Nasional

Kemenag Sediakan Jalur Prioritas dan Petugas Khusus Untuk CJH Lansia , Kabar Indonesia

Rakyatnesia – Kemenag Sediakan Jalur Prioritas dan Petugas Khusus Untuk CJH Lansia Pencarian perihal Berita Nasional di dunia online kian banyak dilaksanakan masyarakat Indonesia, padahal sebetulnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada Tulisan Kemenag Sediakan Jalur Prioritas dan Petugas Khusus Untuk CJH Lansia ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian sistem penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget mengamati atau membacanya. Jika anda suka dengan info ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Tak Perlu Antre di Asrama Haji

Rakyatnesia.com – Calon jemaah haji (CJH) lansia mendapat perhatian khusus dari para petugas haji. Saat masuk ke asrama haji, misalnya, mereka tidak akan dibiarkan mengantre terlalu lama untuk mengurus dokumen.

Hal itu disampaikan Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Jakarta Pondok Gede Munib Maksum kemarin. Munib menceritakan, ketika turun dari bus di kompleks asrama haji, jemaah akan langsung diarahkan menuju ke meja pemeriksaan kantor kesehatan pelabuhan (KKP). Lalu, petugas akan membagikan gelang identitas, uang saku (living cost), sampai kartu untuk masuk kamar asrama haji dan konsumsi.

”Semua proses ini tidak boleh melelahkan bagi para jemaah lansia. Sudah menjadi arahan pimpinan,” katanya kemarin (18/5). Munib mengatakan, khusus untuk jemaah lansia, ketika turun dari bus, mereka langsung disambut petugas khusus. Mereka akan melewati jalur prioritas sehingga tidak berbagi tempat dengan CJH lain.

Baca Juga: Ada 137 CJH Berusia di Atas 95 Tahun di Jatim

Dia membenarkan bahwa mulai tahun ini diberlakukan layanan satu atap atau one stop service untuk seluruh urusan kedatangan jemaah. Mulai pemeriksaan kesehatan hingga pembagian paspor. Munib mengungkapkan, sistem itu sejatinya sudah diberlakukan lama di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Tetapi mulai tahun ini diterapkan di seluruh asrama haji di Indonesia.

”Tujuannya supaya jemaah, khususnya lansia, memiliki waktu istirahat yang cukup,” tuturnya. Tidak ada lagi petugas yang mengetok pintu kamar untuk mengurus dokumen maupun memberikan uang saku. Harapannya, jemaah memiliki stamina yang prima untuk menjalani penerbangan ke Saudi yang butuh waktu hampir 10 jam.

Suasana pelayanan di Kantor Cabang BSI Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (10/5/2023). PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengumumkan layanan perbankan BSI sudah pulih secara bertahap dan nasabah dapat bertransaksi kembali di kantor cabang dan ATM, diketahui Layanan perbankan milik Bank Syariah Indonesia (BSI) mengalami gangguan dalam dua hari terakhir. Foto: Dery Ridwansah/ Rakyatnesia.com (DERY RIDWANSAH)

Sementara itu, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) telah selesai melayani pelunasan 161.455 CJH. Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan haji. Baik dari sisi pelunasan biaya haji, keberangkatan, hingga pulang kembali ke tanah air.

Baca Juga: BSI Minta Nasabah Tidak Mudah Percaya soal Informasi Soal Dugaan Kebocoran Data

”Alhamdulillah, seluruh proses pelunasan biaya haji sudah selesai 100 persen. Kami siap bekerja sama dengan Kementerian Agama guna mendukung peningkatan layanan ibadah haji,” kata Anton kemarin (18/5).

Kementerian Agama merilis Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah RI No 195 Tahun 2023 yang memperpanjang masa pelunasan biaya haji reguler hingga 19 Mei 2023. Sekaligus menambah kuota calon jemaah haji yang berhak lunas 2023.

”Terdapat penambahan jemaah haji cadangan BSI sebanyak 21.625 jemaah baru,” imbuhnya. (wan/han/c19/oni)

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button