Begini Komentar Anies Soal Hasil Akhir Pemilu 2024, Paslon 02 Prabowo Gibran Menang

moch akbar fitrianto

Begini Komentar Anies Soal Hasil Akhir Pemilu 2024, Paslon 02 Prabowo Gibran Menang
Bagikan

Nasional – Capres nomor urut 01 Anies Baswedan, Memberikan pernyataan resminya setelah KPU mengumumkan Hasil pilpres 2024. Seperti diketahui, KPU menetapkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, sebagai pemenang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024. Penetapan itu disampaikan Ketua KPU Hasyim Asy’ari dalam rapat pleno di kantor KPU, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Anies mengatakan, dalam sebuah pemilihan, proses itu tidak kalah penting dari hasilnya. Proses pemilihan itu penting untuk dipastikan terbuka, adil, jujur, bebas dari berbagai macam tekanan.

Baca juga : RESMI, Pasangan Prabowo Gibran Menangi Pilpres 2024 Satu Putaran

“Untuk apa? Untuk menjamin bahwa semua suara yang memenuhi syarat akan didengar, akan dihormati. Proses pemilihan ini penting untuk dijaga agar memastikan legitimasi kepercayaan dan inklusivitas hasilnya,” ujar Anies dalam keterangan yang diunggah di kanal youtube Anies Baswedan.

Menurut dia, tanpa proses yang kredibel, legitimasi calon yang terpilih atau legitimasi keputusan bisa menyebabkan keraguan.

“Maka menjaga integritas pemilihan adalah fundamental untuk kelangsungan demokrasi dan untuk terpenuhinya aspirasi masyarakat secara keseluruhan. Atas dasar itu izinkan kami sampaikan pernyataan untuk menanggapi proses pemilu yang sejak awal hingga kini,” kata Anies.

Bagikan

Also Read