Google Doodle Merayakan Ulang Tahun ke-25 Google Inc Hari Ini

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Pada hari Rabu, 27 September 2023, Google Doodle merayakan momen spesial yaitu ulang tahun ke-25 Google Inc.

Dalam perayaan ini, Doodle Google menghadirkan tampilan yang sangat istimewa dengan mengubah-ubah logo Google secara kreatif.

Dalam animasi Doodle ini, kita dapat melihat evolusi logo Google dari versi jadul hingga yang lebih modern dengan sentuhan warna-warni yang khas.

Puncak dari animasi Doodle ini adalah saat angka 25 digunakan sebagai pengganti huruf ‘oo’ di bagian tengah kata “Google,” menambahkan sentuhan khusus yang merayakan peristiwa bersejarah ini.

Jika Anda memutuskan untuk mengklik Doodle Google ini, Anda akan dihadapkan pada animasi yang menggambarkan lembaran kertas berwarna-warni yang berhamburan, mengisi sebagian layar perangkat Anda.

Sebuah simbolisasi yang menyenangkan dari kreativitas dan warna yang selalu menjadi bagian integral dari identitas Google.

Google juga menyertakan pesan dalam perayaan ini, mengatakan, “Doodle hari ini merayakan tahun ke-25 Google.

Meskipun kami di Google selalu berorientasi pada masa depan, ulang tahun juga merupakan waktu yang baik untuk merenung. Mari kita telusuri sejarah perjalanan kita dan melihat bagaimana kami dilahirkan 25 tahun yang lalu.”

Pesan ini mencerminkan semangat inovasi Google yang terus berkembang, sambil tetap menghormati akar dan perjalanan mereka sepanjang dua setengah dekade terakhir.

Google dibentuk pada 27 September 1998 oleh dua sahabat Sergey Brin dan Larry Page. Mereka bertemu di program ilmu komputer Universitas Stanford pada akhir tahun 90an.

“Mereka memiliki visi yang sama: menjadikan World Wide Web sebagai tempat yang lebih mudah diakses. Brin dan Page bekerja tanpa kenal lelah dari kamar asrama mereka untuk mengembangkan prototipe mesin pencari yang lebih baik,” ungkap Google.

Ketika mereka mencapai kemajuan dalam proyek tersebut, mereka memindahkan operasinya ke kantor pertama Google–sebuah garasi sewaan. Pada tanggal 27 September 1998, Google Inc. resmi lahir.

“Banyak yang telah berubah sejak tahun 1998, termasuk logo kami seperti yang terlihat pada Doodle hari ini. Namun, misinya tetap sama: mengatur informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses dan berguna secara universal,” Google mamaparkan.

Saat ini, miliaran orang dari seluruh dunia menggunakan Google untuk menelusuri, terhubung, bekerja, hingga bermain.

Seperti yang ditulis oleh CEO Google Sundar Pichai awal bulan ini, ia menyebut merupakan suatu kehormatan besar untuk mencapai pencapaian ini dan perusahaan tidak melakukannya sendirian.

“Kami mungkin sebuah perusahaan teknologi, namun Google bisa menjadi seperti sekarang ini berkat manusianya: karyawan kami, mitra kami, dan yang paling penting, semua orang yang menggunakan produk kami,” ujar Pichai.

“Jadi saat kami merayakan ulang tahun kami yang ke 25 hari ini, kami juga merayakan 25 tahun rasa ingin tahu Anda. Bagaimanapun, rasa ingin tahu Andalah yang mendorong kami untuk maju,” sambungnya.

Pichai menuturkan, pada tahun 2000 begitu banyak orang bergegas ke Google untuk mencari foto gaun Grammy Jennifer Lopez sehingga menjadi permintaan pencarian paling populer. Pencarian itu menghasilkan 10 tautan biru, tetapi tidak ada tautan hijau.

“Jadi teknisi kami mulai bekerja, melakukan brainstorming cara-cara baru untuk mengindeks gambar di samping halaman web, dan lahirlah Google Image, yang memungkinkan Anda menemukan satu foto yang sedang Anda cari dengan lebih cepat dibandingkan sebelumnya,” ungkap Pichai.

Itu adalah siklus yang berulang di Google selama seperempat abad terakhir. Dari banyak orang yang ingin tahu cara mengikat tali pernikahan atau merencanakan tempat untuk menikah hingga ingin tetap sehat atau tetap mendapat informasi.

“Kami merayakannya dengan cara yang mungkin Anda harapkan selama seperempat abad terakhir. Doodle beranda kami hari ini menghormati evolusi logo Google, dan jika Anda menelusuri (atau menyenandungkan) pertanyaan terkait ulang tahun, Anda mungkin akan melihat sedikit kejutan. Tapi yang terpenting, kami ingin mengucapkan terima kasih,” tulis Google.

“Kami juga merasa tersanjung dengan peluang yang ada di depan, dan potensi AI untuk membantu kami terus mewujudkan misi kami dan meningkatkan taraf hidup lebih banyak orang di seluruh dunia,” Google melanjutkan.

Seperti yang ditulis Sundar Pichai, “Pencarian jawaban kami akan mendorong kemajuan teknologi yang luar biasa selama 25 tahun ke depan. Kami bersemangat untuk membangun masa depan bersama Anda.”

Bagikan

Also Read