News

Buka Forda I Jatim, Gubernur Khofifah Optimistis Olahraga Rekreasi Penguat Kearifan Lokal Bumi Majapahit , Kabar Terkini

Rakyatnesia – Buka Forda I Jatim, Gubernur Khofifah Optimistis Olahraga Rekreasi Penguat Kearifan Lokal Bumi Majapahit Pencarian perihal Berita Nasional di dunia maya kian banyak dilaksanakan masyarakat Indonesia, sedangkan hakekatnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada Tulisan Buka Forda I Jatim, Gubernur Khofifah Optimistis Olahraga Rekreasi Penguat Kearifan Lokal Bumi Majapahit ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian sistem penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget mengamati atau membacanya. Jika anda suka dengan berita ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com–Untuk kali pertama, Festival Olahraga Masyarakat Daerah (Forda) digelar di Jawa Timur. Ajang yang melombakan 109 jenis olahraga (Jenor) tersebut dibuka Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang.

Gubernur Khofifah mendukung ajang yang diikuti 2.200 penggiat olahraga masyarakat itu. Kegiatan itu akan menjadi wadah pemersatu keberagaman, kearifan lokal, dan berbagai tradisi yang menjadi bagian dari kekayaan budaya Bumi Majapahit.

”Setiap ajang pertemuan kearifan budaya seperti ini mari kita jadikan sebagai momentum untuk menguatkan tradisi di masing-masing daerah agar bisa terus ditumbuhkembangkan dengan berbagai format,” ungkap Khofifah.

Baca Juga: Surabaya Kirim Ratusan Atlet di Forda Jatim 1

Khofifah memaparkan, dalam Forda diperlombakan jenis olahraga yang telah tumbuh dan berkembang di masing-masing daerah. Berasal tradisi lokal yang sebagian juga telah berkembang menjadi olahraga modern yang digemari masyarakat.

”Olahraga rekreasi yang dilombakan akan menguatkan nilai kearifan lokal. Ini waktunya kita memanggil memori masyarakat bahwa ada permainan tradisional dan olahraga tradisional yang bersifat rekreatif dan bisa membahagiakan, menyehatkan, sekaligus membangun sportivitas di Rakyatnesia kita semua,” terang Khofifah.

Khofifah mengakui beberapa jenis olahraga belum dikenali. Sebab merupakan tradisi khas suatu daerah. Karena itu, Forda juga menjadi sarana untuk memperkenalkan kembali olahraga rekreasi yang berasal dari kekayaan tradisi lokal.

Baca Juga: Wagub Jatim Nilai Sektor Industri Kesehatan Meningkat, Pemprov Beri Jaminan Ini ke Pengusaha

”Ini wadah untuk mengenalkan kekayaan budaya, tradisi tak benda,” kata Khofifah.

Khofifah mengapresiasi perkembangan Kormi di Jatim. Dari 38 kabupaten dan kota, saat ini sudah terbentuk 21 Kormi yang telah dikukuhkan kepengurusannya. Di bawah Kormi Jatim, terdapat 44 cabang organisasi olahraga masyarakat (COOM) dari 85 COOM yang tercatat di Kormi nasional.

”Provinsi Jawa Timur mengirimkan 708 penggiat olahraga masyarakat pada ajang Fornas V di Palembang Sumatera Selatan. Alhamdulillah Jatim berada di urutan kedua dalam perolehan medali setelah tuan rumah. Tim Trompah Panjang dan Gobak Sodor juga menjadi terbaik nasional,” terang Khofifah.

Baca Juga: Pemprov Jatim Raih Enam Penghargaan Kearsipan 2023

Dari 109 jenis olahraga yang dipertandingkan terbagi menjadi tiga komisi. Yakni komisi Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB) seperti layang-layang, panah tradisional, sepeda tua, hingga olahraga tradisional seperti hadang atau gobak sodor, balap trompah panjang, dan balap egrang. Kedua, komisi Olahraga Petualangan dan Tantangan (OPT), seperti breakdance, skateboard, airsoft gun, orientering mencari tempat dengan membaca peta, hingga binaraga tradisional. Ketiga adalah komisi Olahraga Kesehatan dan Kebugaran (OKK) seperti senam hingga dansa.

”Atas nama kebersamaan, persaudaraan, dan pembangunan sportivitas, Forda pertama Kormi Jatim dibuka. Semoga bisa memberikan penguatan dan sportivitas,” ujar Khofifah.

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button