Mendikbutristek Nadiem Makarim Berkomentar tentang Kebakaran di Museum Nasional: “Sangat Menyedihkan”

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyatakan perasaan kesedihannya terkait kebakaran yang terjadi di Museum Nasional. Dia mendesak pihak kepolisian untuk segera memulai penyelidikan guna menentukan penyebab kebakaran tersebut.

Nadiem mengungkapkan, “Ini merupakan suatu kejadian yang sangat menyedihkan. Kami sudah berbicara dengan aparat kepolisian untuk segera menginvestigasi penyebab dan alasan di balik kebakaran ini.” Pernyataan ini disampaikan Nadiem di lokasi Museum Nasional, Jakarta Pusat, pada dini hari Minggu (17/9/2023).

Menurut Nadiem, salah satu prioritas utama saat ini adalah menjalankan inventarisasi artefak dan barang bersejarah yang tersimpan di dalam museum. Namun, ia menegaskan bahwa hal tersebut belum dapat dilakukan pada malam kejadian karena ada kendala keamanan yang perlu diatasi.

Nadiem menjelaskan, “Hal yang sangat penting saat ini adalah memastikan keamanan struktural gedung-gedung museum. Oleh karena itu, saya belum dapat memasuki bangunan-bangunan tersebut untuk melakukan inventarisasi atas barang-barang di dalamnya. Prioritas utama saat ini adalah memastikan keamanan struktural sebagai yang terpenting.”

Sebelumnya, Keterangan dari Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, menyebut kebakaran Museum Nasional itu bersumber dari pendingin udara (AC). Dia menyebut ada letupan.

“Ada letupan AC yang mengakibatkan adanya api, terjadi perambatan ke sisi Gedung A1 bagian belakang,” kata Satriadi Gunawan.

Berdasarkan keterangan Suku Dinas Gulkarmat Jakpus, kebakaran ini terjadi pukul 20.00 WIB , waktu pelokalisiran api pukul 20.40 WIB, dan waktu pendinginan pukul 21.47 WIB. Proses pemadaman selesai pukul 00.15 WIB.

Bagikan

Also Read