Pengumuman Cawapres Ganjar: Apakah Megawati akan Memilih Khofifah, Mahfud, atau Lainnya?

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Ganjar Pranowo, calon presiden yang diusung oleh PDI Perjuangan dan PPP, telah memberikan beberapa komentar terkait isu-isu seputar calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam Pemilihan Presiden 2024. Ia telah mengomentari setidaknya lima nama yang sedang beredar.

Pertama, Ganjar menyebut Mahfud Md, yang saat ini menjabat sebagai Menko Polhukam. Selanjutnya, ia menyebut Sandiaga Uno, yang menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ia juga menyebut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, serta eks Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Menurut Ganjar, semua nama-nama ini dianggapnya sebagai calon yang ideal, karena semuanya memiliki pengalaman dalam dunia pemerintahan.

Namun, ketika ditanya secara lebih khusus mengenai pandangannya terhadap Mahfud MD dan Sandiaga Uno, Ganjar menyatakan bahwa keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Ia juga mengakui bahwa ia memiliki kedekatan dengan keduanya.

“Pak Mahfud pernah di kampus. Pak Mahfud dibanding Pak Sandi di dunia pendidikan saya kira Pak Mahfud lebih banyak tampil, tapi kalau di dunia usaha Pak Sandi kayaknya lebih hebat. Jadi dua-duanya orang yang punya pengalaman, dan dua-duanya saya dekat,” ungkap Ganjar saat menyambangi Gedung Transmedia, Jakarta, Senin lalu seperti ditulis Sabtu (30/9/2023).

Bukan hanya Sandiaga dan Mahfud, ada juga sosok Khofifah yang masuk kandidat kuat Cawapres Ganjar.

“Semua masih, semua masih. Semua punya kesempatan yang sama, tinggal komunikasinya saja. Biarkan para pengambil keputusan yang sudah diberikan kewenangan berbincang terlebih dahulu. Nanti at the end pasti akan diumumkan dan saatnya nanti pasti saya diajak. Yang cocok satu visi,” terang Ganjar di sela-sela acara Rakernas IV PDIP, Jumat (29/9).

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pendamping bakal capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 segera diumumkan. Pengumuman sosok cawapres Ganjar ini bakal disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Terkait dengan siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar sudah mengalami kajian yang mendalam tinggal menunggu momentum yang tepat nantinya akan diumumkan oleh Ibu Megawati,” kata Hasto.

Hasto menyebut sosok bakal cawapres Ganjar juga sudah didiskusikan secara mendalam oleh para Ketum Parpol koalisi. Dia mengatakan Megawati juga sudah beberapa kali berdialog dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal nama cawapres Ganjar.

Bagikan

Also Read