3 Hektar Lebih, Hutan di Wilayah Petak 88, KRPH Grogolan, KPH Bojonegoro, Alami Kebakaran

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pada musim kemarau tahun ini, telah berkai-kali terjadi kebakaran hutan di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur.

Seperti halnya dengan kebakaran hutan kali ini, terjadi di Lahan Hutan Jalan Khayangan Api, turut Desa Ngunut RT 021, RW 004, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, Selasa (22/8/2023).

Kebakaran hutan jati tersebut berada di Petak 88, KRPH Grogolan, BKPH Dander, KPH Bojonegoro itu, dilaporkan oleh Siti Aula Magfirotin yang beralamatkan di Desa Pelem, Kecamatan Purwosari, Bojonegoro.

Pelapor memiliki kepedualian yang cukup tinggi terhadap kelestarian hutan. Dimana, saat yang bersangkutan sedang melintas, melihat ada kobaran api di wilayah hutan, kemudian dia membuat laporan via handphone lengkap dengan video dan lokasi kejadian kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan penyelamatan (Damkarmat) Bojonegoro yang berada di Jalan Ahmad Yani, Bojonegoro Kota.

Kebakaran tersebut diperkirakan terjadi sekira pukul 17.15 WIB dan dilaporkan sekira pukul 17.31 WIB. Memperoleh laporan tersebut pihak Dinas Damkarmat Bojonegoro, langsung menugaskan petugas Damkarmat Pos Kota dan mereka tiba di lokasi Tempat Kejadian Kebakaran (TKK) sekira pukul 17.54 WIB.

Guna memadamkan amukan Si Jago Merah, Dinas Damkarmat Bojonegoro menerjunkan 1 (satu) Unit Fire Truck Firedoom dan 1 (satu) Unit Water Suply dari Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Bojonegoro.

“Kita terjunkan 7 (tujuh) Personil Gabungan dari Dinas Damkarmat Bojonegoro dan BPBD Bojonegoro. Dan alhamdulillah, kebakaran dapat dipadamkan sekira pukul 18.35 WIB,” demikian dikatakan Kepala Dinas Damkarmat Bojonegoro Ahmad Gunawan, Selasa (22/8/2023) malam.

Lanjut Mas Gun –demikian, Kepala Dinas Damkarmat Bojonegoro, Ahmad Gunawan, akrab disapa- beruntung tak ada korban jiwa dan asset berhasil terselamatkan.

“Dalam kebakaran dengan luas lahan sekitar 3 (tiga) hektar tersebut, belum diketahui penyebabnya,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Petugas Damkarmat juga memberikan sosialisasi kepada pelapor dan warga masyarakat setempat terkait bagaimana cara mencegah kebakaran, penanganan awal kebakaran, sosialisasi terkait tupoksi Dinas Damkarmat Bojonegoro serta pembagian nomor Call Center jika terjadi kebakaran bisa segera melaporkannya.

Adapun unsur yang terlibat dalam pemadaman, yakni, Dinas Damkarmat Bojonegoro, BPBD Bojonegoro, Personil Perhutani, Pelapor dan warga masyarakat setempat.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read