Keraguan Muncul di Israel Terkait Kesuksesan Militer di Gaza Setelah Hampir 100 Hari Perang

Panjoel Kepo

Keraguan Muncul di Israel Terkait Kesuksesan Militer di Gaza Setelah Hampir 100 Hari Perang
Bagikan

rakyatnesia.com – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, bersumpah untuk melanjutkan agresi militer di Gaza hingga mencapai “kemenangan pasti atas Hamas” setelah Operasi Banjir Al Aqsa dimulai pada 7 Oktober.

Namun, keraguan tumbuh di kalangan warga Israel mengenai kemungkinan pencapaian kemenangan militer yang signifikan, demikian laporan kantor berita NPR yang berbasis di AS.

Dengan hampir 100 hari serangan udara dan darat tanpa henti, upaya genosida Israel dilaporkan telah menghancurkan sebagian besar Jalur Gaza, menyebabkan lebih dari 23.000 warga Palestina tewas, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Meskipun Pasukan Pendudukan Israel mengklaim berhasil dalam membunuh dan menangkap ribuan pejuang perlawanan, menyita senjata, dan menghancurkan peluncur roket serta terowongan Hamas, perlawanan terus menimbulkan korban di pihak Israel.

Pasukan Israel juga terus meluncurkan roket, sementara pejuang perlawanan menahan lebih dari 130 tawanan.

“Tidak mungkin ini akan berakhir jika Israel mengklaim kemenangan,” kata Eyal Hulata, mantan penasihat keamanan dalam negeri Israel (2021-2023), kepada NPR. “Israel kalah dalam perang ini pada tanggal 7 Oktober. Satu-satunya pertanyaan sekarang adalah apakah kami dapat menonaktifkan kemampuan Hamas untuk mengulangi hal ini. Dan kami mungkin berhasil, atau mungkin tidak.”

Tuntutan Evaluasi Strategi Militer

Sebuah kelompok terkemuka yang menganjurkan perubahan strategi perang “Israel” terdiri dari warga negara yang kerabatnya ditawan oleh Hamas. Rezim Israel berpendapat bahwa kampanye militer tersebut bertujuan untuk menekan kelompok perlawanan agar melepaskan tawanan yang tersisa di Gaza.

Keluarga para tawanan menyerukan penghentian sementara permusuhan dan segera membuat kesepakatan dengan Hamas untuk menjamin pembebasan para tawanan yang tersisa. Perjanjian serupa pada akhir November menghasilkan pembebasan beberapa tawanan Israel dan tahanan Palestina.

Dalam beberapa minggu terakhir, keluarga Israel dan pendukungnya melancarkan protes dengan memblokir pintu masuk markas militer Israel di pusat kota Tel Aviv selama beberapa menit setiap jam.

Sambil memegang tanda dan membacakan nama-nama tawanan yang masih ditahan di Gaza, mereka menuntut evaluasi ulang terhadap pendekatan yang dilakukan saat ini.

Salah satu kerabat yang melakukan protes, Udi Goren, yang sepupunya Tal Chaimi terbunuh dalam peristiwa 7 Oktober, berpendapat bahwa slogan menghancurkan Hamas adalah “slogan kosong”, yang merujuk pada jaringan terowongan dan pejuang yang tersisa yang dimiliki kelompok tersebut. Goren menekankan tantangan melakukan perang di wilayah perkotaan dengan sekitar 2 juta pengungsi dan tawanan.

Minggu demi minggu, Israel mengumumkan penghancuran lebih banyak terowongan dan pembunuhan lebih banyak pejuang. Namun, ketika jumlah tentara Israel meningkat, kelompok perlawanan terus melakukan perlawanan, dan tekanan internasional meningkat agar Israel mengurangi eskalasi agresinya.

AS telah menyerukan transisi ke pertempuran dengan intensitas lebih rendah di Gaza utara, dengan ribuan pasukan cadangan ditarik. Sementara itu, ketegangan meningkat di perbatasan utara Israel dengan militan Lebanon.

“Saya akan terkejut jika Israel dapat mempertahankan intensitas ini selama beberapa bulan ke depan,” kata Hulata kepada NPR.

Bagikan

Also Read