News

Gubernur Khofifah Ajak Promosikan Potensi Ekonomi dan Perdagangan Jatim di Hadapan Calon Kepala Perwakilan RI , Kabar Terkini

Rakyatnesia – Gubernur Khofifah Ajak Promosikan Potensi Ekonomi dan Perdagangan Jatim di Hadapan Calon Kepala Perwakilan RI Pencarian perihal Berita Nasional di dunia online kian banyak dilaksanakan masyarakat Indonesia, padahal sebetulnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Gubernur Khofifah Ajak Promosikan Potensi Ekonomi dan Perdagangan Jatim di Hadapan Calon Kepala Perwakilan RI ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian sistem penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memperhatikan atau membacanya. Jika anda suka dengan info ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com–Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan courtesy call bersama calon kepala perwakilan RI yang terdiri atas calon duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) dan calon konsul jenderal, di Gedung Negar Grahadi, Surabaya, Selasa (23/5) malam.

Secara khusus, Jawa Timur dipilih Kementerian Luar Negeri RI sebagai satu dari dua provinsi yang didatangi calon kepala perwakilan RI dalam kegiatan bertajuk lintas Nusantara. Sebanyak 6 calon duta besar dan 7 calon konsul jenderal hadir dalam audiensi tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Khofifah mengajak para calon dubes dan konjen yang akan segera dilantik di beberapa negara sahabat tersebut untuk mempromosikan potensi ekonomi Jatim. Sekaligus potensi perdagangan serta produk unggulan dari Jatim di kancah internasional.

Baca Juga: Matikan IHT, Kadin Jatim Minta Pasal 154-158 dalam RUU Kesehatan Omnibus Law Dihilangkan

”Sesuai salah satu prioritas politik luar negeri Indonesia yaitu diplomasi ekonomi. Kami berharap bapak/ibu ikut mempromosikan serta mengenalkan potensi ekonomi dan perdagangan di Jatim,” ungkap Khofifah.

Khofifah memaparkan potensi-potensi yang dimiliki Jatim. Pertama potensi kekayaan alam yang dimiliki Jatim. Salah satunya adalah blue fire di Gunung Ijen. Blue fire menjadi salah satu potensi wisata yang istimewa sebab di dunia hanya ada 2 titik. Selanjutnya Gili Iyang di Madura sebagai tempat dengan kadar oksigen terbaik di dunia.

”Ada juga Gili Labak yang memiliki keindahan bawah laut. Kalau di Papua ada Raja Ampat, di Jatim ada Gili Labak,” ujar Khofifah.

Baca Juga: Pemprov Jatim Raih Enam Penghargaan Kearsipan 2023

Gubernur mengungkapkan, potensi lain seperti produksi sarang burung walet, ayam potong, telur, dan daging sapi di Jawa Timur melimpah. ”Termasuk potensi produksi perhiasan emas dan furniture di Jatim. Dimana selama ini telah diekspor ke Amerika dan Eropa,” tambah khofifah.

Melalui courtesy call tersebut, Khofifah berharap para calon dubes dan konjen bisa membukakan pasar di negara mereka bertugas untuk pelaku usaha Indonesia, khususnya Jatim.

”Kita harapkan komunikasi Rakyatnesia Pemprov Jatim dengan para kepala perwakilan RI di berbagai negara di  dunia tidak berhenti hanya pada malam ini saja. Melainkan terus berlanjut guna memperkuat kerja sama di sektor-sektor strategis di Jawa Timur,” ucap Khofifah.

Baca Juga: Sekdaprov Jatim Penuhi Panggilan KPK Klarifikasi Harta Kekayaan

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian Luar Negeri RI Muhsin Syihab mengatakan, kunjungan itu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sebelum melepas para kepala perwakilan RI. ”Kali ini dipilih Jawa Barat dan Jawa Timur,” terang Muhsin Syihab.

Jawa Timur dipilih karena memiliki potensi yang besar. Dengan jumlah penduduk yang mayoritas berusia produktif, Jatim merupakan daerah dengan jumlah ekspor terbesar kedua di Indonesia.

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button