Tragedi Kemanusiaan: Lebih dari 10.600 Anak Palestina Meninggal selama Serangan Israel di Jalur Gaza

Panjoel Kepo

Tragedi Kemanusiaan: Lebih dari 10.600 Anak Palestina Meninggal selama Serangan Israel di Jalur Gaza
Bagikan

rakyatnesia.com – Kementerian Kesehatan yang dikelola oleh kelompok Hamas melaporkan bahwa lebih dari 10.600 anak Palestina tewas sebagai korban serangan Israel di Jalur Gaza. Total korban tewas akibat agresi militer tersebut mencapai 24.285 orang.

Data yang dihimpun oleh AFP pada Rabu (17/1/2024) menunjukkan bahwa kelompok yang paling banyak menjadi korban adalah anak-anak, perempuan, dan lansia.

Sebanyak 75 persen dari jumlah keseluruhan korban tewas berasal dari tiga kelompok tersebut selama perang Israel di Jalur Gaza.

Dari jumlah anak Palestina yang tewas, sebanyak 7.200 perempuan dan 1.049 lansia juga ikut menjadi korban selama berlangsungnya konflik tersebut.

Selain korban jiwa, Kementerian Kesehatan juga mencatat bahwa 61.154 orang mengalami luka-luka akibat serangan tersebut.

Ribuan orang juga dilaporkan masih terjebak di bawah reruntuhan, menambah derita dalam tragedi kemanusiaan yang melibatkan serangan dan konflik di Jalur Gaza.

Perang di Jalur Gaza dimulai ketika Hamas melancarkan serangan mengejutkan terhadap Israel pada 7 Oktober tahun lalu. Laporan para pejabat Tel Aviv menyebut sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, tewas dalam serangan tersebut.

Menteri Pertahanan (Menhan) Israel Yoav Gallant mengungkapkan bahwa fase perang intensif melawan Hamas di wilayah selatan Jalur Gaza akan segera berakhir. Gallant juga menegaskan bahwa Jalur Gaza pascaperang akan diperintah oleh Palestina, tanpa adanya Hamas berkuasa.

Seperti dilansir AFP dan Al Arabiya, Selasa (16/1), militer Israel, dalam beberapa pekan terakhir, meningkatkan operasi militer dan pengeboman di kota-kota di Jalur Gaza bagian selatan, seperti Khan Younis dan Rafah.

Serangan difokuskan ke bagian selatan daerah kantong Palestina itu setelah Tel Aviv mengklaim struktur militer Hamas di bagian utara telah dihancurkan.

Dalam pernyataan terbaru, Gallant mengungkapkan bahwa operasi militer Israel terhadap Jalur Gaza bagian selatan itu akan segera berakhir dan perang melawan Hamas akan berlanjut ke fase berikutnya.

“Kami telah memperjelas bahwa tahap manuver intensif akan berlangsung selama kurang lebih tiga bulan,” ucapnya dalam konferensi pers di Tel Aviv pada Senin (15/1) waktu setempat.

“Di Gaza bagian selatan, kita akan mencapai pencapaian ini dan itu akan segera berakhir, dan di kedua tempat tersebut, akan tiba saatnya kita akan melanjutkan ke fase berikutnya,” ujarnya.

Bagikan

Also Read