Berdasarkan anjuran dokter, beliau diminta untuk melakukan bedrest guna mempercepat pemulihan kesehatannya,” katanya, Jumat malam, 6 Oktober 2023.

Bagikan

Also Read