Prabowo Subianto Lepas KRI dr Radjiman untuk Misi Kemanusiaan di Gaza

Panjoel Kepo

Prabowo Subianto Lepas KRI dr Radjiman untuk Misi Kemanusiaan di Gaza
Bagikan

rakyatnesia.com – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah melepas keberangkatan Satgas Muhibah/Port Visit ke Mesir TA 2024 dengan menggunakan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 milik TNI AL.

Misi ini bertujuan untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada para korban konflik di Gaza. Keberangkatan misi perdamaian ini dilaksanakan di dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara.

Dalam sambutannya di dermaga Kolinlamil pada Kamis (18/1/2024), Menhan Prabowo Subianto menyampaikan, “Hari ini atas nama pemerintah dan juga saya menyampaikan salam dari Presiden Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo. Pada hari ini Saudara akan berangkat melaksanakan tugas kemanusiaan, yaitu menyampaikan bantuan kepada saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah besar, penderitaan besar, mendapat serangan bertubi-tubi yang di luar batas kemanusiaan.”

Prabowo juga memberikan ucapan selamat bertugas kepada 214 personel awak kapal dan mengingatkan mereka untuk tetap waspada serta mempercayai komandan yang memimpin perjalanan.

“Selamat bertugas, Saudara akan melewati kawasan laut yang berbahaya yang saat ini sedang berkecamuk perang. Kita memiliki solidaritas dan tanggung jawab kemanusiaan dengan saudara-saudara kita di Palestina. Untuk itu, Saudara harus waspada, Saudara harus meyakinkan komandan Satgas dan komandan kapal akan memimpin Saudara-saudara dengan sebaik-baiknya,” ujar Menhan Prabowo.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam menyampaikan peristiwa di lingkup global yang perlu menjadi perhatian di antaranya konflik yang terjadi di Gaza.

“TNI AL berkomitmen untuk memberikan pengabdian terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, terutama yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia maupun internasional, seperti dalam hal ini bantuan kemanusiaan,” ungkapnya.

Pemberangkatan Satgas Muhibah/Port Visit ke Mesir sebagai wujud kepedulian TNI terhadap rakyat sipil korban konflik Gaza. Bantuan ini dikumpulkan TNI dari seluruh lapisan masyarakat di Indonesia sejak awal November 2023.

Bantuan yang dikirimkan berupa bahan makanan, selimut, pakaian, perlengkapan bayi, pakaian wanita, susu. Ada juga tenda lapangan, perlengkapan kebersihan, air mineral, perlengkapan ibadah, dan lain sebagainya.

Pemberian bantuan tersebut terpusat di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta, dan Komando Armada (Koarmada) II Surabaya.

Bantuan ini nantinya akan diberangkatkan menuju pelabuhan Al Arish di Mesir untuk disalurkan ke korban konflik Gaza oleh otoritas yang berwenang, seperti Egypt Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir). Pelayaran ini nantinya akan menempuh rute Jakarta menuju Belawan hingga ke Al Arish.

Kemudian akan kembali dengan melintasi Jeddah, lalu ke Batam dan kembali lagi ke Jakarta. Total waktu dari pelayaran ini hingga kembali ke tanah air ditargetkan akan mencapai waktu sekitar 52 hari perjalanan.

Bagikan

Also Read