Ini Profil Shayne Pattynama, Pemain Blasteran Maluku Belanda Siap Bela Timnas Indonesia

moch akbar fitrianto

Bagikan

Ini Profil Shayne Pattynama, Pemain Blasteran Maluku Belanda Siap Bela Timnas Indonesia

TRIBUNTORAJA.COM – Shayne Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah menjalani sumpah setia kewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Selasa (24/1/2023) kemarin.

Saat pengambilan sumpah, pemain kelahiran 11 Agustus 1998 tersebut ditemani oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, dan delegasi PSSI yang mengorganisir naturalisasi, Hamdan Hamedan.

Pemilik nama lengkap Shayne Elian Jay Pattynama ini akan menjadi amunisi gres Timnas Indonesia.

Kemampuannya tidak disangsikan lagi. Ia merupakan pemain profesional yang di sekarang ini membela klub Belanda, Eliteserien Viking FK.

Lantas, siapakah Shayne Pattynama?

Shayne lahir di Lelystad, Belanda, 11 Agustus 1998.

Ia merupakan blasteran Maluku-Belanda.

Darah Indonesia berasal dari ayahnya yang beretnis Maluku, tepatnya dari Pulau Haruku, Maluku Tengah, tetapi lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Shayne mulai bermain sepakbola sejak usia 6 tahun. Ia mulai bermain di tim SV Lelystad pada 2004-2007.

Posisinya selaku bek kiri dan gelandang bertahan.

Kemudian ia masuk Ajax anabawang pada 2007-2010 dan Utrecht pada 2010-2017.

Usia 19 tahun, ia mulai memperoleh kesepakatan profesional bareng Jong Utrecht tahun 2017. Ia bareng klub tersebut sampai 2019.

Dari situ, ia pindah ke Telstar, klub kasta kedua Liga Belanda pada viral 2019/2020. Dalam viral debutnya ia mencatat 18 adu kemudian meningkat menjadi 27 tampilan setahun berikutnya.

Kemudian, pemain berusia 24 tahun ini membela Viking FK, klub di Norwegia. Di viral 2021/2022 lalu,

Di klub tersebut, membukukan 42 adu dengan dukungan dua gol. Ia masih menjadi andalan kasta tertinggi liga Norwegia tersebut.

Ia ikut menolong Viking FK melaju ke pertunjukan Eropa di saat timnya berkompetisi di babak kualifikasi UEFA Conference League. Viking FK sempat mengalahkan Sparta Praha dan Sligo Rover tetapi mesti tumbang di tangan wakil Rumania, FCSB di fase play-off.

Sekarang, setelah naturalisasi, Shayne akan menjadi andalan gres timnas Indonesia. Ia bakal jadi salah satu acuan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Sebelumnya, Shayne masuk radar naturalisasi yang ditangani PSSI menurut anjuran sang instruktur Shin Tae Yong.

Shayne Pattynama mulai menjalani proses naturalisasi sejak simpulan Mei 2022. Pada November 2022, tuntutan naturalisasinya disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Kemudian pada permulaan Januari 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengabarkan bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi sudah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) perpindahan kewarganegaraan Shayne Pattynama.

Setelah ini, PSSI akan mengorganisir perpindahan perkumpulan Shayne Pattynama di FIFA dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI).

Jika tahapan itu berlangsung lancar, maka pemain berusia 24 tahun itu dapat memperkuat Timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode 20-28 Maret 2023.(*)

Bagikan

Also Read

Tags