Artis Jeff Smith Ditangkap Karena Gunakan Ganja, Berikut Faktanya

38

Berita Artis Rakyatnesia – – Artis sinetron Jeff Smith harus berurusan dengan polisi karena penggunaan narkotika. Salah satu jenis narkoba menjadi barnag bukti ditangkapnya artis muda dan ganteng itu. Jeff Smith ditangkap Unit I Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat pada Kamis 15 April 2021 lalu. Jeff Smith ditangkap tim yang dipimpin AKBP Ronaldo Maradona Sitepu dan AKP Arif Oktora, setelah mendapatkan informasi terkait penyalahgunaan ganja.

Jeff Smith ditangkap di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Polisi lalu menggeledah mobil miliknya saat itu dan menemukan barang bukti ganja yang tercecer.

“Kami mendapatkan juga barang bukti ganja sedikit karena dapat di mobil yang sudah tersebar. Barang bukti itu tapi positif ganja. Hasil cek urine positif, garisnya tegas, urinenya mengandung ganja,” ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo dalam jumpa pers di kantornya, Jl S Parman, Slipi, Jakbar, Senin (19/4/2021).

Atas penyalahgunaan ganja ini, Jeff Smith dijerat Pasal 111 ayat 1 dan Pasal 127 ayat 1 Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

Baca juga : Dota Dragon Bloods Dari Game Dota 2, Synopsis Dan Perbandingan Dengan Aslinya

Berikut sejumlah hal yang terungkap dalam penangkapan Jeff Smith:

  1. Pakai Ganja Sejak Lulus SMA

Polisi mengungkapkan Jeff Smith sudah sejak lama kenal ganja. Setidaknya, Jeff Smith pertama kali kenal ganja sejak tamat Sekolah Menengah Pertama (SMA).

“Yang bersangkutan (Jeff Smith) mulai menggunakan ganja pada saat setelah selesai SMA,” kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo dalam konferensi persnya, Senin (19/4/2021).

Akibat ketergantungan pada ganja itu, Jeff Smith juga pernah direhabilitasi.

“Pernah dilakukan rehab pada Desember 2020, rehab mengajukan sendiri,” ujarnya.

  1. Pernyataan Kontroversial soal Ganja

Jeff Smith mengungkapkan pernyataan kontroversial soal ganja. Menurut Jeff Smith, ganja tidak layak dikategorikan sebagai narkotika Golongan I.

“Ganja tidak layak dikategorikan (sebagai) narkotika golongan 1,” kata Jeff Smith di Polres Metro Jakbar, Jl S Parman, Slipi, Senin (19/4/2021).

Jeff Smith kemudian meminta pemerintah melakukan penelitian soal ganja.

“Secepatnya Indonesia harus melakukan penelitian,” imbuhnya.

  1. Pakai Ganja Seminggu Sebelum Ditangkap

Polisi mengungkapkan hasil tes urine Jeff Smith positif ganja. Polisi menyebut Jeff Smith mengkonsumsi ganja seminggu sebelum ditangkap.

“Dari hasil cek urine bahwa garis cukup jelas yang bersangkutan positif. Prediksi kami terakhir gunakan seminggu yang lalu, dari hasil garis indikator,” ucap Ady Wibowo.

Ady mengatakan Jeff Smith mengaku mengkonsumsi ganja untuk memudahkan tidur.

“Jadi menurut pengakuannya, ganja ini untuk memudahkan tidur karena mungkin stres. Dia menggunakan ganja untuk memudahkan tidur,” ujarnya.

Fakta Penangkapan Jeff Smith Karena Penggunaan ganja

Artis Jeff Smith Ditangkap Karena Gunakan Ganja, Berikut Faktanya 1

Polisi Temukan Buku tentang Ganja

Fakta lain terungkap dalam kasus penyalahgunaan narkoba yang menjerat aktor Jeff Smith. Polisi menemukan buku tentang tanaman ganja saat menggeledah kediaman Jeff Smith.

Kanit I Satres Narkoba Polres Jakbar AKP Arif Purnama Oktora menyebut, ada empat buku yang membahas tentang ganja didapati penyidik dari kediaman Jeff Smith.

“Iya betul ditemukan empat buah buku bacaan mengenai ganja (di kediamaan Jeff Smith),” kata Arif dalam keterangannya, Sabtu, 17 April 2021.

Arief mengaku sedang mendalami temuan buku bacaan seputar tanaman ganja yang diduga milik Jeff Smith.

Pengakuan Jeff Smith kepada penyidik, buku itu dibeli secara online. “Keterangannya pesan dari online shop pada 2020,” tandas Arif.

Mengonsumsi ganja ternyata bukan hal baru buat Jeff Smith. Sebab sejak lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), pria keturunan Amerika tersebut sudah terbiasa mengisap ganja yang sampai akhirnya ditangkap polisi pada 15 April 2021.

Bahkan pemilik nama asli Mark Jeffry Smith itu mengaku pernah menjalani rehabilitasi, karena ketergantungan barang haram tersebut.

“Yang bersangkutan (Jeff Smith) juga pernah dilakukan rehabilitasi pada Desember 2020,” ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo di Polres Jakarta Barat, Senin, 19 April 2021.

Saat itu kata Ady Wibowo, Jeff Smith menjalani rehabilitasi atas keinginan pribadi dan bukan karena tersandung kasus hukum. Namun rehabilitasi itu dirasa tak berhasil.

“Rehabilitasi biasa, mengajukan sendiri, bukan dalam konteks tertangkap,” ucap Ady.

Aktor Jeff Smith meminta maaf kepada berbagai pihak atas penyalahgunaan narkoba jenis ganja. Kasusnya ditangani Polres Metro Jakarta Barat.

“Saya meminta maaf sebesar-besarnya kepada keluarga besar saya dan orang-orang yang saya sayangi,” tutur Jeff Smith di Polres Jakarta Barat, Senin, 19 April 2021.

“Dan juga ingin meminta maaf kepada seluruh warga Indonesia karena saya sudah menjadi contoh yang tidak baik dan sudah melakukan hal yang tidak patut dicontoh,” sambung dia.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More