7 Hari Jelang Pilpres 2024, Inilah Hasil Survei Capres Terbaru, 14 Forum Survei Prediksi 2 Putaran

moch akbar fitrianto

7 Hari Jelang Pilpres 2024, Inilah Hasil Survei Capres Terbaru, 14 Forum Survei Prediksi 2 Putaran

BANGKAPOS.COM – Hasil survei elekbalitas yang dijalankan sejumlah forum survei Pilpres 2024 masih menempatkan pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran pada posisi teratas.

Sedangkan pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar Mahfud saling kejar pada posisi dua.

Hasil survei ini tidak sanggup menyeleksi pasangan mana yang mau menang di Pilpres 2024 alasannya penentuannya diputuskan hasil penghitungan bunyi setelah pencoblosan tanggal 14 Februari 2024 nanti.

Hasil survei ini cuma selaku citra atau prediksi saja, tergolong soal kesempatan Pilpres 2024 berjalan satu atau dua putaran.

Berikut hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud menurut sejumlah forum survei.

1. Populi Center

Hasil survei elektabilitas capres dan cawapres modern dari Populi Center dirilis pada Rabu (7/2/2024).

Hasil survei modern Populi Center menampilkan elektabilitas paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, berada di posisi teratas.

Posisi kedua ditempati paslon nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Paslon nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, berada di posisi ketiga.

Dilaksanakan pada 27 Januari hingga 3 Februari 2024, berikut hasil survei Populi Center:

Prabowo-Gibran : 52,5 persen
Anies-Muhaimin : 22,1 persen
Ganjar-Mahfud : 16,9 persen
Belum menyeleksi : 6,3 persen
Menolak jawab : 2,2 persen

Analisa Populi Center menampilkan secara lazim Prabowo-Gibran mengalami peningkatan. Sementara itu, Anies-Muhaimin mengalami stagnasi, sedangkan Ganjar-Mahfud mengalami penurunan.

Survei ini disertai oleh 1.500 responden yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia.

Penentuan responden secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Pengambilan data dijalankan dengan wawancara tatap tampang lewat aplikasi survei Populi Center.

Margin of error survei ini kurang lebih 2,53 persen dan tingkat keyakinan 95 persen.

2. Charta Politika

Berdasarkan survei nasional modern Charta Politika yang digelar 4-11 Januari 2024, elektabilitas Prabowo-Gibran unggul dengan angka 42,2 persen, disusul Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas 28 persen, dan di posisi terakhir pasangan Anies-Muhaimin dengan elektabilitas 26,7 persen.

Dalam survei ini dikenali sebanyak 3,1 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Survei dikenali melibatkan 1.220 responden berusia di atas 17 tahun dan tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Survei Charta Politika ini dijalankan dengan sistem multistage random sampling.

Survei dijalankan secara tatap tampang dengan margin of error di angka 2,82 persen.

3. Poltracking Indonesia

Menurut survei nasional modern Poltracking Indonesia yang digelar 1-7 Januari 2024, elaktabilitas Prabowo-Girban berada di posisi teratas dengan angka 46,7 persen.

Kemudian disusul Anies-Muhaimin dengan elektabilitas 26,9 persen, serta Ganjar-Mahfud di posisi ketiga dengan elektabilitas 20,6 persen.

Survei ini dijalankan pada tanggal 1-7 Januari 2024 dengan sistem wawancara eksklusif atau tatap tampang eksklusif dengan responden terpilih.

Survei memakai multistage random sampling dengan jumlah 1.220 responden, margin of error +/- 2.9 persen dan tingkat keyakinan 95 persen.

4. Indikator Politik

Indikator Politik Indonesia mengerjakan survei terbarunya pada 30 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024.

Hasil surevei modern Indikator Politik Indonesia menampilkan elektabilitas Prabowo-Gibran berada di urutan pertama dengan angka 45,79 persen, disusul Anies-Muhaimin 25,47 persen, dan Ganjar-Mahfud di posisi tiga dengan elektabilitas 22,96 persen.

Dari temuan tersebut ditunjukkan adanya kenaikan elektabilitas dari pasangan Anies-Cak Imin.

Sementara elektabilitas Prabowo-Gibran mengalami stagnasi, dan Ganjar-Mahfud mengalami penurunan elektabilitas.

Hal tersebut apabila ketimbang hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dijalankan 27 Oktober 2023 hingga 1 November 2023.

Saat itu elektabilitas Anies-Cak Imin pada Oktober-November meraih 24,4 persen, Prabowo-Gibran 39,7 persen, dan Ganjar-Mahfud 30,0 persen.

Kemudian menurut survei Indikator periode 23 November 2023 hingga 1 Desember 2023, elektabilitas Anies-Cak Imin sebesar 22,8 persen, Prabowo-Gibran 45,8 persen, dan Ganjar-Mahfud 25,6 persen.

Diketahui Populasi survei ini seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam penyeleksian umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah saat survei dilakukan.

Penarikan sampel memakai sistem multistage random sampling.

Jumlah basis dalam survei sebanyak 1.220 orang yang berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional, kemudian dijalankan oversample di 13 provinsi.

Baca Juga  8 Butir Pernyataan Perilaku Alumni Uki Soal Kontroversi Putusan Mk Dan Majunya Gibran Di Pilpres 2024

Sebanyak 13 provinsi tersebut yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Bali, NTT, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan.

Total sampel sebanyak 4.560 responden.

Dengan estimasi sistem simple random sampling, ukuran sampel basis 4.560 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error–MoE) sekitar ±2 persen pada tingkat keyakinan 95 persen.

Sementara MoE di kawasan oversample Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dengan masing-masing sample 400 responden memiliki toleransi kesalahan (MoE) sekitar ± 5 persen pada tingkat keyakinan 95 persen.

Sumatera Utara, DKI Jakarta, dan Banten masing-masing sample 350 responden memiliki toleransi kesalahan (MoE) sekitar ± 5,3 persen pada tingkat keyakinan 95 persen.

Sumatera Selatan, Lampung, Bali, NTT, dan Sulawesi Selatan masing-masing sampel 300 responden memiliki toleransi kesalahan (MoE) sekitar ± 5,8 persen pada tingkat keyakinan 95 persen.

Aceh dan Sulawesi Utara masing-masing 250 responden memiliki toleransi kesalahan (MoE) sekitar ± 6,3 persen pada tingkat keyakinan 95 persen.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap tampang oleh pewawancara yang sudah dilatih.

Quality control terhadap hasil wawancara dijalankan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mengunjungi responden terpilih
(spot check).

5. Laboratorium Psikologi Politik UI

Survei Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia yang dijalankan pada jangka waktu 8 Januari 2024 hingga 16 Januari 2024 memotret elektabilitas Capres 2024 terkini.

Hasil survei Laboratorium Psikologi Politik UI menempatkan elektabilitas Prabowo-Gibran di posisi pertama dengan angka 43,9 persen.

{rabowo-Gibran disusul pasangan Anies-Muhaimin di posisi kedua dengan angka 27,2 persen.

Selanjut di posisi ketiga ditempati Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas 25,9 persen.

Selanjutnya sebanyak 2,8 persen responden menyatakan belum menyeleksi pilihannya.

Survei memakai memakai sistem multistage random sampling.

Jumlah sampel sebanyak 1.810 responden yang berasal dari 34 provinsi dengan proses pengambilan data secara tatap tampang dengan pengisian memakai mobile apps.

Dengan estimasi sistem simple random sampling, ukuran sampel 1.810 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error atau MoE) sekitar ±2.30 persen pada tingkat keyakinan 95 persen.

6. Polling Institute

Polling Institute mengerjakan survei modern pada 15-16 Januari 2024.

Hasil survei menampilkan elektabilitas Prabowo-Gibran masih memenangkan elektabilitas Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Prabowo-Gibran mengantongi elektabilitas 48,7 persen, disusul Anies-Muhaimin 23,0 persen, dan Ganjar-Mahfud 20,9 persen.

Survei ini melibatkan 1.219 responden, yang diwawancarai lewat sambungan telepon.

Populasi survei, warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki sambungan telepon, sekitar 83 persen dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dijalankan lewat sistem Random Digit Dialing (RDD).

Dengan teknik RDD, sampel sebanyak 1.219 responden diseleksi lewat proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9 persen pada tingkat keyakinan 95 persen, dan estimasi simple random sampling.

7. Lembaga Survei Indonesia (LSI)

Survei modern LSI dijalankan pada 10-11 Januari 2024.

Hasil survei LSI menampilkan elektabilitas Prabowo-Gibran unggul dengan angka 47 persen.

Kemudian elektabilitas Anies-Muhaimin berada di posisi kedua dengan angka 23,2 persen, dan Ganjar–Mahfud di posisi ketiga dengan angka 21,7 persen.

Kemudian, sekitar 8 persen resonden belum menampilkan pilihannya.

Populasi survei ini yakni warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83?ri total populasi nasional.

Sampel sebanyak 1.206 responden diseleksi secara acak lewat sistem Double Sampling, yakni pengambilan sample secara acak dari kumpulan data hasil survei tatap tampang yang dijalankan sebelumnya.

Margin of error survei diperkirakan ± 2.9 persen pada tingkat keyakinan 95 persen, estimasi simple random sampling.

Wawancara dengan responden dijalankan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

8. LSI Denny JA

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengerjakan survei modern pada 3-11 Januari 2024.

Baca Juga  Terpesona Pemuda Macho Yang Dimengerti Di Facebook, Perempuan Usia 57 Tahun Di Surabaya Kehilangan Ponsel

Hasil survei menampilkan elektabilitas Prabowo-Gibran unggul dengan angka 46,6 persen, disusul Ganjar-Mahfud dengan angka elektabilitas 24,8 persen, dan Anies-Muhaimin angka elektabilitasnya 22,8 persen.

Kemudian tercatat 5,3 persen responden yang belum menyeleksi pilihan.

Survei ini melibatkan 1.200 resonden.

Teknik pengumpulan data survei ini memakai wawancara tatap tampang dengan kuesioner. Margin of error survei ini +- 2,9 % .

9. SPIN

Survei & Polling Indonesia (SPIN) menggelar survei modern pada 8-14 Januari 2024.

Berdasarkan hasil survei yang dijalankan secara nasional, terungkap elektabilitas Prabowo-Gibran unggul di angka 50,9 persen.

Kemudian disusul Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas 23,5 persen.

Selanjutnya Anies-Muhaimin di posisi ketiga dengan angka 18,7 persen.

Survei melibatkan 2.178 responden memakai teknik multistage random sampling.

Angka margin of error kurang lebih 2,1 persen pada tingkat keyakinan 95 persen.

10. Roy Morgan

Lembaga survei asing, Roy Morgan, merilis hasil elektabilitas Capres 2024 .

Hasil survei yang dirilis pada Survei yang dirilis Kamis (1/2/2024), elektabilitas Prabowo-Gibran unggul dengan angka 43 persen, Ganjar-Mahfud berada di urutan kedua dengan elektabilitas 30 persen, dan Anies-Muhaimin berada di urutan ketiga dengan elektabilitas 24 persen.

Survei Roy Morgan ini digelar Desember 2023 terhadap 1.255 responden di seluruh Indonesia dengan usia di atas 17 tahun atau sudah memiliki hak pilih.

11. CSIS

Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang digelar periode 13-18 Desember 2023 mengungkap elektabilitas Prabowo-Gibran 43,7 persen, Anies-Muhaimin 26,1 persen, dan Ganjar-Mahfud 19,4 persen.

Survei dijalankan dengan wawancara tatap tampang yang melibatkan 1.300 responden di seluruh Indonesia.

Sedangkan penarikan simple memakai sistem Multistage Random Sampling. Sample yang diambil memikirkan proporsi antara jumlah pemilih dan jumlah sample setiap provinsi.

Sementara itu untuk margin of error survei ini meraih 2,7 persen dengan tingkat keyakinan meraih 95 persen.

12. LSJ

Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ) yang digelar pada 8-15 Januari 2024 terungkap elektabilitas Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar Mahfud di kawasan DKI Jakarta.

Menurut survei LSJ, elektabilitas Ganjar-Mahfud berada di bawah Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin.

Tercatat elektabilitas Prabowo-Gibran di DKI Jakarta sebesar 35,8 persen, disusul Anies-Muhaimin 33,5 persen, dan Ganjar-Mahfud 21,9 persen, serta Undecided 8,8 persen.

Dalam hasil survei modern LSJ tersebut, terlihat elektabilitas Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin berkompetisi ketat.

Sementara itu, Ganjar-Mahfud mesti berusaha keras untuk sanggup mendongkrak elektabilitasnya di kawasan Jakarta.

Diketahui survei LSJ ini melibatkan 880 responden di 5 kawasan kotamadya dan satu kabupaten administratif di Provinsi DKI Jakarta.

Populasi survei yakni seluruh warga DKI minimal berusia 17 tahun.

Survei dijalankan dengan memakai teknik wawancara tatap tampang oleh tenaga berpengalaman dengan bantuan/pedoman kuesioner.

Pemilihan sampel dijalankan dengan multistage random sampling dengan margin of error sekitar ±3,3 persen.

Peluang Pilpres 1 dan 2 Putaran

Mayoritas forum survei menyatakan Pilpres 2024 akan berjalan 2 putaran.

Dari 18 forum survei yang merilis hasil survei Pilpres 2024 cuma 4 forum survei menyatakan pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran bakal menang dalam satu putaran.

Sisanya, 14 forum survei menyatakan Pilpres 2024 akan berjalan dua putaran.

Seperti diketahui, sejumlah forum survei Pemilu kembali merilis hasil survei elektabilitas capres dan cawapres yang mau bertarung pada Pilpres 2024.

Hasil survei ini menjadi materi analisis lembaga-lembaga survei untuk menyaksikan kesempatan Pilpres 2024 berjalan 1 putaran dan 2 putaran.

Dalam konteks Pilpres 1 putaran, pasangan kandidat mesti menyanggupi tiga syarat sesuai dengan Pasal 6A angka 3 Undang-Undang Dasar 1945.

Mereka mesti mendapatkan bunyi lebih dari 50 persen yang tersebar di 20 provinsi, dengan setiap provinsi menampilkan bunyi di atas 20 persen.

Pasangan tersebut juga mesti unggul minimal 50 persen plus satu dan menang di 20 dari 38 provinsi.

Riko, Direktur Riset LSI Strategi mengatakan, Pilpres 2024 akan berjalan dalam 2 putaran.

“Karena kami mengkaji dan mengerjakan evaluasi secara mendalam.

“Berdasarkan catatan kami, ada 18 forum survei yang sudah rilis pada bulan Januari 2024, cuma terdapat 4 forum survei yang merilis dengan elektabilitas Prabowo-Gibran unggul 50 persen plus satu dan Anies -Muhaimin berada pada posisi ke dua, Ganjar – Mahfud di posisi ke-tiga,” ungkapnya dikutip Jumat, 2 Februari 2024.

Baca Juga  Harga Dan Spesifikasi Samsung S24 5G Di Indonesia, Ada Fitur Galaxy Ai, Harga Mulai Rp 13,9 Juta

“Artinya, menurut evaluasi dan hasil rilis yang sudh disampaian ke publik, lebih banyak didominasi forum survei menyatakan pilpres 2024 akan berjalan 2 putaran,” katanya.

Berdasar data tersebut, ada 18 forum survei yang sudah rilis, kata Riko dari LSI Strategi, ada 14 forum survei yang menggambarkan potensi kemungkinan terjadinya 2 putaran lebih besardengan 2 paslon yang mau bertarung di putaran ke 2 yakni Pasangan Prabowo -Gibran dan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar atau pasangan 01 dan 02,” katanya dalam pemberitahuan tertulis terhadap media pada 2 Februari 202 dikutip dari Tribunnews.com

Riko mengatakan, pihaknya juga mengerjakan survei pada selesai bulan Desember 2023, LSI Strategi memprediksikan bahwa Pilpres 2024 akan berjalan 2 putaran dengan hasil survei Anies – Muhaimin 26,7 persen, Prabwo – Gibran 45,3 persen, dan Ganjar – Mahfud 22,6 persen dengan jumlah responden 1.200 dan margin of eror 2,5 persen.

Menurut dia, program debat Pilpres terakhir menjelang hari H pemungutan bunyi akan ada pergerakan pertolongan paslon yang memungkinkan angkanya sanggup naik dan turun.

“Belum lagi undecided voters yang angkanya condong sedikit, tetapi memiliki daya ungkit yang luar biasa, sanggup jadi setelah menonton debat capres terakhir pada 4 Februari mendatang, jumlah undecided voters kian menipis dan angka pertolongan paslon kian terlihat atraktif,” ujarnya.

Berikut survei soal kesempatan Pilpres 2024 berjalan satu putaran dan dua putaran menurut hasil survei dari sejumlah forum survei.

Prediksi 1 Putaran

1. Political Weather Station (PWS) Anies-Muhaimin sebesar 21,30 persen, Prabowo-Gibran 52,30 persen, Ganjar-Mahfud 19,70 persen dan Undecided Voter 6,70 persen

2. Indonesia Survey Center (ISC) Anies-Muhaimin 21,70 persen, Prabowo-Gibran 52 persen, Ganjar-Mahfud 18,10 persen dan Undecided Voter 8,20 persen

3. Lembaga survei SPIN Anies-Muhaimin 18.70 persen, Prabowo-Gibran 50,90 persen, Ganjar-Mahfud 23,50 persen, undecided voter 6,90 persen

4. (LSI) Denny JA, Anies-Muhaimin 22 persen, Prabowo-Gibran 50.70 persen, Ganjar-Mahfud 19.70 persen, Undecided Voter 7,60 persen.

Prediksi 2 Putaran

1. Indikator Politik Indonesia Anies-Muhaimin 25 persen, Prabowo-Gibran 45 persen, Ganjar-Mahfud 22 persen dan undecided Voter 6,94 persen

2. Ipsos Public Affairs Anies-Muhaimin 21,80 persen, Prabowo-Gibran 48,05 persen, Ganjar-Mahfud 18,35 persen dan Undecided Voter 11,80 persen

3. Lembaga Survei Indonesia (LSI) di SUMBAR Anies-Muhaimin 42,10 persen, Prabowo-Gibran 49,80 persen, Ganjar-Mahfud 4,30 persen, dan undecided Voter 3,80 persen

4. Charta Politika Anies-Muhaimin 26,70 persen, Prabowo-Gibran 42,20 persen, Ganjar-Mahfud 28 persen, dan undecided Voter 3,10 persen

5. Indonesia Political Opinion (IPO) Anies-Muhaimin 34,50 persen, Prabowo-Gibran 42,30 persen, Ganjar-Mahfud 22,50 persen, dan undecided Voter 1,70 persen

6. Poltracking Indonesia Anies-Muhaimin 26,90 persen, Prabowo-Gibran 46,70 persen, Ganjar-Mahfud 20,60 persen, dan undecided Voter 5.80 persen

7. Median Anies-Muhaimin 26,80 persen, Prabowo-Gibran 43,10 persen, Ganjar-Mahfud 20,10 persen, dan undecided Voter 10,00 0 persen

8. Lembaga Survei Indonesia (LSI) di JATIM Anies-Muhaimin 16,20 persen, Prabowo-Gibran 46,70 persen, Ganjar-Mahfud 26,60 persen, dan undecided Voter 10,40 0 persen

9. Arus Survei Indonesia (ASI) Anies-Muhaimin 26,10 persen, Prabowo-Gibran 33,10 persen , Ganjar-Mahfud 34,90 persen dan undecided Voter 5,90 0 persen

10. Lembaga Survei Nasional (LSN) Anies-Muhaimin 24,30 persen, Prabowo-Gibran 49,50 persen , Ganjar-Mahfud 20,50 persen dan undecided Voter 5,7 0 persen

11. Politika Research and Consulting (PRC) Anies-Muhaimin 28 persen, Prabowo-Gibran 42,40 persen , Ganjar-Mahfud 21,80 persen dan undecided Voter 5,00 persen

12. Poling Institute Anies-Muhaimin 24,60 persen, Prabowo-Gibran 46,20 persen , Ganjar-Mahfud 21,30 persen dan undecided Voter 7,80 persen

13. Pusat Polling (Puspoll) Indonesia Anies-Muhaimin 26,10 persen, Prabowo-Gibran 41 persen , Ganjar-Mahfud 27,60 persen dan undecided Voter 5,30 persen

14. Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) Anies-Muhaimin 25,60 persen, Prabowo-Gibran 39,40 persen, Ganjar-Mahfud 29,10 persen, dan undecided Voter 5,90 persen.

(Tribunnews.com/Gilang/Igman/Umam/Gita/Rina/Choirul Arifin)

moch akbar fitrianto

Penulis berita professional tentang Sepak bola dan berita - berita lokal lamongan. Sudah menjadi penulis sejak tahun 2016. Dan menyukai menulis sejak di Bangku Sekolah Menengah Atas

Related Post