Berita Jatim Rekor Pandemi, Sehari 18 Jenazah Covid-19 Dimakamkan di Kota Malang

Nur Chafshoh

Bagikan

[ad_1]

Malang (Rakyatnesia) – Pemulasaraan jenazah Covid-19 di Kota Malang pecah rekor selama pandemi. Dalam sehari sebanyak 18 jenazah positif Covid-19 dimakamkan di sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Malang, Senin (28/6/2021).

“18 kali pemakaman ini memecahkan rekor terbanyak sejak awal pandemi, untuk hari ini. Sebelumnya yang terbanyak di bulan Januari  2021 lalu, ada 17 pemakaman dalam sehari,” ujar Kepala UPT Pemakaman DLH Kota Malang, M Taqruni Akbar.

 

Tingginya angka kematian pasien Covid-19 akibat tingginya jumlah penyebaran Covid-19 di Kota Malang. Klaster perkampungan menjadi salah satu klaster penularan terbanyak. Daerah yang sebelumnya zona kuning ini kini berubah menjadi zona oranye.

“Saya melihat ini karena kasusnya meningkat, kemudian varian virusnya yang baru lebih ganas. Saya khawatir lebih parah dari awal-awal dulu. Kalau lihat di daerah lain kan juga begitu, jadi perlu kesiapan yang matang dari kita (petugas pemakaman),” kata Taqruni.

Taqruni meminta masyarakat untuk terus disiplin dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Apalagi jumlah tenaga kesehatan termasuk petugas pemakaman Kota Malang juga terbatas. Untuk mengatasi melonjaknya angka kematian pasien Covid-19 tim gabungan pemakaman membagi menjadi dua regu.

“Kita mulai sejak pukul 10.00 WIB. Target kami rampung pada pukul 23.00 WIB. Kami membagi dua tim pemakaman. Ada tim A dan tim B. Karena ada dua tim, berarti jatah pemakamannya juga terbagi dua. Untuk tim saya (UPT Pemakaman DLH) ada delapan personel,” tandasnya. [luc/but]

sumber artikel : berita jatim.com

Bagikan

Also Read