NasionalFeatured

3 Daftar Gunung Erupsi Siap Meletus Di Indonesia Warga Setempat Di Harap Waspada

Nasional – 3 Daftar Gunung Erupsi Siap Meletus Di Indonesia Warga Setempat Di Harap Waspada, Indonesia tahun di akhir 2018 ini nampaknya sedang dihadapkan dengan berbagai bencana, diawali dengan bencana gempa yang cukup besar terjadi Di Lombok, dan dilanjutkan beberapa gempa dengan kekuatan medium di daerah Sumatera dan SElatan Pulau jawa.

Dan yang paling baru adalah bencana gempa serta Tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala. Nampaknya rentetan bencana ini bukan kebetulan tapi memang gerak lempeng bumi tengah aktif – aktifnya. Dan semoga para korban bencana selalu diberi ketabahan dan kekuatan.

Di samping Dua gempa dan Tsunami yang telah terjadi ternyata beberapa Gunung Merapi yang tengah akrif dan sedang erupsi di Indonesia , berikut daftar gunung Berapi yang sedang aktif dan dalam status Waspada

Daftar Gunung Erupsi Siap Meletus Di Indonesia

 

Gunung Anak Krakatau Erupsi Sampai 156 Kali

Berdasarkan pantauan sejak 2 Oktober hingga hari ini, Gunung Anak Krakatau telah meletus 156 kali.

“Visual pada malam hari dari CCTV, teramati sinar api dan lontaran pijar ke segala arah. Ombal laut tenang,” kata petugas pos pantau Gunung Anak Krakatau Pasauran, Kabupaten Serang, Banten, Deny Mardiono, melalui pesan singkat, Rabu (03/10/2018).

Suara letusan gunung berapi berketinggian 338 meter dari permukaan laut (MDPL) itu, bahkan terdengar hingga ke pos pantau yang jaraknya sekitar 42 kilometer.

Baca juga :  Tiba di Bandara Juanda, Korban Gempa dan Tsunami Sulteng…

“Terdengar suara dentuman dan getaran kaca dirasakan lemah hingga kuat di pos,” terang Deny.

Jumlah letusan Gunung Anak Krakatau sebanyak 156 kali itu berdurasi antara 29 sampai 305 detik, dengan amplitudo 30 sampai 51 mm.

Gempa tremornya berjumlah tiga kali dengan amplitudo 10 sampai 15 mm dan durasi 24 sampai 27 detik. Meski begitu, statusnya tetap di level II atau Waspada.

“Rekomendasi PVMBG, masyarakat tidak boleh mendekati GAK dalam radius 2 km dari kawah. Masyarakat di wilayah pantai Banten dan Lampung harap tenang. Jangan mempercayai isu-isu tentang erupsi GAK yang akan menyebabkan tsunami,” jelasnya.

Gunung Soputan Masih Aktif mengeluarkan Awan Panas

ktivitas Gunungapi Soputan, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut) masih mengeluarkan awan panas dan gemuruh. Berdasarkan Pengamatan Pos Penjagaan Soputan, awan panas terlihat hingga pukul 04:09 Wita, arah ke timur laut, dengan jarak luncur tidak teramati.

“Letusan stromboli masih terlihat dengan estimasi tinggi 100-200 meter. Sedangkan kegempaan Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 20-41 mm (dominan 41 mm),” ungkap petugas Pengamatan Pos Penjagaan Soputan, Asep Saefuloh, Kamis (4/10/2018).

Asep menyebutkan, dari visual tampak gunung masih jelas. Asap kawah bertekanan lemah, sedang, hingga kuat teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal dan tinggi 2000-2500 meter di atas puncak kawah.

Baca juga :  Gunung Soputan Meletus, Diduga Rentetan Efek Dari Gempa Palu…

“Masih terdengar suara gemuruh dengan lemah-sedang hingga kuat dari lapangan ke pos,” jelasnya.

Dia menyarankan agar masyarakat tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 km dari puncak Gunung Soputan dan di dalam area perluasan sektoral ke arah Barat-Baratdaya sejauh 6,5 km dari puncak yang merupakan daerah bukaan kawah untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas.

Apalagi, kata dia, telah terjadi lagi erupsi Gunung Soputan, pukul 06:36 Wita dengan tinggi kolom abu teramati ±1.500 meter di atas puncak (±3.309 meter di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah barat daya dan barat.

Gunung Gamalama DI Maluku Utara Mulai Ber Erupsi

Badan Geologi Kementerian ESDM menginformasikan adanya erupsi Gunung Gamalama, Maluku Utara, pada hari ini pukul 11.52 WIT.

Erupsi terjadi dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 250 meter di atas puncak (sekitar 1.965 meter di atas permukaan laut).

Badan Geologi menyatakan kolom abu tersebut teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong kea rah barat laut.

“Gunung Gamalama mengalami erupsi minor, diawali dengan peningkatan kegempaan vulkanik yang sangat singkat. Sekitar 1 jam sebelum kejadian erupsi terekam 8 gempa vulkanik,” jelas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Badan Geologi dalam keterangan tertulis, Kamis (4/10/2018).

Saat ini Gunung Gamalama berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi:

1. Masyarakat di sekitar Gunung Gamalama dan pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 1.5 km dari kawah puncak Gunung Gamalama

2. Pada musim hujan, masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Gamalama agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar.

 

Daftar Gunung Erupsi Siap Meletus Di Indonesia

moch akbar fitrianto

Jurnalis Dari Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 10 tahun. Tulisan berita Lamongan, umum, prediksi bola , dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button