Showbiz Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur Bagi Perempuan yang Sedang Hamil Rakyatnesia

Nurul Syahadatin

Bagikan

[ad_1]

Rakyatnesia – Perempuan yang sedang hamil sebaiknya menghindari terekspos cahaya atau lampu di malam hari.

Russel J. Reiter, professor dari University of Texas health Science Center di San Antonio menyebutkan, tidur dalam kondisi gelap ternyata memainkan peran penting terhadap tingkat reproduksi wanita dan perlindungan terhadap janin.

Dari penelitian yang dijalankan, ditemukan bahwa setiap kali lampu dihidupkan pada malam hari, berpotensi menurunkan produksi melatonin. Melatonin merupakan hormon yang merespons terhadap kegelapan dan mengatur jam biologis tubuh.

Bagi wanita yang tengah mengandung, hormon ini memiliki antioksidan tinggi yang membantu melindungi induk telur dari kerusakan terutama saat seorang wanita mengalami ovulasi, demikian dilansir Huffington Post beberapa waktu lalu.

“Jika seorang wanita sedang berusaha untuk hamil, sebaiknya mendapatkan tidur setidaknya 8 jam dalam keadaan gelap di malam hari,” ungkap Reiter.

Dia menyarankan agar siklus tidur dalam kondisi gelap dilakukan secara rutin setiap hari. Jika tidak, hal ini dapat berakibat terhadap jam biologis tubuh yang tidak menentu.

Menghidupkan lampu di malam hari disebut dapat menekan produksi melatonin yang akhirnya berpengaruh terhadap jumlah melatonin dalam otak serta fungsinya sebagai jam biologis. Pada akhirnya, kondisi ini juga mempengaruhi tingkat fertilitas seorang wanita.

Namun, bagi Anda yang terbiasa tidur menggunakan lampu, dapat mencari alternatif dengan menggunakan lampu berwarna merah, kuning, atau biru.

KOMENTAR

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi Rakyatnesia. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

sumber artikel : Tabloid bintang.com

Bagikan

Also Read

Tags