Prabowo Akan Membahas Usulan Gibran sebagai Bacawapres dalam Rapat Ketua Umum Koalisi

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra dan bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), kabarnya akan membahas kemungkinan mengusulkan Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), sebagai calon wakil presiden (bacawapres) dalam pertemuan dengan para ketua umum partai koalisi terkait Pilpres 2024.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, mengungkapkan bahwa nama Gibran, yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Solo, akan dibahas bersama dengan nama-nama lain yang diajukan sebagai calon wakil presiden yang potensial untuk mendampingi Prabowo.

Muzani menyatakan bahwa tujuannya adalah untuk mencapai kesepakatan bersama di antara para pemimpin partai koalisi yang mendukung Prabowo, termasuk masukan terkait Gibran dan calon wakil presiden lainnya.

“Dalam semangat kerjasama, tentu kami ingin memastikan bahwa keputusan ini adalah keputusan bersama. Nama-nama seperti Gibran dan yang lainnya akan diajukan oleh Pak Prabowo untuk dibahas bersama dalam pertemuan nanti,” ujarnya setelah menghadiri acara deklarasi relawan di Cikini, Jakarta Pusat, pada hari Senin (9/10).

Muzani mengaku pihaknya telah menerima sejumlah nama yang diusulkan untuk menjadi pendamping Prabowo di Pilpres 2024. Salah satunya adalah Gibran yang teranyar diusulkan DPC Gerindra Tangerang Selatan hasil Rakorcab pada Minggu (8/10).

Menurut Muzani, Prabowo terus mencermati semua nama yang diusulkan. Namun, semua nama itu tetap harus dibahas bersama dengan para ketua umum partai pengusung.

“Hari ini Pak Prabowo terus mendengar, memahami dan menyimak semua pandangan-pandangan yang berkembang,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Tangerang Selatan sepakat mengusulkan Gibran sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Usulan tersebut merupakan hasil Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) Gerindra Tangsel yang digelar Minggu (8/10). Rapat turut dihadiri Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

“Dalam Rakorcab ini, kami DPC Partai Gerindra Tangerang Selatan memberikan rekomendasi yaitu, mengusulkan Gibran Rakabuming untuk menjadi cawapres Pak Prabowo di Pilpres 2024,” ujar Ketua DPC Gerindra Tangsel, Li Claudia Chandra di Hotel Trembesi Tangsel.

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan sejumlah nama yang diusulkan untuk menjadi bacawapres Prabowo selain Gibran adalah Ketua Umum Golkar yang juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, dan Menteri BUMN yang juga Ketum PSSI Erick Thohir.

Kemudian ada juga mantan Gubernur Jawa Barat yang kini politikus Golkar Ridwan Kamil, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Mari kita menunggu, bersabar. Pada waktunya tentu akan diumumkan siapakah nanti,” kata Riza di Sekretariat PBB, Jakarta Selatan, Minggu (8/10).

Terpisah, Prabowo mengaku menerima usulan agar dirinya menggandeng Gibran sebagai bacawapres di Pilpres 2024. Salah satunya dari Kelompok relawan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) yang baru mengadakan kegiatan di Jakarta dan dihadiri Jokowi.

Prabowo mengatakan soal Gibran itu, dia mendengar juga harapan serupa di daerah-daerah.

“Saya paham keinginan generasi muda untuk berpartisipasi secara aktif untuk memiliki sesuatu perwakilan yang nyata di dalam perpolitikan Indonesia, dan saya mengerti, di daerah pun saya mendengar harapan-harapan seperti itu,” kata Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Sabtu (7/10) malam.

Namun, Prabowo menegaskan Gerindra tergabung dengan Koalisi Indonesia Maju yang berisi banyak partai. Oleh karenanya, ia mengatakan usulan itu akan dikomunikasikan dengan partai lain dalam koalisi.

“Kita punya kesepakatan adalah ketua-ketua umum akan musyawarah mufakat untuk bersama-sama memutuskan siapa wakil presiden, jadi yang penting saya terima masukan dari saudara-saudara dan akan saya bawa ke forum Koalisi Indonesia Maju,” katanya.

Bagikan

Also Read